PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (IPS TERPADU) PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS VIII MTS
DOI:
https://doi.org/10.31764/geography.v6i2.1416Keywords:
Metode Outdoor Learnig, Prestasi Belajar, Lingkungan Hidup.Abstract
Penerapan metode pembelajaran outdoor learnig untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada IPS Terpadu materi lingkungan hidup di kelas VIII MTs. Nurul Yaqin Teniga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini bertujuan Untukmeningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode Outdoor Learnigpada IPS Terpadu materi lingkungan hidup di kelas VIII MTs. Nurul Yaqin Teniga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan pendekan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar evaluasi (soal-soal) dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian adalah prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan penerapan outdoor learning dalam pembelajaran. Hal ini didasarkan pada peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus 1adalah 69.56dan untuk ketuntasan belajar siswa 56.52% Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Outdoor Learning pada siklus I dinyatakan Belum menycapai ketuntasan atau belum memenuhi syarat ketuntasan belajar minimal yaitu 80%. Sedangakan pada rata- rata niai siklus II adalah 85dan untuk ketuntasan belajar siswa 91,70% Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Outdoor Learning pada siklus II dinyatakan berhasil sehingga menycapai keriteria ketuntasan atau sudah memenuhi syarat ketuntasan belajar minimal yaitu 80%. Jadi kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini ialah bahwa Perencanaan dan persiapan pelaksanaan pembelajaran dengan Metode Pembelajaaran Outdoor Learningyang dilaksanakan secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran lingkungan hidup.References
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widja.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2015. Penelitian tindakan kelas. jakarta: Bumi Aksara
_______ . Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Surakarta: Putra Grahadi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi belajar dan kemepetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Ferdianto.Penerapan MetodeOutdoor Study. http://lib.unnes.ac.id. diakses pada tanggal 14-05-2016.
Husamah. 2013. Pembelajaran luar kelas outdor learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Putra Grafika, 2009).
Ratna.penerapan OLP (outdoor learning process).http://digilib.uinsuka.ac.id. diakses pada tanggal 14-05-2016.
Sedamaryanti.2002. Metodologi penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Slameto. 2013. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhi jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Sumarmi. 2012. Model- model pembelajaran geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publising.
Supardi. 2006. Metodologi Penelitian. Mataram: Cerdas Pres
Downloads
Published
Issue
Section
License
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is the author's right without limitation.