PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU PAI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK AL-KAHFI SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1311Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kemampuan Berpikir kreatif Siswa.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk: Membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh kompetensi Pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Al-Kahfi Sumbawa Tahun pelajarn 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan koesioner/angket, dokumentasi dan observasi. Tekhnik analisi data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda kemudian di hitung dengan menggunakan aplikasi SPSS 16,0. Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi linier sederhana yaitu: 1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 14,566 > ttabel 2,000. 2) Terdapat pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 10,680 > ttabel 2,000. 3) Hasil perhitungan dengan menggunakan regresi liner berganda yaitu Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru PAI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nila F hitung 11.079 > 3,11. pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y.
 Abstract: This research aims to prove the presence of the pedagogic influence and social competence of Islamic education teacher in the creative thinking skills of Vocational High School’s student of Alkahfi in academic year 2018/2019. This research uses Quantitative approaches with data collection techniques using questionnaires, documentation, and observations. The data analysistechnique uses simple linier regression analysis and multiple liniear regression then calculated by using the SPSS 16.0 aplication.The calculations with simple liniear regression result are: 1) A pedagogic competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.000 < 0,05 and the calculated T value of 14.566 > T Table 2.000. 2) A social competence influence Islamic Education teachers to the creative thinking skills of students, acquired significance value of 0.002 < 0.05 and the calculated T value of 10.680 > T table 2.000. 3) calculation result by using linier regression A double is the influence of the pedagogic and social competence of PAI teacher toward the student’s creative thinking, the significance value for the simultaneous influence of XI and X2 against Y is 0.000 < 0.05 and the F count 11.079 > 3.11. Effec of X1 and X2 simultaneously against Y.
References
Ahmad Mustamil Khoiron & Eddi Sutadji, “Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruanâ€, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 22 Nomor 2, Oktober 2015.
Alfira Mulya Astuti, Statistika Penelitian, Mataran : Insan Madani Publishing Mataram, 2016.
Anasa Sudijono, Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2012.
As’adut Tabi’in, “Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekana Heran Indragri Huluâ€, Jurnal AL- Thariqah 1, no 2 Desember 2016.
Asef Umar Fakhruddin, Menjadi Guru Faforit (Pengenalan, Pemahaman, dan Praktek mewujudkannya), Yogyakarta: Diva Press, 2009.
Chaerul Rohman dan Heri Gunawan, Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru; Menjadi Guru Yang di Cintaidan di Teladani oleh Siswa. Bandung: Nuansa Cendekia, 2012.
Dedeh Tresnawati Choridah, “Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMAâ€, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung . Vol 2, No 2, September 2013.
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Euis karwati & Donni Juni Priansa, Manajemen Kelas; Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta, 2015.
Evis Karwati dan Donni Juni Priansa, Manajemen Kelas Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta, 2015.
Faisal Subair, “Karakteristik Perusahaan dan Industri Terhadap Pengungkapan dalam Laporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Go Publikâ€, Jurnal Emba Vo. 1 No.3 Juni 2013.
Febri Dwi Cahyani, Fitri Andriani, “ Hubungan Antara Presepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Giuru dengan Motivasi Berpretasi siswa Akselerasi di SMA Negeri 1 Gersikâ€, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 3 No. 2, Agustus 2014.
Feralis Novalis, KompetensiGuru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 3 No. 1, Februari 2015.
Fitriani Nur Sholichan, “Pengaruh EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Al-Kautsar Blimbing-Malangâ€, Tesis.
H.A.R Tilaar, Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2012.
Hendra Surya, Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia, 2011.
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia, Guru dan Dosen. Bandung : CV. Nuansa Aulia, 2006.
https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-dengan-spss.html, 18/05/2019, pkl 14.24 wita.
Ismail, “Peningkatan Kompetensi Pedagogik guru PAI dalam Pembelajaranâ€, Jurnal Mudarrisuna, Volume 4 Nomor 2, Juli-Desember 2015.
Lalu Mukhtar & Hully, Profesi Keguruan Tutuntan Bagi Para Pendidikan, Mataram: Alam Tara Institut, 2012.
Mahmud, Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
Maimun, Menjadi guru yang dirindukan, pelita yang menerangi jalan hidup siswa, Yogyakarta: Kurnia Alam Semesta, 2011.
Muh Ilyas Ismail, Kinerja dan kompetensi Guru dalam pembelajaranâ€,Lentera Pendidikan, Vol. 13 No. 1, 1 Juni 2010.
Reni Fahdini dkk, Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidikan di Kabupaten Sumedang, Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1, April 2014.
Rusdiana, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka setia, 2015.
Sa’adah, Pengeruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar siswa di Madarasah AliyahMa’arif Bangil, hlm.3 Di akses 18 Desember 2018, homepage: http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/download/143/137/
Sri Koriaty DKK, “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Jurusan TKJ Sekota Pontianakâ€, Jurnal pendidikan informatika dan sains, Vol 6. No 1. Juni 2017.
Sudarlan dan arifadin, Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Dosen di Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Samarinda, “Jurnal Eksis Vol. 12, No 1, tahun 2016, 5.
http://e-journal.polnes.ac.id/index.php/eksis/article/download/48/27,
Sugiono, Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2013.
Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.
Syofian Siregar, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Tatang Yuli Eko Siswano, Abdul Haris Rosyidi, Yuliani Puji Astuti, Ika Kurniasari, “Pemberdayaan Guru Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SDâ€, Jurnal Ilmu Pendidikan . Jilid 18, Nomor 2, Desember 2012.
Yeni Rachmawati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia TamanKanak-kanak, Jakarta: Kencana, 2010.