Peran Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah

Authors

  • Anggi Putri Wahyuni Program Studi PGMI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Audi Reyhan Anjani Purba Program Studi PGMI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hamidah Farhani Rangkuti Program Studi PGMI, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10316

Keywords:

rpp, peran guru, pembelajaran

Abstract

Abstrak:

Dalam proses belajar mengajar merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, peran guru sangat penting agar pembelajaran yang di harapkan berjalan sesuai dengan apa yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari narasumber yang telah diwawancarai, sedangkan sumber data adalah guru-guru kelas yang berada di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik  wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara yang dilakukan adalah wawancara semiterstruktur (Semistructure Interview). Agar data hasil wawancara dapat terpercaya, peneliti menggunakan alat bantu perekam berupa handphone. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di mi MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah Sudah profesional, guru dapat mengajar dengan baik, guru dapat melakukan pendekatan dengan baik terhadap peserta didik dan RPP yang di buat oleh guru sudah sesuai standart yang berlaku saat ini.

Abstract:  

In the teaching and learning process to plan and implement learning, the teacher's role is very important so that the expected learning goes according to what is happening. This research was conducted to determine the teacher's role in planning and implementing learning at MI Al-Hasanah Islamic College Foundation. The approach used in this research is a qualitative approach in this type of descriptive research. The data of this research are sourced from sources who have been interviewed, the data sources are classroom teachers who are at MI Al-Hasanah Islamic College Foundation. The process of data collection was carried out by interview and documentation techniques. The interview technique used is a semi-structured interview. In order for the interview data to be reliable, the researcher used a recording device in the form of a cellphone. the results of the research on the role of teachers in designing and implementing learning at MI Al-Hasanah Islamic College Foundation Already professional, teachers can teach well, teachers can approach students well and the lesson plans made by teachers are in accordance with current standards

References

Ahdar Djamaluddin, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Kaaffah Learning Center.

Ahmad Nursobah. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Bandung: Duta Media.

Corey. (1986). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Deddy Mulyana. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta.

Emzir. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fachri. (2020). Perencanaan Pengajaran dalam Pembela jaran. Makasar.

Hamalik, O. (n.d.). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles