INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL NGATA TORO DALAM MEMBANGUN KARAKTER KONSERVASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2272Keywords:
Local Wisdom, Character of Education, ConservationAbstract
Abstrak: Ancaman banjir dan tanah longsor pada musim hujan sering terjadi di wilayah Kabupaten Sigi. Sebagian besar wilayah ini berada pada kawasan pegunungan dengan morfologi yang bervariasi dan masyarakatnya hidup berdampingan dengan kawasan hutan. Siswa sebagai generasi penerus memerlukan pengetahuan untuk menjaga keseimbangan alam secara berkelanjutan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal kedalam kurikulum sekolah. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dapat membangun karakter siswa dalam mengkonservasi lingkungan di sekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka dengan pendekatan analisis deskriptif untuk menghasilkan informasi mengenai integrasi nilai kearifan lokal masyarakat adat Ngata Toro. Kearifan lokal masyarakat Ngata Toro merupakan salah satu bentuk contoh kearifan lokal yang masih dilestarikan. Masyarakat Ngata Toro dalam mengkonservasi dan mengelola hutan dengan menerapkan aturan-aturan yang apabila dilanggar akan mendapat saksi adat. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan menjaga kesuburan tanah serta mencegah bencana banjir dan tanah longsor.
Kata Kunci: Kearifan Lokal; Pendidikan Karakter; Konservasi
Abstract:Â The Rainy season potential for floods and landslides pose a threat of disaster in the Sigi Regency. Most of these areas are in mountainous regions with varying morphology and people living side by side with forest areas. Students as the next generation need knowledge to maintain the balance of nature in a sustainable manner. One way that can be done by teachers is by integrating the values of local wisdom into the school curriculum. Integration of local wisdom values can build student character in conserving the surrounding environment. This type of research is a qualitative study of literature study with a descriptive analysis approach to produce information about the integration of the local wisdom value of the Ngata Toro indigenous people. The local wisdom of the Ngata Toro community is an example of local wisdom that is still preserved. The Ngata Toro community in conserving and managing forests by applying rules that if violated will get an indigenous witness. Realize that this is very important to prevent forest damage and maintain soil fertility and prevent floods and landslides.
Keywords: Local Wisdom; Character of Education; ConservationReferences
Aini, M. H. (2014). Penguasaan Konsep Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal BioEdu Unnes, 3(3), 479–484.
Anwar, H. S. (2013). Membangun Karakter Bangsa. At-Ta’dib, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V8I1.511
Azzet, A. M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Karsa, IXI, 89.
Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1261
Hadi, S. (2015). Menggagas Pendidikan Karakter Responsif Gender. Palastren, 8(2), 243–270.
Holilah, M. (2016). Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 163. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1453
Indrawardana, I. (2013). Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda Dalam Hubungan Dengan Lingkungan Alam. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, 4(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i1.2390
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23
Kafiar, F. P. (2013). Kearifan lokal suku Amungme dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di Kabupaten Mimika Papua. Jurnal Ekosains, 5(1), 35–43.
Nisa’, Z. (2015). Pengembangan Suplemen Geografi Sumber Daya Berbasis Kearifan Lokal Tentang Pelestarian Taman Nasional Lore Lindu. Jurnal Disertasi Dan Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–10.
Nurfadila, N., Iqbal, M., & Pitopang, R. (2019). Kajian Etnobotani Pandanaceae Pada Suku Moma Di Ngata Toro, Kulawi, Sulawesi Tengah. Natural Science: Journal of Science and Technology, 8(1). https://doi.org/10.22487/25411969.2019.v8.i1.12634
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Pranata, A. (2016). Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya di SMAN 9 Yogyakarta. Kebijakan Pendidikan, 5, 230–240.
Ruyadi, Y. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat untuk Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, (November), 8–10.
Suaedi, H. T. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup. In Jipsindo (Vol. 5).
Sudirman. (2015). Penanaman Nilai dalam Pembelajaran PKN Melalui Inovasi Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 2(2), 115–123.
Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar Revitalization Of Local Wisdom In Education Sularso. Pendidikan Sekolah Dasar.
Suryanti. (2010). Motivasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Upaya Pengurangan Multirisiko Bencana di Kawasan Kepesisiran Parangtritis dalam Penaksiran Multirisiko Bencana di Wilayah Kepesisiran Parangtritis. Yogyakarta: PSBA Universitas Gadjah Mada.
Syarif, F. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Terhadap Penanamanan Nasionalisme Bagi Siswa Sekolah Dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 187–195. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.26
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Ðкономика Региона, 2012.
Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY, 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Downloads
Published
Issue
Section
License
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is the author's right without limitation.