PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT DAN GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805Keywords:
Spatial Thinking Skills, Learning Outcomes, Problem Based Learning, Kahoots, Google EarthAbstract
Abstrak: Aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan berpikir spasial masih menjadi permasalahan dalam pembelajaran geografi. Guru memerlukan upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas geografi melalui tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model PBL berbantuan Kahoot dan Google earth untuk meningkatkan aktivitas belajar, kemampuan berpikir spasial, dan hasil belajar geografi siswa kelas XII MIA 5 SMAN 15 Padang. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir spasial, dan observasi. Data primer dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa; model PBL berbantuan aplikasi kahoot dan google earth mampu meningkatkan aktivitas belajar geografi, model PBL berbantuan kahoot dan google earth mampu meningkatkan kemampuan berpikir spasial, model PBL berbantuan kahoot dan google earth mampu meningkatkan hasil belajar geografi. Peran serta yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan berpikir spasial dijelaskan dalam hasil penelitian ini.
Â
Â
Abstract:Â Learning activities, learning outcomes and spatial thinking skills are still a problem in learning geography. Teachers need efforts to improve the quality of learning in geography classes through classroom action. This study aims to determine the implementation of the Kahoot-assisted PBL model and Google Earth to improve learning activities, spatial thinking abilities, and geography learning outcomes for class XII MIA 5 SMAN 15 Padang. Data were collected using learning achievement tests, spatial thinking skills tests, and observation. Primary data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative. The research results prove that; PBL models assisted by kahoot and google earth applications are able to increase geography learning activities, PBL models assisted by kahoot and google earth are able to improve spatial thinking skills, PBL models assisted by kahoot and google earth are able to improve geography learning outcomes. Participation is done to increase learning activity, learning outcomes and spatial thinking are explained in the results of this study.
References
Agustiningrum, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik X IPS 1 Di SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2019/2020 Materi Pokok: Dinamika Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Manusia [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/90477/
Aini, A. N., Wirahayu, Y. A., & Budijanto, B. (2022). Pengaruh model problem based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(12), Article 12.
Aliman, M., Halek, D. H., Lukman, S., Marni, S., & Alnursa, D. S. (2022). Apakah Model Earthcomm dan Gaya Belajar dapat Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA? JAMBURA GEO EDUCATION JOURNAL, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16348
Aliman, M., Mutia, T., Halek, D. H., Hasanah, R., & Muhammad, H. H. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(1), 10. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i1.1823
Aliman, M., Ulfi, T., Lukman, S., & Muhammad, H. H. (2019). Konstruksi Tes Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh.
Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.738
Anita, A., Herianto, A., Ibrahim, I., Arif, A., & Mahsup, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Hidrosfer Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(1), 45–50. https://doi.org/10.31764/geography.v9i1.4240
Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 10. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388
Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN 7 Bukit Tunggal. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 1(1), 124–133.
Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2017 International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT), 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957
De Oliveira, B. (2023). Participatory action research as a research approach: Advantages, limitations and criticisms. Qualitative Research Journal, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/QRJ-08-2022-0101
Debi, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu [Diploma, IKIP PGRI PONTIANAK]. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1311/
Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jikap.v1i1.19138
Fathanny, M. A. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI IPS SMAS Nurul Hidayah Cikupa Kabupaten Tangerang) [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Fayanto, S., Amaluddin, L. O., Rahmat, R., Surdin, S., Ramadhan, M. I., Hidayat, D. N., Sejati, A. E., & Purwana, I. G. (2019). The Effectiveness of Outdoor Learning in Improving Spatial Intelligence. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 667–680. https://doi.org/10.17478/jegys.613987
Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
Firdaus, R. J., Arisanty, D., & Syaharuddin, S. (2022). Penggunaan Google Classroom pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 4 Banjarmasin. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jpg.v9i2.12824
Fitriyah, I. J., Munzil, M., Affriyenni, Y., Hamimi, E., Affifah, J. R., Permatasari, C. A., & Yulianti, E. (2022). Engaging teachers in classroom action research: Lesson learned from teachers professional development program in Indonesia. In Teacher Education and Teacher Professional Development in the COVID-19 Turn. Routledge.
Flynn, K. C. (2018). Improving Spatial Thinking Through Experiential-Based Learning Across International Higher Education Settings. International Journal of Geospatial and Environmental Research, 5(3), 19.
Golightly, A., & Raath, S. (2014). Problem-Based Learning to Foster Deep Learning in Preservice Geography Teacher Education. Journal of Geography, 114, 1–11. https://doi.org/10.1080/00221341.2014.894110
Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), Article 9. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730
Hindiyati, K., Wirahayu, Y. A., Astina, I. K., & Soekamto, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(12), Article 12.
Istni, T., Utomo, D. H., & Utaya, S. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran Geografi siswa kelas XI IPS MA Bilingual Batu. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), Article 2.
Jairina, S. N. I., Handoyo, B., & Astina, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13182
Khotimah, S. K., Prasetyo, K., Prasetya, S. P., & Nasution, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Geografi pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Perdagangan Antarwilayah dan Antarnegara. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.547
Lee, J., & Jo, I. (2022). Assessing Spatial Skills/Thinking in Geography. In T. Bourke, R. Mills, & R. Lane (Eds.), Assessment in Geographical Education: An International Perspective (pp. 77–97). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-95139-9_4
Luthvia, E. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Melalui Model Project Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kebumen [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Maimunah, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Keruangan Desa Dan Kota di Kelas XII IPS 1 Sma Negeri Syamtalira Bayu Tahun 2021/2022. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v12i2.1248
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Mauludiyah, A., Wirahayu, Y. A., Budijanto, B., & Suharto, Y. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah Geografi untuk siswa SMA. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), Article 11. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1210-1225
Muchlas, A. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. ARYA SATYA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3).
Nauli, B. F. (2022). Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 Pada Mata Pelajaran Geografi (Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 Cibinong) [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu
Niswatin, S. (2022). Penerapan Model Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Materi Negara Maju Dan Negara Berkembang Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS Di MAN 2 Bojonegoro. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883
Nola, S., & Awwaliyah, A. (2022). Keefektifan Teknik Numbered Heads Together
(NHT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33143/jes.v8i2.2420
Norsandi, D. (2022). Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata Terhadap Hasil Belajar
Mata Pelajaran Geografi Kelas X/IIS SMA Negeri 6 Palangka Raya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA, 1, 148–155. https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.19
Noviyanti, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Untuk
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi SMA. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/learning.v2i3.1522
Nur, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Menggunakan Media
Flashcard Pada Materi Konsep Dasar Geografi Di Kelas X SMAN 01 Selakau Kabupaten Sambas [Diploma, IKIP PGRI PONTIANAK]. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1307/
Nurdin, S. H., Bahtiar, B., & Robo, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran
Children Learning In Science(CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabupaten Halmahera Barat Pada Konsep Pemanfaatan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup. Pangea : Wahana Informasi Pengembangan Profesi dan Ilmu Geografi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33387/pangea.v1i1.4609
Oktavianto, D. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Google Earth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemetaan Geologi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i1.10353
Pambudi, M. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kademangan. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v3i1.119
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0.
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259
Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa melalui penerapan Project Based Learning dengan menggunakan platform google classroom. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um063v2i1p68-80
Riyadi, S. (2011). Studi Eksperimen Penggunaan Google Earth Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Learning Kelas Xi Ips Di SMA Negeri 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012 [Skripsi, UNNES]. https://www.semanticscholar.org/paper/%28ABSTRAK%29-STUDI-EKSPERIMEN-PENGGUNAAN-GOOGLE-EARTH-Riyadi/226a66fe324aef39fffaee7fb92f8e3444b3b534
Sagala, A. U., Hutagaol, D. D. S., Haloho, K. A., & Aini, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Santoso, A. B., Juhadi, Wijayanto, P. A., Setiawan, S., Sa’adah, N., Masruroh, N., & Rahmah, N. A. (2021). The Utilization of Technology-Based Webgis as an Effort to Establish the Spatial Thinking Ability of Geographic Students In High School. 21–25. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210918.005
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 440–447. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8720
Setiawan, I. (2015). Peran Sistem Informasi Geografis (Sig) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187
Simanjuntak, L. U. (2022). Penerapan Metode Blended Learning Versi Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas X Ips 3 SMAN 2 Pangkalan Kerinci Tahun 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7365
Somantri, L. (2022). Indonesian spatial intelligence for geography teachers. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), Article 2.
Supardi, A. (2022). Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan google sites untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Diponegoro Tumpang / Adi Supardi [Diploma, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/270943/
Thankachan, B., & Franklin, T. (2013). Impact of Google Earth on Student Learning. International Journal of Humanities and Social Science, 3(21).
Warsono, & Haryanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen. PT Remaja Rodaskarya. https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/495-pembelajaran-aktif-teori-dan-asesmen.html
Wijayanti, A. P., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Perbandingan Model Group Investigation Dengan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6326
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50.
Yumilya Siska, S. P. (2022). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Merangin. Fokus | Jurnal Pendidikan STKIP YPM Bangko, 2(2), Article 2.
Yuneva, Y., & Suri, E. W. (2022). Meningkatkan Potensi Belajar dan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Cooperative Learning: Meningkatkan Potensi Belajar dan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Cooperative Learning. Lateralisasi, 10(02), Article 02. https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v10i02.4458
Downloads
Published
Issue
Section
License
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is the author's right without limitation.