IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 KOTA MATARAM TAHUN 2018

Authors

  • Muhammad Musfiatul Wardi Muhammad Musfiatul Wardi

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1285

Keywords:

Implementasi, Pendidikan karakter, Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Abstrak: Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai langkah awal dan sebagai tolak ukur madrasah untuk pelaksanaan pendiddikan karakter dan mengetahui strategi yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembentukan karakter siswa serta tantangan atau hambatan yang di hadapi. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengunakan model miles and huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Mataram di lakukakan melalui kegiatan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, kegiatan rutin dan kegiatan ekstrakulikuler,serta kegiatan dalam bentuk  kebijakan yang di terapkan di MIN 1 Kota Mataram ng di tanamkan, dengan mengacu pada 4 (empat) model pembelajaran karakter yakni, pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan CTL (Contextual Teaching Learning).

Abstract: The objective of the research is to take the initial step and as a benchmark for the madrasah for the implementation of the character and know the strategies used in implementing character education in the formation of student characters as well as Challenges or obstacles faced. This type of research is qualitative deskriftif. The data collection techniques used are, observations, interviews, and documentation. Data is analyzed by using miles and Huberman model, data reduction, data display, and conclusion withdrawal. The results showed that the process of implementing character education in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Mataram City is conducted through activities in the learning process in class and outside the classroom, routine activities and extracurricular activities, As well as activities in the form of policies applied in MIN 1 Mataram City ng, with reference to 4 (four) models of character learning namely, habituation, transparency, coaching the discipline of learners, and CTL (Contextual Teaching Learning).

References

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013

Agus Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berkepribadian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Persfektif Perubahan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011),

Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter Konstruksi Teorotik & Praktik, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2016),

Jamal Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, (Jogjakarta: Diva Press,2011)

Sukarjo dan Ukim komarudin, Landasan pendidikan konsep dan aplikasinya, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2013),

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Dimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014),

Nurul Zuriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, (Jakarta: PT Bumi Aksara,2011)

Sukarjo dan Ukim komarudin, Landasan pendidikan konsep dan aplikasinya, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2012)

Tuhana Taufik Adrianto, Mengembangkan Karakter Sukses Amak di Era Cyber, (Jogkakarta: Ar-Ruzz Media,2011)

Thomas Lickona, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, (Bandung: Nusa Media,201 4)

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Dimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014),

Thomas Lickona, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, (Bandung: Nusa Media,201 4),

Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2012).

Tuhana Taufik Andrianto, Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber, (Jogkakarta: Ar-Ruzz Media,2011),

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Penidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Group,2011),

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implemantasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, ( Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2016).

Downloads

Published

2019-11-19

Issue

Section

Articles