PENGARUH EDMODO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Ika Listiqowati Prodi Pendidikan Geografi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah
  • Khairurraziq Khairurraziq Prodi Pendidikan Geografi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah
  • Arifudin Abd Muis Prodi Pendidikan Geografi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah
  • Lisnaini Lisnaini Prodi Pendidikan Geografi, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31764/geography.v9i2.5151

Keywords:

Influence, Edmodo, Geography Learning Outcomes

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran geografi menggunakan Edmodo. 2) Menguji pengaruh penerapan Edmodo terhadap hasil pembeajaran geografi. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttes. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA N 4 Sigi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlibatan peserta didik pada pembelajaran geografi menggunakan Edmodo lebih tinggi dengan rata-rata 95,14%, daripada keterlibatan peserta didik pada pembelajaran geografi menggunakan WhatsApp dengan rata-rata 70,83%. 2) Hasil belajar kelas eksperimen, nilai rata rata hasil belajar 83,50 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 78,44. Hasil postes kelas eksperimen pada kualifikasi baik sekali 24 peserta didik, kualifikasi baik 12 peserta didik, sedangkan pada kelas kontrol kualifikasi baik sekali 9 peserta didik, kualifikasi baik 15 peserta didik dan kualifikasi cukup 12 peserta didik. Maka Edmodo terbukti lebih efektif dari pada Whatsapp untuk digunakan dalam pembelajaran daring di masa pandemic Covid 19.

 

Abstract: This study aims to: 1) Determine the involvement of students in learning geography using Edmodo. 2) Testing the effect of the application of Edmodo on the results of geography learning. This study is a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group. The research was conducted in class X SMA N 4 Sigi. The results showed: 1) the involvement of students in learning geography using Edmodo was higher with an average of 95.14%, than the involvement of students in learning geography using WhatsApp with an average of 70.83%. 2) The learning outcomes of the experimental class, the average value of learning outcomes is 83.50, which is higher than the average value of the control class, which is 78.44. The post-test results for the experimental class were very good qualifications of 24 students, good qualifications of 12 students, while in the control class the qualifications were very good 9 students, good qualifications of 15 students and sufficient qualifications of 12 students. So Edmodo has proven to be more effective than Whatsapp for use in online learning during the Covid 19 pandemic.

 

References

Aliman, M. (2018). Pengintegrasian Pepatah Minangkabau dalam Pembelajaran Geografi. Research Gate, May 2017, 200–206.

Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.†Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E Learning. Remaja Rosdakarya.

Ekayati, R. (2018). Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo. Jurnal EduTech Vol., 4(2), 50–56.

Fauziyah, S., & Triyono, M. B. (2020). Pengaruh E-Learning Edmodo Dengan Model Blended Learning Terhadap Minat Belajar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 112–124. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27562

García González, J. A. (2017). Learning Geography With Underground Maps. European Journal of Geography, 8(1), 86–98.

Halil, N. I. (2020). The Effectiveness of Using Edmodo as an Online Learning Platform in Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(3), 284. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i3.316

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography, Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Karina, N., Murjainah, & Tobari. (2018). Keterampilan Siswa Terhadap Penguasaan Teknologi dalam Menggunakan Edmodo pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Muhammadiyah Tanjung Raja Tahun Ajaran 2017/2018. Ina-Rxiv Paper. https://doi.org/10.31227/osf.io/agnxk

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Lestari, K. P., & Benardi, A. I. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dan Model Pembelajaran di Kelas Reguler pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2019/2020. Edu Geography, 8(3), 232–237. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edugeo.v8i3

Magfirah, N., Nurdiyanti, N., Anisa, A., & Thahir, R. (2020). Peranan Edmodo Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Biotek, 8(2), 123. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.14000

Meisandy, R. R., Sumarmi, S., & Utomo, D. (2021). Exploring The Use Of Blended Pbl In Geography For Enhancing Students ’ Analytical Thinking In The " New Normal " Condition. GeoEco, 7(1), 106–120. https://doi.org/10.20961/ge.v7i1.48473

Mumaridah, E., Santoso, A. B., Sriyono, & Suharini, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Kelas X SMA N 2 Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2017-2018. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 179–184.

Murjainah. (2019). Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Geografi dalam Menggunakan Edmodo Berbasis Blended Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayas, 2(1), 389–401.

Murjainah, Aryaningrum, K., & Arisman. (2019). Upaya Meningkatkan Softskill Disiplin Melalui Penggunaan Edmodo Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(2), 169. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i2.15231

Prasetyo, H., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Amin, S., & Aliman, M. (2021). Development of E-Learning , Mobile Apps , Character Building , and Outdoor Study ( EMCO Learning Model ) to Improve Geography Outcomes in the 21st Century. Int. J. of Mobile Techn. IJIM, 15(07), 107–122. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21553 Hendri

Rahmawati, E. M., Muryani, C., & Sarwono, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dan Berbasis E-Learning Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Langkah Penelitian Geografi Di Kelas X IPS SMA Dan MA Assalaam Sukoharjo. GeoEco, 4(1), 255–264. https://doi.org/10.20961/ge.v4i1.19170

Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Bersosial Media. Gramedia.

Sari, M. ., & Nofrion. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Edmodo dalam Pembelajaran Geografi pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Kelas X IPS SMAN 7 Padang. Jurnal Buana, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/student.v4i1.801

Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Humanika, 8(2), 241–252. http://www.journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/608

Tamrin, A. F. (2020). Edmodo-Based Learning and t he Students ’ Perception. 4(1), 64–72.

Teo, P. (2019). Teaching For The 21st Century: A Case For Dialogic Pedagogy. Learning, Culture and Social Interaction, 21(March), 170–178. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.03.009

Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas Pgri Madiun. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 199–211. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211

Van Laar, E., Van Deursen, A. J. A. M., Van Dijk, J. A. G. M., & De Haan, J. (2019). Determinants of 21st-Century Digital skills: A Large-Scale Survey Among Working Professionals. Computers in Human Behavior, 100(June), 93–104. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.06.017

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles