Pengembangan Media Kartu Bergambar Untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to develop a picture card media for elementary school students. The research method used is development research known as Research and Development (R&D), using the Borg and Gall development model. The population in this study were all 18th graders of SDN 2 Pakuan. The research sample amounted to 12 students who were taken using purposive sampling technique. Data were obtained through a questionnaire from validation experts consisting of 4 material experts and 4 media experts, then from a student practicality questionnaire, each with a scale of 4. The results of the validation of 4 material experts were an average of 91.77% with a very high category. valid. While the average value of media experts is 94.67% in the very valid category. The results of the practicality test of users (students) obtained 97.65% with a very practical category. Based on these results, it can be concluded that picture card media can be used for elementary school students.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media kartu bergambar untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN 2 Pakuan sebanyak 18 orang. Sampel penelitian berjumlah 12 orang siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui angket dari ahli validasi yang terdiri dari 4 orang ahli materi dan 4 orang hali media, kemudian dari angket kepraktisan siswa, yang masing-masing dengan skala 4. Hasil validasi 4 ahli materi adalah rata-rata 91,77% dengan kategori sangat valid. Sedangkan nilai rata-rata ahli media adalah 94,67% pada kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pengguna (siswa) diperoleh 97,65% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat digunakan bagi siswa sekolah dasar.
References
Astuti, W., Yeni, L. F., & Aryati, E. (2013). Pengaruh Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jamur di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 1–9.
Dhestha Hazilla Aliputri (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)
Haifaturrahmah, Romi Hidayatullah, Yuni Mariyati, Akhmad H. Mus, Arpan Islami Bilal, Zedi Muttaqien. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR. CES (Journal of Character Education Society)
Jannah, M., & Hasmawati, H. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2985
Martini Dwi Purnama1, Edy Bambang Irawan2, Cholis Sa’dijah. 2017. PENGEMBANGAN MEDIA BOX MENGENAL BILANGAN DAN OPERASINYA BAGI SISWA KELAS 1 DI SDN GADANG 1 KOTA MALANG. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Ridho Agung Juwantara (2019). ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Sari, N. (2018). Pengembangan Media Komik Ipa Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik Smp. Jurnal Elementary, 1(1), 5. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.138
Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Pancasakti Science Education Journal PSEJ Volume 3 Nomor 1, April 2018, (Hal. 34- 42), 3(April), 34–42. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Yuyun Dwi Haryanti. (2017). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas
ZAHRATUN FAJRIAH. (2015). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (MUFRADAT)MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015). JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI