Analisis Model Interaksi Komunikasi Pada Buku Kelas III SD/MI Tema “Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Authors

  • Nafizaturrahmi Nafizaturrahmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i1.10320

Keywords:

interaksi, komunikasi, tematik,

Abstract

Abstrak: Interaksi komunikasi antara pendidik dan peserta didik sangat diperlukan, karena dapat menunjang kemampuan siswa dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Namun, kenyataannya komunikasi jarang dibahas, lebih banyak berkenaan dengan metode, model, media pembelajaran dan lainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Dalam hal ini, penulis akan membahas analisis tentang interaksi komunikasi dengan uraian 1) Hakikat, fungsi, kegunaan dan perkembangan komunikasi pembelajaran, 2) menjelaskan apa saja karakteristik, jenis, gaya, model dan pendekatan komunikasi pembelajaran di SD/MI, 3) membedakan karakteristik informasi dalam pembelajaran materi pokok SD/MI, 4) menganalisis problem komunikasi pembelajaran pada materi pokok SD/MI pada buku kelas III SD/MI tema “pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup†dan, 5) merumuskan jenis, gaya, model, dan pendekatan komunikasi pembelajaran yang relevan dengan materi pokok SD/MI. Dengan kesimpulan bahwa analisis model interaksi komunikasi dalam buku kelas III SD/MI tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup terdapat model komunikasi satu arah 100% dalam buku guru dan buku siswa, komunikasi dua arah 87,5% buku guru 66,66% buku siswa dan komunikasi publik 33,33% buku guru 16,66% buku siswa.

Abstract:  Communication interaction between educators and students is needed, because it can support the ability of students to obtain information and knowledge. However, the reality of communication is rarely discussed, more with regard to methods, models, learning media and others. The research method used is a qualitative method with a literature review approach. In the case, the author will discuss the analysis of the interaction of communication with the description, 1) The nature, function, usefulness and development of learning commincation, 2) Explain what are the characteristic, types, styles, models and approaches of learning communication in elementary school, 3) Distinguish the characteristics of information in learning subject matter elementary school, 4) analyze the coomunication problems of learning on the subject matter of elementary school in grade III in theme “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidupâ€, 5) Formulate types, styles, models, and learning communication approaches that are relevant to sebject matter pf elementary school. With the conclusion that the analysis of communication interaction models is one-way communication 100% in teacher’s book and student’s book. Two-way communication 87,5% of teacher’s book and 66,66% of student’s book. And public communicatio 33,33% of teacher’s book and 16,66% of student’s book.

References

Ahmad Tamrin Sikumbang. (2017). Teori Komunikasi: Pendekatan, Kerangka Analisis Dan Perspektif. Jurnal Analityca Islamica, 6(1), 78–79.

Deddy Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Effendy Onong Ucjana. (2017). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Ety Nur Inah. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al Ta’dib, 8(2), 152.

Hermansyah, A. S. (2019). Model Interaksi Komunikasi Pembelajaran SD/MI. Jurnal Elementary, 2(1).

Heru Basuki. (2006). Penelitian Kualitatif. Gunadarma.

Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Moh. Gufron. (2016). Komunikasi Pendidikan. Kalimedia.

Perdy Karuru. (2013). Pentingnya Kajian Pustaka Dalam Penelitian. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1.

Putu Yulia Angga Dewi. (2019). Hubungan Belajar Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran,. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 73.

Ririn Puspita Tutiasri. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. Channel, 4(1), 84.

Supraptiningsih, dkk. (2010). Tematik. Kemendiknas.

Tutut Handayani. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Ta’dib, XVI(2), 293.

Unang Wahidin. (2016). Interaksi Komunikasi Berbasisi Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islam : Jurnal Pendidikan Islam, 4(7).

Yosal dan Usep Syaripudin Iriantara. (2013). Komunikasi Pendidikan. Simbiosa Rekatama Media.

Yosal Iriantara. (2014). Komunikasi Pembelajaran Interaksi, Komunikatif Dan Edukatif Dalam Kelas. Simbiosa Rekatama Media.

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles