Pengaruh Strategi Reading Guide terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 3 SDN Morkoneng 1 Kwanyar
Keywords:
Reading guide strategy, Students' Reading Comprehension Ability.Abstract
Abstract: This study aimed to determine the effect of reading guide strategy on the reading comprehension ability of grade 3 students at SDN Morkoneng 1 Kwanyar. This research was an experimental research using nonequivalent control group design. The population were all grade 3 students. The sampling technique used saturated nonprobability sampling. The research sample amount 63 students. Data was collected using a test instrument. The results showed that the reading guide strategy had an effect on students’ reading comprehension ability. This is evidenced by the results of the Independent Sample T-test hypothesis testing obtained a value of 0.025. Based on the test criteria if the value of Sig. (2-tailed) < 0.05 (0.025 < 0.05) then H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a difference between the experimental class that applies the reading guide strategy and control class. The existence of these differences indicates that the application of the reading guide strategy has an influence on students reading comprehension ability.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi reading guide terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN Morkoneng 1 Kwanyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobabilitas sampel jenuh. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Terbukti dari hasi uji hipotesis independent sampel t-test pada post-test diperoleh nilai sebesar 0,025. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,025 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menerapkan strategi reading guide dengan kelas control. Adanya perbedaan nilai tes antara kelas eksperimen dan kelas control menunjukkan bahwa penerapan strategi reading guide berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
Â
References
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arozaq, M., Aman, Sunarhadi, M. A. (2017). Implementation of Reading Guide Strategy in Global Climate Change Material for Enhancement of Student Learning Outcome. International Journal of Active Learning, Vol 2, No 2.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagafindo Persada.
Herminingsih, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Metode Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Surakarta . Didaktita Dwija Indria, 8(3).
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik: Konsep dan Aplikasi. Magetan : CV AE Media Grafika.
Manshur, A., & Qomariyah, N. (2022). Pengaruh Strategi Reading Guide terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 261–268.
Pania, T. F., Irfan, M., Hamdi, Z., & Sururuddin, M. (2021). Pengaruh Strategi Reading Guide Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Kelas V SDN 4 Danger Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4868–4877.
Sugiarto, R. (2020). Penerapan Strategi Reading Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Jurnal Skripsi, 4(1), 1–9.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wirhayati. (2017). Improving Students’ Reading Comprehension through Cooperative Language Learning and Reading Strategies. UHAMKA International Conference on ELT and CALL (UICELL) Jakarta, 23-24 November 2017
Yenti, P. G., Gusnetti, & Azkiya, H. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Strategi Reading Guide di SD Negeri 06 Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3).
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Strategi Guide Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11–21.