Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Pecahan Biasa
Keywords:
Student Errors, Problems Mathematics, Ordinary Fractions.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang di lakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pecahan biasa. Penelitian ini mengunakan metode peneltian kualitatif deskriptif, penelitian ini di lakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Selat, jenis dan sumber data pada penelitian ini yaitu mengunkan hasil belajar siswa dan hasil uji test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode wawancara, test dan dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan reduksi data, penyajian data dan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah Kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan penyelesaian maslah matematika materi pecahan adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan proses perhitungan, dan kesalahan penarikan kesimpulan dan Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni karena kesulitan memahami masalah, tidak memahami masalah dan pecahan biasa, dan penyebab kesalahan karena lupa serta tidak teliti.
Abstract: This study aims to analyze the mistakes made by students in solving mathematical problems in ordinary fractions. This study used a descriptive qualitative research method, this research was conducted on fourth grade students at SD Negeri 2 Selat, the types and sources of data in this study used student learning outcomes and test results. Data collection methods in this study used interviews, tests and documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation and data reduction. The results of this study are errors made by students in working on solving math problems in fractional material are reading errors, understanding problems, transformation errors, calculation process errors, and conclusions drawing errors and there are 3 factors that cause students to make mistakes, namely because of difficulty understanding the problem, do not understand problems and common fractions, and causes errors due to forgetfulness and carelessness.
References
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151–162. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.186
Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 11, Issue 2, p. 213). academia.edu. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897
Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. In Jurnal Komunikasi Pendidikan (Vol. 3, Issue 2, p. 117). download.garuda.kemdikbud.go.id. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300
Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Dwita Imannia, Jumroh, & Destiniar. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Evianti, N., Jafar, J., Busnawir, B., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 10, Issue 2, p. 138). download.garuda.kemdikbud.go.id. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i2.7247
Fara, F. B. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi Integral. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3084
Hastuti, I. D., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Sutarto, S. (2022). Development of Student Books Characterized by Indonesian Realistic Mathematics Education to Support Mathematics Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5338
Hastuti, I. D., Mariyati, Y., Sutarto, S., & Nasirin, C. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model to the Metacognitive Ability of Primary School Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 37. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i1.2615
Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2020). The effect of guided inquiry learning in improving metacognitive skill of elementary school students. International Journal of Instruction, 13(4), 315–330. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13420a
Indra Puspita Dewi, K., Wisna Ariawan, I. P., & Gita, I. N. (2019). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tabanan. In Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha (Vol. 10, Issue 2, p. 43). ejournal.undiksha.ac.id. https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19917
Lutfia, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 32–35. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2033
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019a). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019b). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. In Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 2). repository.ar-raniry.ac.id. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019c). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Ndek, K. Y., Suwanti, V., & Sumadji. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Kastolan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 89–101. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.89-101
Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345
Nurila, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas Iii Sdn 14 Mataram …. 06(01), 1–12. http://repository.ummat.ac.id/6455/1/COVER-BAB III.pdf
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sd Negeri Cepagan 01 Batang. Js (Jurnal Sekolah), 4(3), 267. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18940
Ramitia, A., Hanifah, H., & Yensy, N. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 455–463. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.455-463
Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. In Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 7, Issue 01, p. 1). researchgate.net. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Haifaturrahmah, H. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.87
Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251
Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022
Zebua, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal LEMMA, 6(2). https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088
Zulyanty, M. (2019). Newman Error Analysis Siswa Madrasah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.121