Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Antologi Cerpen Aku Dia dan Mereka Karya Komunitas Aktif Menulis Indonesia (Kami) dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
Anthology of short stories, Principles of language politeness, Profile of Pancasila Students.Abstract
Abstract: This research title The Principle of Politeness Language in the Short Story Anthology Aku Dia dan Mereka by the Komunitas Aktif Menulis Indonesia (KAMI) aims to describe the values of the principle of politeness in language found in the short story anthology Aku Dia dan Mereka and its relevance to the profile of Pancasila students. The object of this research is the short story anthology Aku Dia dan Mereka written by Komunitas Aktif Menulis Indonesia (KAMI). The focus of this research is the analysis of the values of the principle of politeness in language within the anthology Aku Dia dan Mereka. The data collection was conducted using the observation technique. The data analysis utilized the method of content analysis. The data presentation employed an informal presentation technique. From the results of this research, it can be concluded that the principle of politeness in language within the short story anthology Aku Dia dan Mereka is relevant to the profile of Pancasila students.
Abstrak: Penelitian Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Antologi Cerpen Aku Dia dan Mereka karya Komunitas Aktif Menulis Indonesia (KAMI) bertujuan untuk mendeskripsikan nilai prinsip kesantunan berbahasa pada antologi cerpen Aku Dia dan Mereka dan relevansinya dengan profil pelajar pancasila. Objek penelitian ini berupa antologi cerpen Aku Dia dan Mereka karya Komunitas Aktif Menulis Indonesia (KAMI). Fokus penelitian adalah analisis nilai prinsip kesantunan berbahasa dalam antologi cerpen Aku Dia dan Mereka. Dalam pengumpulan data digunakan Teknik observasi. Dalam analisis data digunakan metode analisis isi. Dalam penyajian data digunakan Teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa prinsip kesantunan berbahasa dalam antologi cerpen Aku Dia dan Mereka relevan dengan profil pelajar pancasila.
References
Rahmawati, R. (2014). Analisis Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Terminal Sekitar Wilayah Bojonegoro dengan Prinsip Kesantunan Leech. Edu-Kata, 1(2), 149-158.
Warmadewi, A. A. I. M., Suarjaya, A. A. G., Susanthi, I. D., & Dewi, N. L. G. M. A. (2021). Kesantunan berbahasa dalam bahasa Bali oleh selebgram pada media sosial instagram. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 18(2), 234-246.
Lailatul Wahidah, Y., & Wijaya, H. (2017). Anaslisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Kajian Prgmatik). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 1-16.
Claudia, V. S., Rakhmawati, A., & Waluyo, B. (2019). Prinsip kesantunan berdasarkan maksim Leech dalam kumpulan naskah drama Geng Toilet karya Sosiawan Leak dan relevansinya sebagai bahan ajar teks drama di sekolah menengah atas. BASASTRA, 6(2), 178-189.
Saputro, M. A., Anwar, S., & Riyanto, A. (2022). Kesantunan Berbahasa Dalam Antologi Cerpen Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Sma. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 5(1), 44-54.(Sma, 2022)
Aji, J. P., & Yakub Nasucha, M. (2020). Analisis Kesantunan Berbahasa menurut Leech pada Tuturan Tokoh NYAI ONTOSOROH dalam Novel BUMI MANUSIA: kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.