Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Go-Math terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Authors

  • Muhammad Dhorif Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus
  • Henry Suryo Bintoro Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus

Keywords:

Problem Solving Learning Model, Go-Math, Ability to Understand Mathematical Concepts.

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the differences in the increase in the ability to understand mathematical concepts of students who learn through the Problem Solving learning model assisted by Go-Math media better than students who learn through lectures. The method used in this research is Quasi Experimental, with the intention to obtain optimal information. regarding how to create and implement in order to answer the research problem. The design of this study used The Nonequivalent Pretest – Posttest Control Group Design. The data collection method was carried out by means of interviews, observation and giving tests to students, data analysis using the independent sample t-test. The result of the research is that there is a difference in the increase in the ability to understand students' mathematical concepts between students who learn through the Problem Solving learning model assisted by Go-Math media and students who learn through the lecture learning model. This means that the application of the Problem Solving learning model assisted by Go-Math media can have a positive impact on the implementation of learning and increase the ability to understand students' mathematical concepts. Thus there is the effectiveness of applying the Problem Solving learning model assisted by Go-Math media.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math lebih baik dengan siswa yang belajar melalui ceramah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan maksud agar diperoleh keterangan secara optimal mengenai cara membuat dan melaksanakan guna menjawab masalah penelitian. Rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest – Posttest Control Grup Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pemberian tes pada siswa, analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran ceramah. Artinya, penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math dapat memberikan dampak positif dalam pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian terdapat keefektifan penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math.

References

Anggraeni Ayu, Bintoro Henry Suryo, & Purwaningrum Jayanti Putri. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 82–88. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4310

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Maju, 8(2), 9–16.

Erika, Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review : Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Jauhar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 141. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12–20. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.531

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. In BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635

Sugiyono, 2019. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Bandung Alf (p. 143).

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Published

2023-08-14

Issue

Section

Articles