PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KAUMAN 3 MALANG

Authors

  • Dina Novita Amaliyah, Era Oliviya Dina Novita Amaliyah, Era Oliviya Pascasarjana UIN Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i2.12277

Keywords:

Alat peraga, Hasil belajar, Matematika, Props, Learning outcomes, Mathematics.

Abstract

Abstrak: Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I yang berjumlah 23 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 anak dan jumlah siswa perempuan 8 anak. Prosedur penelitian dimulai dengan penetapan fokus masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta analisis dan refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 19,5% yaitu dari 63,9% menjadi 83,4% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa  .sebesar 21,75% yaitu dari 65,21% menjadi 86,95%.

Abstract:  The use of teaching aids can improve mathematics learning outcomes for the 1th graders of SD Negeri Kauman 3 Kota Malang. This research is a classroom action research. The research subject was the 23 students of the 1th grade with 15 male students and 8 female students. The procedure begins with the establishment of the research focus of the problem, action planning, action and observation, analysis and reflection. Data collection techniques through the testing techniques and observation. The research results obtained are the use of teaching aids can improve mathematics learning outcomes for the 1th graders of SD Negeri Kauman 3 Malang. This is evidenced by the results of data analysis that there was an increase in student activity by 19.5%, from 63.9% to 83.4% and an increase in student learning outcomes by 21.75%, from 65.21% to 86.95 %

References

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensido Offset.

Sukmadinata 2012. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Heruman. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mahasatya, Asdi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Musfiqin, Media dan Sumber Belajar, Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dkk. 2015 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Winasanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Dewani, Lilik Endang .2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Lingkaran Siswa Kelas IV SDN Soka 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. 3(1). 34â€44.

Setyowati, Nining, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7 (1). 24â€30.

Widiyatmoko dan Pamelassari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (1). 51â€56.

Hamid. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I NKN A SMK Negeri 3 Palopo. Alkhwarizmi. 2(1). 103â€118

Mutrofin, Siti Ana. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Berat dengan Media Timbangan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Puslitjak. Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan. 2015. Jakarta: Kemendikbud BPPPPK.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles