META ANALISIS : MODEL PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DI INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.15710

Keywords:

Learning model, Spatial Thinking, Meta Analysis

Abstract

Abstrak : Kemampuan berpikir spasial dapat membantu peserta didik dalam membuat keputusan dari hal yang sederhana sampai dengan hal yang kompleks. Pemilihan model pembelajaran oleh guru berperan penting terhadap peningkatan kemampuan  berpikir spasial peserta didik. Penelitian yang membahas model pembelajaran untuk peningkatan kemampuan berpikir spasial telah banyak dilakukan. Akan tetapi, sintesis penelitian-penelitian tersebut belum banyak dilakukan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mensintesis artikel penelitian tentang model pembelajaran untuk diketahui keefektifan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melalui langkah-langkah literature review meta analisis. Jumlah populasi sebanyak 86 artikel, tetapi setelah disesuaikan dengan kriteria inklusi, jumlah artikel yang dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 13 artikel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika deskriptif berupa perhitungan selisih nilai mean post test kelas eksperimen dengan nilai mean post test kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial adalah model pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google Earth dengan selisih sebesar 22 (nilai mean post tes kelas eksperimen 83, sedangkan nilai mean post tes kelas kontrol 61).


Abstract:  Spatial thinking skills can help students make decisions from simple things to complex things. The choice of learning model by the teacher plays an important role in increasing students' spatial thinking skills. Research that discusses learning models to improve spatial thinking skills has been carried out a lot. However, the synthesis of these studies has not been widely carried out. Therefore, the purpose of this research is to synthesize research articles on learning models to determine the effectiveness of these models in improving spatial thinking skills. This study used a quantitative descriptive method by means of a literature review meta-analysis. The total population was 86 articles, but after adjusting for inclusion criteria, the number of articles used as samples in this study were 13 articles. The data analysis technique used is descriptive statistical techniques in the form of calculating the difference between the average post-test scores of the experimental class and the average post-test scores of the control class. The results showed that the most effective learning model for improving spatial thinking skills was a project-based learning model assisted by Google Earth with a difference of 22 (the mean post-test for the experimental class was 83, while the mean post-test for the control class was 61).

References

Anggreni, D. P., & Sumarmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Geoliteracy (GIGL) Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Pada Pelajaran Geografi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.12259

Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model Problem Based Learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 388–398. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398

Fitra Arief Syaviar, Purwanto, Y. A. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan. Jurnal Warbhumi Vol 5, No.2, Agustus 2020, 5(2), 10–17.

Fitria, D., Lestari, M., Aisyah, S., Renita, R., Dasmini, D., & Safrudin, S. (2021). Meta-Analisis Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Simki Economic, 4(2), 192–199. https://doi.org/10.29407/jse.v4i2.65

Gardner H 2011 Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences(New York: Basic Books).

Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1222. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730

Lidiawati, B., Nurwahidin, M., & Widodo, S. (2022). Strategi ilmu geografi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik berbantu media pembelajaran berbasis digital. 1(10).

Manek, A. H., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2019). Pengaruh Model Spasial Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 440. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12245

Medani, Z. P., Suharto, Y., Taryana, D., & Sumarmi. (2022). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan google my maps terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Singosari. Junal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) , 2(6), 534–547. https://doi.org/10.17977/um063v2i62022p534-547

Mulyadi, A., & Yani, A. (2019). Learning Materials to Increase Spatial Ability of Senior High School Students. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 286(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/286/1/012008

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031

Nurcahyo, A. D., & Winanti, E. T. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning terintegrasi pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir spasial dan pengetahuan siswa pada materi mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1), 41–47. https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p041

Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563

Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 1, 059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227

Philip J. Gersmehl & Carol A. Gersmehl (2007) Spatial Thinking by Young Children: Neurologic Evidence for Early Development and “Educabilityâ€, Journal of Geography, 106:5, 181-191, DOI: 10.1080/00221340701809108

Putri, Ramayana Dwi. (2020). The Influence of Project Based Learning (PJBL) Learning Model on Spatial Thinking Ability in Class X Geography Learning Eyes in SMA PGRI 2 Palembang. Journal of Geography Science and Education Vol. 2, No. 1 (April 2020), pp : 11-16

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.33059/jsg.v3i2.2495

Zakiy, W. W., Handoyo, B., & Hartono, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XII MAN 1 Trenggalek. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(3), 250–258. https://doi.org/10.17977/um063v2i32022p250-258

Downloads

Published

2023-09-11

Issue

Section

Articles