IMPLEMENTASI BAHASA INDONESIA SERAPAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN BERBICARA DI MATA KULIAH BAHASA ARAB PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI PGMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i1.1059Keywords:
Bahasa Indonesia Serapan, Kemampuan Menghafal dan Berbicara, Bahasa ArabAbstract
Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan karena beberapa hal tersebut yaitu bahasa arab memiki empat poin yang akan mendukung kemampuan pemahaman dalam menghafal dan berbicara bahasa Arab yaitu empat kemahiran mendengar, mengucapkan, membaca dan menulis. Penelitian ini berjudul Implementasi Bahasa Indonesia Serapan untuk Meningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertma adalah bagaimana metode Implementasi Bahasa Indonesia Serapan untuk Meningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram. Dan yang kedua Bagaimana tingkat Kemampuan Menghafal dan Berbicara di Mata Kuliah Bahasa Arab pada Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam hal ini adalah difokuskan pada pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan berbicara bahasa arab, disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada mahasiswa PGMI semester II Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian dilaksanakan di Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Mataram. Subyek penelitian ini adalah pada Mahasiswa Semester II Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Mataram Sasaran penelitian ini merupakan satu obyek penelitian sekaligus sebagai obyek penelitian tindakan saat aktivitas pembelajaran tata bahasa Arab berlangsung. Dalam penelitian ini melibatkan ahli bahasa dan ahli pendidikan, serta dosen bidang studi bahasa Arab (peneliti sendiri).Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan dosen dan mahasiswi pada siklus I dalam kategori cukup aktif dan siklus II dalam kategori aktif ), serta refleksi pada beberapa kekurangan yang ada dan Peningkatan Kemampuan Menghafal dan Berbicara Bahasa Arab pada Mata Kuliah Bahasa Arab sebagai berikut:Â
- a.     Nilai pree tes yaitu tingkat ketercapaian 35,7% dengan nilai rata-rata 57,5.
- b.     Nilai siklus I yaitu tingkat keberhasilan 85,7%, dengan nilai rata-rata 73,7
References
Abdul Hamid, 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam, (Malang: UIN Maliki Press).
Asmani, 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inivatif, .(Jakarta: DIVAPress).
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana, 2013).
Bruner, 1966. Tward a Theory of Instruktion, (Cambridge: Harvard Univercity).
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran, (Jakarta: Publisher).
Departemen Agama RI, 2013. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahan, (Bandung: CV. Dipenegoro).
Mukhlis amrin, , 2009. Cara belajar cerdas dan efektif (Jogjakarta: Garailmu ).
Hanafiah Nanang, dkk. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: Reflika Aditama).
James Popham, 2001. Teknik Mengajar Secara Sistematik, ( Jakarta: Rineka Cipta).
Mc Taggart, 1991. The Action Reseach (A Short Modern history), (Australia: Deakin Univercity).
Mu’in, 2004. Analsis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Husna Baru).
Ridwan, 2009. Metode dan teknik Penyusunan Proposal Penelitian, (Bandung: Alpabeta)
Samsul Munir, 2009, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: Amzah).
Sauwrsih, 2011, Penelitian Tindakan, Teori dan Praktek, (Bandung: Alfabeta).
Wahab dan Aziz, Metode dan Model-Model Mengajar, (Bandung: Alfabeta).
Winken, 1991. Psikologi Pengajaran, (Jakarata: PT. Grasindo).
http://www.tesolcourse.com/ tesol-course-article/productive-skill/article-01-ps-php.