Model Kooperatif Tipe Scramble Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmawati Rahmawati Univesitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Haifaturrahmah Univesitas Muhammadiyah Mataram
  • Sukron Fujiaturrahman Univesitas Muhammadiyah Mataram
  • Johri Sabaryati Univesitas Muhammadiyah Mataram

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of scramble type cooperative learning model on the learning outcomes of fourth grade elementary school students at SDN 5 Lendang Nangka. This study uses an experimental research method with a quasi-experimental design, pretest and post-test group. The subjects in this study were 24 students in class IVA and an experimental class, and 24 students in class IVB as a control class. The instrument used to measure learning outcomes is a multiple choice test with 20 questions. The results of hypothesis testing on the independent samples t-test are ttest = 4.484 at a significant level of 5% with ttable of 1.678. Based on the independent samples t-test hypothesis testing criteria that H0 is rejected and Ha is accepted, it can be concluded that the scramble type cooperative learning model affects the learning outcomes of fourth grade elementary school students

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar di SDN 5 Lendang Nangka. Penelitian ini menggunakan metode penelitan eksperimen dengan desain quasi experiment, pretest and posttest group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebanyak 24 siswa dan merupakan kelas eksperimen, serta kelas IVB sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil uji hipotesis pada uji independent samples t-test yaitu ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 4,484 pada taraf signifikan 5% dengan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ sebesar 1,678. Berdasarkan pada kriteria pengujian hipotesis uji independent samples t-test bahwa ð»0 ditolak dan ð»ð‘Ž diterima sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperattif tipe scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140.

Inayatusufi, C., El Hakim, L., & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 28–37.

Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Mekanika Aplikatif Bagi Guru IPA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 570–574.

Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44–48.

Khasanah, M. (2012). Penggunaan Metode Permainan Dalam Peningkatan Pembelajaran PKN Siswa Kelas IV SD N 2 Jatimulyo, Kecamatan Petanahan Tahun Ajaran 2011/2012. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 1(1).

Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Obi Setiti, N. N. (2019). Memaksimalkan Penggunaan Metode Bercerita Dengan Bermain Peran Sambil Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas Ib Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 SD NO 10 JIMBARAN. Widyadari, 21(26), 1–13.

Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Sudarmi, S., & Burhanuddin, B. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1).

Sugiyono. (2016). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.

Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles