MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NURUL ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v7i2.12293Keywords:
Media pembelajaran, Belajar Bahasa Arab, Kosakata Bahasa Arab, Learning Media, Learning Arabic, Arabic Vocabulary.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab ditingkat Madrasah, yang nantinya akan berdampak pada  empat kompetensi yang harus dicapai siswa yaitu kemampuan menyimak (Istima’), berbicara (kalam), membaca (Qira’ah), dan menulis (kitabah). Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini mencatat bahwa; 1). Madrasah Ibtida’iyah Nurul Islam memiliki beberapa media pembelajaran bahasa Arab seperti, alat peraga, LCD, papan tulis dan buku paket Bahasa Arab, serta terdapat media pendukung yang dibuat oleh guru bahasa Arab seperti; kartu kosakata, kartu bergambar, cerita pendek, poster berbahasa Arab, papan bahasa Arab, kotak tata bahasa, video pembelajaran, dan lagu berbahasa Arab. 2). Cara penggunaan media pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Islam berfariasi, seperti; penyesuaian dengan tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, metode pembelajaran yang digunakan, bahkan penggunaan media pembelajaran juga divariasikan sesuai dengan kondisi siswa, sehingga berdampak pada pemberian pemahaman kepada siswa terkait materi yang telah diajarkan, munculnya motivasi siswa, mengikis rasa bosan siswa, meningkatkan daya ingat siswa, dan meningkatkan daya kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.
Abstract: This study aims to find out the various uses of Arabic language learning media at the Madrasah level, which will later have an impact on the four competencies that students must achieve, namely listening (Istima'), speaking (kalam), reading (Qira'ah), and writing (kitabah) skills. The methodology used in this research is a qualitative approach with the data collection process using interviews and observation. The results of this study noted that; 1). Madrasah Ibtida'iyah Nurul Islam has several Arabic learning media such as teaching aids, LCDs, blackboards and Arabic textbooks, and there are supporting media made by Arabic teachers such as; vocabulary cards, picture cards, short stories, Arabic posters, Arabic boards, grammar boxes, learning videos and Arabic songs. 2). How to use Arabic learning media at MI Nurul Islam varies, such as; adjustments to the learning objectives, the material being taught, the learning methods used, even the use of learning media is also varied according to the conditions of the students, so that it has an impact on providing understanding to students regarding the material that has been taught, the emergence of student motivation, eroding student boredom, improving memory students, and increase the creativity of students in the learning process.References
Abd. Wahab Rosyidi, Mamlu’atul Ni’mah, Memahami konsep dasar pembelajaran Bahasa Arab.( Malang: UIN-maliki Press, 2012)
Abdurochman, Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya, (Bandar lampung: AURA, 2017)
Agus Pribadi, Benny dan Dewi Padmo Putri, Ragam Media dalam Pembelajaran, cet. V ,Jakarta:PAU-PPAI, 2015.
Ahamad Salim, Muhammad, Wasail Al-ta`limiyah Fit a`lim Al-lugah Al-arabiyah Lugah Ajnabiyah, Jakarta: LIPIA, 2010
Andrew Fernando Pakpahan dkk, Pengembangan Media Pembelajaran (Yayasan Kita Menulis, 2020)
Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas sekolah, cet II, Bandung:Yarma Widiya, 2018
Djalle, Zaharuddin G dan Bambang P. Reksowardojo, 3D Studio Max Plug-Ins, Bandung:Informatika, 2016
Jihad Asep dan Haris Abdul, Evaluasi Pembelajaran (Yogyakarta : Multi pressindo, 2013)
Lee, Kwuang-wu. 2000,English Teachers` Barriers to the USE of Computer-assisted Language Learning. The Internet TESL Journal. Vol. VI, No. 12, Desember 2000. http:/www.aitech.ac/jp/~iteslj/
Madcome, Macromedia flash MX 2004, Yogyakarta, 2014
Mappanyompa, 2020. M. Cadre As Early Education In Understanding Islam And Muhammadiyah. Proc. ICECRS 7, 2020.
Mahmudah, Umi dan Abdul Wahab Rasyidi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:UIN- Malang Press, 2018
Mustofa Aby Hamid dkk, Media Pembelajaran (Yayasan kita menulis, 2020)
Prastati, Triani dan Prasetya Irawan, Media Sederhana, Jakarta:PAU-PPAI, Universitas
Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014)
Teni Nurrita, Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Misykat, Volume 03, nomor 01, Juni 2018.
Teuku Sanwil dkk, pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa SD/MI (Yayasan Penerbit Zaini Aceh, 2021)