PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN BAGI PENYENDANG DISABILITAS

Authors

  • Nurin Rochayati Program Studi Pendidikan Geografi UMMAT
  • Siti Sanisah Program Studi Pendidikan Geografi UMMAT
  • Masad masad Program Studi Pendidikan Geografi UMMAT
  • Arif arif Program Studi Pendidikan Geografi UMMAT

DOI:

https://doi.org/10.31764/geography.v10i1.8279

Keywords:

Teacher perception, Education, Disability

Abstract

Abstrak: Penelitian survei ini bertujuan untuk mengelaborasi isu disability dalam perspektif guru dengan subfokus survei terdiri dari pemahaman guru tentang disability, keberpihakan guru terhadap hak ABK untuk sekolah, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi sekolah ABK, kemampuan guru mengajar ABK dan urgensi pendidikan inklusi. Survei melibatkan 250 orang guru sebagai responden yang terpilih secara purposive di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur. Hasil survei menunjukkan bahwa (1) guru memiliki pemahaman yang cukup baik tentang disabilitas; (2) guru belum berperan penting mendorong pendidikan untuk ABK; (3) guru belum melakukan upaya maksimal dalam melakukan pendampingan kepada ABK; (4) kemampuan guru mengajar ABK masih kurang dan (5) pelaksanaan pendidikan inklusi masih dihadapkan pada berbagai tantangan yang harus diupayakan penyelesaiannya agar dapat memberi manfaat maksimal.



Abstract:  This survey research aims to elaborate on the issue of disability from a teacher's perspective with a survey sub-focus consisting of teachers' understanding of disability, the alignment of teachers with the rights of children with special school needs, the efforts made to increase the participation of children with special needs schools, the ability of teachers to teach children with special needs and the urgency of inclusive education. The survey involved 250 teachers as respondents who were selected purposively in the districts of Central Lombok and East Lombok. The survey results show that (1) teachers have a fairly good understanding of disability; (2) teachers have not played an important role in encouraging education for ABK; (3) teachers have not made maximum efforts in assisting ABK; (4) the ability of teachers to teach children with special needs is still lacking and (5) the implementation of inclusive education is still faced with various challenges that must be resolved to provide maximum benefits.

References

Aisah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus pada Kelas II SDN Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1887

Alwi, M. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2), 101–107.

Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, Dan SMA DI Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91–104. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Arends, Winitzky, & Tannenbaum. (2001). Exploring Teaching: An Introduction to Education. In Philosophy (2nd ed., Vol. 2, pp. 159–176). McGraw-Hill Higher Education. https://doi.org/10.1017/S0031819100020581

Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi, B. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 120–126. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65–78.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Bines, H., & Lei, P. (2011). Disability and education: The longest road to inclusion. International Journal of Educational Development, 31(5), 419–424. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2011.04.009

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Dewi, N. K. (2017). MAnfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179–185. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471

Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wat, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus (F. Fakhruddiana (ed.); 1st ed.). Samudra Biru.

Jolanda, J., Maria, C., & Himawati, M. (2018). Hubungan antara Persepsi Remaja tentang Penggunaan Alat Ortodontik Cekat dan Minat terhadap Perawatan Maloklusi (Penelitian pada Pelajar SMAK “X†Bandung). Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18196/di.7189

Koutsouris, G., Anglin-Jaffe, H., & Stentiford, L. (2020). How Well Do We Understand Social Inclusion in Education? British Journal of Educational Studies, 68(2), 179–196. https://doi.org/10.1080/00071005.2019.1658861

Aisah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus pada Kelas II SDN Unggulan Melalui Metode Full Inclusion. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1887

Alwi, M. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2), 101–107.

Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, Dan SMA DI Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91–104. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Arends, Winitzky, & Tannenbaum. (2001). Exploring Teaching: An Introduction to Education. In Philosophy (2nd ed., Vol. 2, pp. 159–176). McGraw-Hill Higher Education. https://doi.org/10.1017/S0031819100020581

Arum, S. K., Widyastono, H., & Sunardi, B. (2020). Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 120–126. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2487

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan Inklusi Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(1), 65–78.

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Bines, H., & Lei, P. (2011). Disability and education: The longest road to inclusion. International Journal of Educational Development, 31(5), 419–424. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2011.04.009

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Dewi, N. K. (2017). MAnfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15657

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179–185. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471

Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wat, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus (F. Fakhruddiana (ed.); 1st ed.). Samudra Biru.

Jolanda, J., Maria, C., & Himawati, M. (2018). Hubungan antara Persepsi Remaja tentang Penggunaan Alat Ortodontik Cekat dan Minat terhadap Perawatan Maloklusi (Penelitian pada Pelajar SMAK “X†Bandung). Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.18196/di.7189

Koutsouris, G., Anglin-Jaffe, H., & Stentiford, L. (2020). How Well Do We Understand Social Inclusion in Education? British Journal of Educational Studies, 68(2), 179–196. https://doi.org/10.1080/00071005.2019.1658861

Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–6. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17736

Mas, S. R. (2012). Hubungan Kompetensi Personal Dan Profesional Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212–219. https://bit.ly/3L94aBn

Moriña, A., & Carnerero, F. (2020). Conceptions of Disability at Education: A Systematic Review. International Journal of Disability, Development and Education. https://doi.org/10.1080/1034912X.2020.1749239

Mustofa, Karya, D. F., & Halim, A. (2021). Indonesian Students’ Perception of Gender Equity in Education. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), 185–196. https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.18

Purwaningrum, S., & Pamungkas, B. (2018). Pengembangan Model Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengurangi Perilaku Bullying pada Siswa ABK di Sekolah Dasar Inklusif. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 4(1), 35–39. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i1.1368

Robo, M. (2015). Social Inclusion and Inclusive Education. Academicus - International Scientific Journal, 3(10), 181–191. https://doi.org/10.7336/academicus.2014.10.12

Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3085

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 101–118. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5

Sanisah, S., Kadir, A., Lukman, & Edi. (2021). The Effectiveness of Educational Supervision in COvid-19 Pandemic Era. Jurnal Tatsqif, 19(2), 155–174. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4226

Sary, R. K., & Kamil, E. M. (2018). Evaluasi Fasilitas Penunjang untuk Penyandang Disabilitas di Kawasan Benteng Kuto Besak Palembang. Arsir, 2(1), 41–56. https://doi.org/10.32502/arsir.v2i1.1237

Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704

Shume, T. J. (2020). Conceptualising disability: a critical discourse analysis of a teacher education textbook. International Journal of Inclusive Education, 3. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1839796

Slee, R., Corcoran, T., & Best, M. (2019). Disability Studies in Education – Building Platforms to Reclaim Disability and Recognise Disablement. Journal of Disability Studies in Education, 1(1–2), 3–13. https://doi.org/10.1163/25888803-00101002

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web “Quizizz†sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.49324

Sukadari, S. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 336–346. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.829

Sukardari, D. D. H. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (L. T. Utami (ed.); 1st ed.). Kanwa Publisher.

Sunaryo, & Sunardi. (2011). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). Jassi Anakku, 10(2), 184–200. Universitas Pendidikan Indonesia

Susanto, R., Syofyan, H., Dwiyanti, K., & Alfina Umri, C. (2019). Anak berkebutuhan Khusus di SMPN 191, Jakarta. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 145–151. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.19971

Tika Ribbany, E. (2016). Bullying Pada Pola Interaksi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif. Paradigma, 4(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755

Wahyudi, W., & Kristiawati, R. (2016). Gambaran Sekolah Inklusif di Indonesia: Tinjauan Sekolah Menengah Pertama (Sudarwati (ed.); 1st ed.). Kemendikbud, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. https://bit.ly/34uuViV

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267–274. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407

Downloads

Published

2022-04-18

Issue

Section

Articles