EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN METODE DISKUSI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS
DOI:
https://doi.org/10.31764/geography.v7i1.1425Keywords:
Metode Pembelajaran, Guided Note Taking, Metode Diskusi Terbimbing, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan tahun Pelajaran 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 97 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test pada materi pokok permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya. Nilai rata-rata hasil pre-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 41,70 dan kelas kontrol 38,33. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen 72,18 dan kelas kontrol 63,48. Berarti   sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha yang berbunyi penerapan metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII MTs. Nurul Jannah NW Ampenan diterima. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung = 2,90 lebih besar dari nilai ttabel = 1,98 (2,90 > 1,98). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran guided note taking dan metode diskusi terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTsReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press.
Prasetio, Endro, dkk. 2013. Penggunaan Metode Guided Note Taking Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalirejo Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PGSD. Universitas Sebelas Maret.
Riduwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung Alfabeta.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Sulistiani, Asih. 2010. Aplikasi Metode Diskusi Terbimbing Dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Kenteng Nongosari Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Sulistyaningrum. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Tarsi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri Kebak Keramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooprative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini H., Aryani S., dan Munthe B. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is the author's right without limitation.