Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar
Keywords:
Student Errors, In Solving Mathematical Problems.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar, untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar, dan untuk mengetahui solusi untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentang keliling bangun datar keliling bangun datar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan test soal essay. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) kesalahan yang dialami siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika materi pengukuran bangun datar tentan keliling bangun datar keliling bangun datar. Soal yang paling banyak dijawab benar adalah pada nomor 1, dimana dari 20 siswa ada 16 (90%) siswa yang menjawab benar. (2) faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa terdiri dari tiga faktor penyebab yaitu faktor kesulitan memahami dalam membaca soal, faktor tidak memahami konsep,dan faktor lupa, tidak teliti, dan Tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. (3) Upaya guru untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal essay yaitu memerbanyak latihan soal, menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan menerapkan pembelajaran yang mudah dipahami.
Abstract: This study aims to find out what errors students experience in solving math problems about the measurement of flat shapes about the circumference of flat shapes about the circumference of flat shapes, to find out what factors cause students to make mistakes in solving math problems about the measurement of flat shapes about the circumference of shapes. flat around flat shapes, and to find out solutions to reduce students' difficulties in solving math problems about measuring flat shapes about the circumference of flat shapes around flat shapes. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach, using three data collection methods, namely: interview, observation, and documentation methods, while the research instrument used interview guidelines and essay test questions. Data analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the data analysis, it can be concluded that: (1) the errors experienced by grade IV students in solving math problems on the measurement of flat shapes about the circumference of a flat shape around a flat shape. The question that was most answered correctly was number 1, where out of 20 students there were 16 (90%) students who answered correctly. (2) the factors causing the difficulties experienced by students consisted of three causative factors, namely the difficulty of understanding in reading the questions, the factors of not understanding the concept, and the factors of forgetting, not being thorough, and being hasty in working on the questions. (3) The teacher's efforts to reduce students' difficulties in solving essay questions are increasing number of practice questions, using creative learning media and applying easy-to-understand learning.
References
Anggari, R. S., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar. EDUPEDIA. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/540
Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segiempat. In MATHEdunesa. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/287305583.pdf
Dardiri, Y. H. (2020). Proses Berpikir Divergen Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myer-Briggs. repositori.unsil.ac.id. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5667
Destiana, G., Idris, M., & Rizal, M. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. … Pendidikan Matematika …. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/571
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif …. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/20726
Hastuti, I. D., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Sutarto, S. (2022). Development of Student Books Characterized by Indonesian Realistic Mathematics Education to Support Mathematics Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5338
Hastuti, I. D., Mariyati, Y., Sutarto, S., & Nasirin, C. (2020). The Effect of Guided Inquiry Learning Model to the Metacognitive Ability of Primary School Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 37. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i1.2615
Hastuti, I. D., Surahmat, Sutarto, & Dafik. (2020). The effect of guided inquiry learning in improving metacognitive skill of elementary school students. International Journal of Instruction, 13(4), 315–330. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13420a
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2020). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911
Laman, E. G. (2019). … kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika higher order thinking skills (hots) berdasarkan kriteria hadar ditinjau dari kemampuan awal siswa …. eprints.unm.ac.id. http://eprints.unm.ac.id/14039/1/SKRIPSI_ERWINDA GRACYA LAMAN_1511441004.pdf
Linda, L., Bernard, M., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Journal of Medives: Journal of …. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1066
Nurila, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas Iii Sdn 14 Mataram …. 06(01), 1–12. http://repository.ummat.ac.id/6455/1/COVER-BAB III.pdf
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/184
Sutarto, Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3251
Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Haifaturrahmah, H. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.87
Tegas, A., & Warmi, A. (2020). Kemampuan Berpikir Visual Siswa pada Materi Geometri. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2859
Untu, Z., Purwanto, P., & Parta, I. N. (2020). Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari Pengetahuan deklaratif. In JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Purwanto-Purwanto/publication/343209263_Kesalahan_guru_dalam_pembelajaran_matematika_materi_bangun_datar_ditinjau_dari_Pengetahuan_deklaratif/links/60815167907dcf667bb63e61/Kesalahan-guru-dalam-pembelajaran-matematika-
Utami, S. M., & Irianto, S. (2020). Pengembangan LKPD Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1661
Yuliawati, Y., & Roesdiana, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2308