Penerapan Media Stik Es Krim Dalam Pembelajaran Matematika Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Kelas I Di MI-Persmin Wonokromo Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v8i1.14901Keywords:
pembelajaran, matematika, media, stik es krim,Abstract
Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan peneliti ialah penelitian Kualitatif deskriptif (observasi dan wawancara) dengan metode Analisis data kualitatif dilakukan secara induktif, yaitu penelitian kualitatif tidak dimulai dari deduksi teori tetapi dimulai dari fakta empiris. Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada di lapangan. Peneliti dihadapkan kepada data yang diperoleh dari lapangan. Peneliti menemukan permasalahan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Persmin Wonokromo, terutama pada pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan yang ada di kelas I yang masih belum bisa menghitung angka bilangan dengan baik, bahkan Menurut Wali Kelas I beliau mengatakan bahwasanya peserta didik hanya mampu menyebutkan bilangan angka sampai 20 itu pun hanya sebagian dari peserta didik yang bisa berhitung bilangan tersebut dengan benar. Bahkan, peserta didik masih kurang maksimal ketika menyebutkan angka bilangan puluhan yang lebih dari 20. Hasil penelitian peserta didik mampu menghitung dengan benar dan tepat ketika menggunakan media stik es krim dan efisiensi, serta Peserta didik lebih mengerti dan memahami tentang penggunaan alat peraga stik es krim dalam penjumlahan dan pengurangan dengan teknik menyimpan dan meminjam. Guru harus memperhatikan peserta didik supaya dapat meningkatkan Pemahaman pada mata pembelajaran matematika dan Memperbaiki proses belajar mengajar dalam pelajaran matematika di MI-Persmin Wonokromo Surabaya
Abstract: Â The type of research conducted by researchers is descriptive qualitative research (observations and interviews) with qualitative data analysis methods carried out inductively, namely qualitative research does not start from theoretical deduction but starts from empirical facts. Researchers go into the field, study, analyze, interpret and draw conclusions from the phenomena that exist in the field. Researchers are faced with data obtained from the field. Researchers found problems in Madrasah Ibtidaiyah Persmin Wonokromo, especially in learning mathematics addition and subtraction in class I who were still not able to count numbers properly, even according to the Class I Teacher he said that students were only able to name numbers up to 20 even then only some of the students can count these numbers correctly. In fact, students are still not optimal when mentioning tens digits which are more than 20. The results of the research are students are able to calculate correctly and precisely when using ice cream stick media and efficiency, and students understand and understand more about using ice cream stick teaching aids in addition and subtraction by saving and borrowing techniques. Teachers must pay attention to students so that they can increase understanding of mathematics learning subjects and improve the teaching and learning process in mathematics at MI-Persmin Wonokromo Surabaya.References
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May).
Arsyad, A., & Suhaemi, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar, Motivasi dan Minat Peserta Didik Menggunakan Metode Diskusi dan Media Stik Es Krim. INA-Rxiv.
Dini Ardiningsih. (2022). Penerapan Stick dalam berhitung Perkalian Matematika Pada Murid Cerebral PalsyTipe Spastik. Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies. http://eprints.unm.ac.id/24481/1/jurnal DINI ARDANINGSIH.pdf
Fahmi Basya. (2004). Matematika Islam. Penerbit Republika.
Lusi Marleni, L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 152.
M. Djunaidi Ghony & Fauzan Al-Mansyhur. (2012). Metodologi Penulisan Kualitatif. al-Ruzz Media.
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Silva Nurhikmah Sari. (2016). Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suheimi dan Wahyu Bagja. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas II Di SDN Srengseng Sawah 12 Pagi Kota Jakarta Selatan Menggunakan Diskusi dan Media Stik Es Krim. INA-Rxiv Papers. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/2y56k
Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.