Efektivitas Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Media Cermath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Keywords:
Realistic Mathematics Education, CerMath Media, Mathematical Problem Solving Ability.Abstract
Abstract: This study focuses on the effectiveness of the RME (Realistic Mathematics Education) learning model assisted by Cermath media on students' mathematical problem solving abilities. This is because the mathematical problem solving abilities of class X students are still low. The RME (Realistic Mathematics Education) learning model is a learning model that is based on reality and the environment and can build own knowledge through the process of solving problems given by humans in everyday life. The CerMath learning media is a learning application that students can access by downloading it on their cellphone/laptop or students can also access it via the website without downloading it. Then the ability to solve mathematical problems is the ability to solve or solve problems by developing mathematical models that allow students to build their own knowledge based on the knowledge they already have. This type of research includes quantitative research using experimental methods (true experimental design). Data collection is done by way of interviews, giving tests, and documentation. Data analysis includes the normality test, homogeneity as a prerequisite test and continued with the independent sample test and using the N - Gain formula.
Abstrak: Penelitian ini berfokus pada efektifitas model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan media Cermath terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis siswa. Hal itu dikarenakan kemampuan memecahkan masalah matematis siswa kelas X yang masih rendah. Model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) adalah model pembelajaran yang berbasis pada realita dan lingkungan serta dapat membangun pengetahuan sendiri melalui proses pemecahan permasalahan yang diberikan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran Cermath merupakan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses siswa dengan cara didwonload di ponsel/laptop atau juga dapat diakses siswa melalui website tanpa mendownloadnya. Lalu kemampuan memecahkan masalah matematis adalah kemampuan memecahkan atau menyelesaikan permasalahan dengan mengembangkan model–model matematika yang memungkinkan siswa membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (true experimental design). Pengumplan data dilakukan dengan cara wawancara, pemberian tes, dan dokumentasi. Analisis data meluputi uji normalitas, homogenitas sebagai uji prasyarat dan dilanjutkan dengan uji independent sample test dan menggunakan rumus N – Gain.
References
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.326 Al Ayubi, Ibnu Imam, dkk. (2018).
Annizar, dkk. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri 2020.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen. 6(1), 39 -55. DOI: 10.29408/jel.v6i1.1688. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jelDOI:
Fahrudhin A, Eka, &Henry S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Relaistic Mathematics Education berbantuan Alat Peraga Bongpas. Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1
Fauzan & Yulianti. (2022). Motivasi Belajar untuk Membentuk Sumberdaya Manusia Unggul pada Era Milenial. Jurnal Abidas. Vol.3, no.3, hal.590 – 598.
Lady, A., Utomo, B. T., & Lovi, C. (2018). Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering and Technology, 7(2), 55–57. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954.
Muthia, N., Netriwati, N., & Sugiharta, I. (2018). THE Pengembangan Modul Matematika untuk Menerapkan Model PQ4R. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 6(03), 301–316. https://doi.org/10.35450/jip.v6i03.110.
Narmi, 2020. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masala Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs. Batusitanduk. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN PALOPO. Palopo.
Ndiung, S., Sariyasa., Jehadus, E., & Apsari, R. A. (2021). The effect of treffinger creative learning model with the use RME principles on creative thinking skill and mathematics learning outcome. International Journal of Instruction, 14(2), 873-888. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14249a. Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi penelitian. Jakarta : kencana.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (volume i): what students know and can do. Paris: OECD Publishing. Ramlah & Darmawan (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Timss berdasarkan Tahapan Polya. MAJU. Karawang. Vol.8, no. 2.hal. 283 – 292.
Purwaningrum, Jayanti Putri. 2019. Kajian Masalah Pendidikan Matematika. Kudus : Universitas Muria Kudus.