Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di MI Muhammadiyah Buntu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v8i1.14900Keywords:
pendidikan, dhuha, karakter, religius, education, prayer, religious, character, character buildingAbstract
Abstrak: Pendidkan untuk manusia sepanjang hayat, dengan pendidikan manusia menjadi dan mengerti banyak hal yang ada di dunia ini. Pendidikan memberikan ajaran dan bimbingan untuk setiap orang untuk  menjadi pribadi yang berilmu, berkarakter, berakhlak mulia, dan berpengetahuan yang  luas. Penelitian ini di laksanakan di MI Muhammadiyah Buntu kecamatan kroya kabupaten Cilacap, hasil penelitian untuk mengetahui pembentukan karakter siswa setelah melakukan pembiasaan sholat Dhuha. Manfaat penelitiaan  digunakan untuk melihat karakter religius siswa-siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dalam bentuk observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkata karakter religius siswa pada pembiasaan solat dhuha, pembiasaan solat dhuha bagi siswa akan membentuk karakter siswa yang religius.
References
Abdul Kadir dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Prenada Media Group.
Beny Prasetya, dkk. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Academia Publication.
Endang Ekowarni. (2010). Pengembangan Nilai-Nilai Luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa. http://belanegarari.wordpress.com/2009/08/25/pengembangan-nilai-nilai-luhur-budi-pekerti-sebagai-karakter-bangsa,
Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Man Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014- 2015). Spiritualita, 1(1), 43–54.
Hengki Wijaya. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Thekogia Jaffray.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasi. Alfabeta.
Kandiri Mahmudi. (2018). Penerapan Shalat Dhuha dalam Peningkatan Moral Siswa di Sekolah. Edupedia, 3(1), 14–17.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Mahmus. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya (2nd ed.). Alfabeta.
Maswardi Muhammad Amin. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Baduose Media.
Muhamadi, S. I., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/Jpai.2019.161-06
Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan (Cet-13). Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Neng Rina., dkk. (2021). Karakter Religius dalam Berbagai Sudut Pandang dan Implikasinya terhadap Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4).
Rajab. (2019). Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah Sd Al Hira Permata Nadiah Medan). Ansiru Pai : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 73–78. https://doi.org/10.30821/Ansiru.V3i2.5851
Uky Syauqiyyatus Su’adah. (2021). Pendidikan Karakter Religius: Strategi Tepat Pendidikan Agama Islam dengan Optimalisasi Masjid. Global Aksara Press.
Wahyono, N. (2017). Hubungan Shalat Dhuha Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Di Sma Muhammadiyah 7 Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).
Wulandari D. (2019). Dampak Pembiasaan Solat Dhuha Berjamaah Terhadap Peningkatan Moral Siswa Di SMA Syarif Hidayatullah Grati Zubaedi. In Desain Pendidikan Karakter (Cet-3). Kencana.