Pengembangan Media Kartu Kata untuk Miningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa

Authors

  • Auliana Auliana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Intan Dwi Hastuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Baiq Desi Milandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nanang Rahman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Mataram

Keywords:

Learning Media, Word Cards, Constructing Sentences.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa kelas II SDN 1 Jagaraga tahun ajaran 2022/2023 yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D (Define, Desain, Develop, dan Disemination) dengan instrument pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes berupa lembar soal dan teknik non tes berupa lembar angket. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis ahli materi dan media, kepraktisan, keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran kartu kata yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator yaitu ahli materi dengan presentase 85% dan 2 validator ahli media dengan presentase 91,25% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data presentase dari uji coba terbatas di kelas II A SDN 1 Jagaraga dengan presentase 89,33% kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media kartu kata dilihat dari hasil lembar soal siswa kelas II B dengan presentase 87,66%. Sedangkan nilai rata-rata pretest 41,33 dan postest 90,66 diperoleh dari data hasil uji coba lapangan operasional/ empiris di kelas II B SDN 28 Mataram dengan presentase rata-rata nilai siswa 82% pada kategori efektif.

Abstract: This study aims to determine the development of word card media to compose sentences in grade II to SDN 1 Jagaraga students for the 2022/2023 school year which is valid, practical and effective. This research is a development of 4-D (Define, Desain, Develop, dan Disemination) word card media proposed by Samudera, et all (2019: 3) with data collection instruments carried out in this study, namely using test techniques in the form of evaluation question sheet and non-test techniques in the form of questionnaire sheets . While data analysis techniques are material and media expert analysis, practicality, effectiveness. The results showed that (1) Word card media learning media developed, obtained data from 2 validators, namely material experts with a percentage of 85% and 2 media expert validators with a percentage of 91,25% in the very valid category, (2) The results of the student response questionnaire obtained percentage data from a limited trial in class II A SDN 1 Jagaraga with a percentage of 89,33% of the very practical category. (3) The effectiveness word card media is seen from the student question class II B sheet with a percentage of 87,66% while the everage pretests score of 41,33 and postests 90,66 was obtained from data from empirical operational field trials in class II B SDN 1 Jagaraga with the presentation of an average student scores of 82% in the effective category.

 

References

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. … Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6702

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & ... (2020). Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Di Tk Tridaya Cimahi. … Jurnal Program Studi …. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1478

Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/46323

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682

Bahrun, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Awal Dengan Menggunakan Kartu Suku Kata Kelas I Sekolah Dasar. Pendas Mahakam:Jurnal Pendidikan dan https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/ 650

Dewi, Y. A. S. (2019). Peningkatan perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode membaca pada permainan kartu kata. SELING: Jurnal Program Studi PGRA. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/452

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3989

Ellsa, S., & Rahmawati, L. E. (2020). Pengembangan media kartu kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. SAP (Susunan Artikel …. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/6282

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Mimbar Ilmu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21417

Guru Sekolah Dasar, P. (2020). Jurnal Pendidik Indonesia (Vol. 3, Issue 1

Hakim, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood …. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/3443

Hastuti, I. D., Ahyansyah, A., & Sutarto, S. (2022). Development of Student Books Characterized by Indonesian Realistic Mathematics Education to Support Mathematics Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1),https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5338.

Hastuti, I. D., Mariyati, Y., Sutarto, S., & Nasir. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model to the Metacognitive Ability of Primary School Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 37. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i1.2615.

Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2020). The effect of guided inquiry learning in improving metacognitive skill of elementary school students. International Journal of Instruction, 13(4), 315–330. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13420a.

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/346

Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/27446

Khoirurrohman, T., & Irma, C. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kakek (Kartu Kelas Kata) Untuk Meningkatkan Pemahaman Kelas Kata Bahasa Indonesia. ELSE (Elementary School https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/7379

Mawarni, E. Y. (2021). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa,(R&D) di Kelas I SDN Blukbuk I Kabupaten Tangerang. repository.uinbanten.ac.id. https://repository.uinbanten.ac.id/7383

Nurila, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas Iii Sdn 14 Mataram …. 06(01), 1–12. http://repository.ummat.ac.id/6455/1/COVER-BAB III.pdf.

Nurjanah, S. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kartu Kata Bergambar pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas V di SD Negeri 1 Mendo Barat. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/12-03

Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak AL-Kautsar Bandar Lampung. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/7534/1/Skripsi Full.pdf

Safitri, K. (2020). Pengembangan Kartu Kata (Flash Card) Bahasa Arab Berbasis Kosakata Bagi Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtida ’ Iyah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 2, 272–283. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/566

Sari, L. K., Rizhardi, R., & ... (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5509

Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Literasiologi. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/22

Sutarto, Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251.

Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Haifaturrahmah, H. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.87.

Yunaili, H., & Riyanto, R. (2020). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi . https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18282453-1486-1-PB. (n.d.)

Published

2023-08-05

Issue

Section

Articles