KEBERHASILAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP): ANTARA NILAI KETERAMPILAN MAHASISWA MENYUSUN RPP DAN NILAI PLP GURU PAMONG
DOI:
https://doi.org/10.31764/geography.v10i2.9598Keywords:
Learning Preparation Plan, Tutor teacher, Introduction to the school fieldAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara nilai keterampilan mahasiswa pendidikan geografi menyusun rpp dan nilai PLP guru pamong. Populasi sekaligus sampel adalah mahasiswa pendidikan geografi peserta PLP tahun 2021 berjumlah 64 orang. Penilaian keterampilan menyusun rpp berdasarkan buku panduan plp fkip ulm dan nilai plp guru pamong di peroleh dari masing-masing guru pamong mahasiswa di sekolah. Analisis data menggunakan korelasi pearson dengan prayarat data terdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan hubungan antara nilai keterampilan menyusun rpp dengan nilai plp adalah 0,532 yang berarti hubungan korelasi sedang. Nilai p-value sebesar 0,00 (<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif sedang antara nilai keterampilan menyusun rpp dengan nilai plp yang diperoleh mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki keterampilan menyusun rpp baik maka nilai plpnya juga akan baik.
Â
Abstract:Â This study aims to determine the relationship between the scores of geography education students' skills in preparing lesson plans (RPP) and the scores of tutor teachers. The population as well as the sample are geography education students participating in the 2021 PLP, totalling 64 people. The assessment of skills in preparing lesson plans was based on the PLP FKIP ULM guidebook and the PLP grades were obtained from each student tutor teacher at the school. Data analysis used Pearson correlation with normal distribution data. The results of the analysis show that the relationship between the value of the skill in compiling the lesson plan and the value of the PLP score is 0.532, which means that the correlation is moderate. The p-value is 0.00 (<0.05), and it can be concluded that there is a moderate positive relationship between the value of the compiling skills and the PLP value obtained by the students. Students who have good preparation lesson skills will also have good PLP scores.
References
Fitriyah, L. A., & Hayati, N. (2020). Analisis keterampilan menyusun RPP mahasiswa calon guru IPA menggunakan Active Learning. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 83–93.
Hindrasti, N. E. K., Putri, A. N., & Muhartati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Isu-isu Kritis Lokal pada Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 158–166.
Kudadiri, A. F. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Tata Niaga Fe Unimed. 1(1).
Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–14.
Lantik, V., Kamaruddin, F., Yusuf, Y. H. M., Astiti, K. A., Hali, A. S., & Supu, A. (2021). Analisis Kemampuan Menyusun Rpp Berbasis
Saintifik Mahasiswa Calon Guru Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 34–44.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model†Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).
Mulhall, P. F., Flowers, N., & Mertens, S. B. (2002). Understanding indicators related to academic performance. Middle School Journal, 34(2), 56–61.
Oemar, H. (2009). Teaching and learning process. Jakarta: Earth Literacy.
Rahayu, G. D. S., & Samsudin, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 196–202.
Rindrayani, S. R. (2016). PENGARUH MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA MAGANG PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI TULUNGAGUNG. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 106–119.
Sugiyono, M. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D).
Sundahry, S. (2021). PENGARUH MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA MEMBUAT RPP K13. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 111–117.
Susanti, A. E. (2021). Analisis Keterampilan Mahasiswa Calon Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).
Susanti, D. N., Suharini, E., & Banowati, E. (2017). Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Edu Geography, 5(1), 31–38.
Utemov, V. (2019). A comparative study of the qualities of school teachers and their teaching practice. ARPHA Proceedings, 1, 935.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). SPSS complete: Teknik analisis statistik terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Downloads
Published
Issue
Section
License
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright articles published in GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is the author's right without limitation.