PELAKSANAAN SUPERVISI DAN EVALUASI DIRI SEKOLAH SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA GURU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/geography.v10i1.8030

Keywords:

Teachers’ job performances, Implementation of supervision, School self evaluation

Abstract

Abstrak: Supervisi dan evaluasi kepala sekolah merupakan hal penting yang harus ditingkatkan agar kinerja guru menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, artikel ini membahas mengenai hubungan pelaksanaan supervisi dan evaluasi diri sekolah (EDS) terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Serang. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan supervisi dan Evaluasi Diri Sekolah terhadap kinerja guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan pada guru SMP Negeri se kota Serang dengan sampel sebanyak 227 dari 617 populasi. Selanjutnya, untuk menganalisis hubungan antar variabel digunakan pendekatan kuantitatif serta memakai rancangan deskriptif korelasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi terhadap kinerja guru sebesar 0,579 dengan indikator tanggung jawab, dorongan untuk berhasil, peningkatan keterampilan, dan menyukai tantangan; (2 Terdapat hubungan yang signifikan antara evaluasi diri sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,722 dengan indikator perencanaan, pengembangan sekolah dan manajemen berbasis sekolah; (3) Pelaksanaan supervisi  dan evaluasi diri sekolah  berhubungan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 75,3% dengan indikator kinerja guru kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.


 

Abstract:  Supervision and evaluation of school principals is an important thing that must be improved so that teacher performance becomes even better. Therefore, this article discusses the relationship between the implementation of school supervision and self-evaluation (EDS) on teacher performance at SMP Negeri Serang city. The research was conducted with the aim of knowing the relationship between the implementation of supervision and school self-evaluation on teacher performance. To achieve this goal, descriptive analysis is used. The study was conducted on teachers of SMP Negeri in Serang city with a sample of 227 of the 617 population. Furthermore, to analyze the relationship between variables, a quantitative approach is used and a descriptive correlation design is used. The results showed (1) There was a significant relationship between the implementation of supervision on teacher performance of 0.579 with indicators of responsibility, encouragement to succeed, increasing skills, and liking challenges; (2 There is a significant relationship between school self-evaluation on teacher performance of 0.722 with indicators of planning, school development, and school-based management; (3) Implementation of school supervision and self-evaluation is significantly related to teacher performance of 75.3% with teacher competency performance indicators professional competence, pedagogic competence, social competence, and personality competence.

Author Biography

Lilik Nur Kholidah, UNTIRTA

Semangat & Niat

References

. M., Dahlan, J. A., & Sabur, A. (2020). Hubungan Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dengan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Wilayah Binaan V Kabupaten Tangerang. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.33592/perspektif.v2i1.564

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Dhiyana; Bafadal, Ibrahim; Budi, B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 213–221. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3497

Guru, K., & Mutu, D. A. N. (2015). Analisis evaluasi diri sekolah (eds) hubungannya dengan kinerja guru dan mutu pembelajaran.

Handayani, F., & Azizah, S. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 495–509. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.873

Kemal Kayıkçı1 Ozan Yılmaz, & Şahin, A. (2016). The Views of Educational Supervisors on Clinical Supervision. Journal of Education and Practice, 6(33), 99–105. www.iiste.org

Lian, B., Kristiawan, M., & Murtiningsih. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication. European Journal of Education Studies, 6(1), 246–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.2649535

Madjid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi kerja. www.samudrabiru.co.id

Maisaroh, S., & Danuri, D. (2021). Dr. Siti Maisaroh, M.Pd D anuri, M.Pd. In CV. Tunas Gemilang Press. http://repository.upy.ac.id/2756/

Nasional, K. P., & Agama, K. (2010). Panduan Teknis Evaluasi Diri Sekolah ( Eds ).

Rahmi, A. (n.d.). Hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru. 412–424.

Rakhmawati, S., Wiyono, B. B., & Sultoni, S. (2021). Keterampilan Manajerial Kepemimpinan dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi serta Hubungannya dengan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1680. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14203

Renata, Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The influence of headmaster’s supervision and achievement motivation on effective teachers. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(6), 44–49.

Sekolah, E. D., Observasi, D. A. N. P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2012).Evaluasi diri sekolah (eds).

Siti Nurhayati. M.Pd. (2019). Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.

Starlinsky, L., Belawati, T., & Rosita, T. (2022). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING Korelasi antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lebakgedong Kabupaten Lebak. 6(12), 25–32. https://doi.org/10.30653/001.202261.190

SUPARJO, N. I. M. (2018). Hubungan Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP se Kabupaten Banyumas. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4911/

Downloads

Published

2022-04-18

Issue

Section

Articles