Pelatihan Kelompok Guru IPA dalam Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi) Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
Abstract
Abstract: The aim of this training are to provide knowledge related to the use of technology in animation and simulation-based practical learning using various applications and to train teachers to use it in the virtual learning process and youtube channel training. The participants in this training are junior high school science teachers who are members of the science MGMP of Pangkajene and Islands Regency with a total of 20 teachers. The methods used in this training are presentation, demonstration and then practice. The results obtained are that most of the trainees are proficient in making animated learning media for practicum learning and are proficient at operating a website that has been specifically provided for practicum learning and using simulation-based practicum learning. It is hoped that all training participants can apply animation and simulation-based learning media and use YouTube in the practical learning process that can be done virtually.
Abstrak: Pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pengetahuan terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran praktikum yang berbasis animasi dan simulasi dengan menggunakan berbagai aplikasi serta melatih guru menggunakannnya dalam proses pembelajara secara virtual dan pelatihan chanel youtube. Peserta dalam pelatihan ini adalah guru IPA SMP yang tergabung dalam MGMP IPA Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan sejumlah 20 orang guru. Metode yang digunakan presentasi, demonstrasi kemudian praktik. Hasil yang diperoleh yaitu sebagian besar peserta pelatihan telah mahir membuat media pembelajaran animasi untuk pemebelajaran praktikum serta mahir mengoperasikan website yang telah tersedia khusus pembelajatan praktikum dan menggunakan pembelajaran praktikum berbasis simulasi. Diharapkan semua peserta pelatihan dapat mengaplikasikan media pembelajaran berbasis animasi dan simulasi serta menggunakan youtube dalam proses pemebelajaran praktikum yang dapat dilakukan secara virtual.
References
Basri, S., Handayani, Y., Fisika, P., Maros, U. M., Fisika, P., Makassar, U. M., Egg, A., & Technology, P. L. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan : Pengembangan Mesin Penetas Telur Otomatis sebagai Produk Teknologi Pembelajaran Fisika. 7(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.4662664
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS Abstract : Effectiveness of the Use of Sparkol Videoscribe Learning Media Against Physics Learn. 2, 84–89.
Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube ( Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana ). 2(2), 495–502.
Eka Viandari. (2020). MGMP: Manfaat, Kepengurusan, & Kegiatan-kegiatannya. Https://Www.Quipper.Com/. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/mgmp/
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. 2(2), 186–195.
Ict, P. D. A. N. (n.d.). PRAKTIKUM MEDIA.
Jaya, H. (2012). PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK VIRTUAL LABORATORY DEVELOPMENT FOR PRACTICUM AND FACILITATING CHARACTER EDUCATION IN VOCATIONAL HIGH. 2(1), 81–90.
Samijayani, O. N., & Astharini, D. (2014). Penerapan Metode Simulasi Pra-Praktikum Menggunakan Graphic User Interface (GUI) dan FDATOOL, Matlab. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 1(4), 186. https://doi.org/10.36722/sst.v1i4.87
Taufik, A. R., & Pagiling, S. L. (2021). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Penggunaan Desmos dalam Memvisualisasikan Pembelajaran Matematika Bagi Guru MGMP Matematika Kabupaten Merauke. 4, 122–128.