ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nasrin Nabila Nasrin Nabila

DOI:

https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3692

Keywords:

Pendidikan, Inklusi, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Artikel ini  ini bertujuan mengkaji  pendidikan inklusif di sekolah dasar.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wanwancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualtatif dengan tiga tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendidikan inklusi adalah sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan anak yang memiliki kebutuhan khusus belajar bersama di linkungan sekolah reguler tanpa melihat perbedaan, (2) di Indonesia pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di atur dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 15, Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 dari pasal 1-15, dan Surat Edaran Dirjen Nomor 380/C.C6/MN/2003 tanggal 20 Januari 2003 tentang pendidikan inklusif, (3) pelaksanaan pembelajaran pada pendidikan inklusif di sekolah dasar harus mempertimbangkan prinsip pembelajaran dan menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dari semua anak, (4) Untuk anak yang berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum yang telah dikembangkan sesuai dengan standar nasional dan wajib mengikuti ujian nasional, (5) pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Taman Muda Yogyakarta dilaksanakan dengan sistem klasikal, kelas khusus, kelas keterampilan dan kesenian.

Abstract:  This article aims to review inclusive education in primary schools.. This research uses qualitative approach with field study method. Data collection techniques from this research are wan interview and documentation. Data analysis is done in a quadative way with three stages, namely data reduction, data display and conclusion/ verification. The results of this study show that (1) inclusion education is an education service system that involves children who have special needs to learn together in regular school links without seeing differences, (2) in Indonesia education for children with special needs is regulated in Law No. 20 of 2003 on the national education system article 15, Permendiknas No. 70 of 2009 from article 1-15, and Circular Letter of the Director General No. 380/C.C6/MN/2003 dated January 20, 2003 on inclusive education, (3) the implementation of learning in inclusive education in elementary schools must consider the principles of learning and adjust to the learning needs of all children, (4) For children with special needs using the curriculum that has been developed in accordance with national standards and must take national examinations, (5) The implementation of inclusion education at SD Taman Muda Yogyakarta shall be conducted with classical system, special class, skill and arts class.

References

Ajuwon, Paul M, Nora Griffin-shirley, dan Frank E Mullins. “Missouri State University.†The Grants Register 2021 27 (2020): 574–75. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95988-4_617.

Cossio, María Laura T, Laura F Giesen, Gabriela Araya, María Luisa S Pérez-Cotapos, Ricardo López Vergara, Maura Manca, R. a. Tohme, et al. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.†Uma ética para quantos?, 2012. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Darma, Indah Permata, dan Binahayati Rusyidi. “Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia [The implementation of inclusive schools in Indonesia].†Prosiding KS:Riset & PKM, 2003.

Ilahi, Mohammad Takdir. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2013.

Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan 1. Gaung Persada, 2009.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. “Permendiknas 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.†Permendiknas 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif, 2009.

Kustawan, Dedi, dan Budi Hermawah. Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Jakarta: Luxima Metro Media, 2013.

Olivia, Stella. Pendidikan Inklusi Untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus - Diintegrasikan Belajar disekolah Umum. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Pradiastuti, U. Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. Bandung: UPI Press, 2010.

Smith, J. David. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Alfabet, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1.†Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, 2015.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta, 2018.

Wijayanti, Tarindra Puspa, Wiwi Afita, dan Grehas Wilantanti. “Pengaruh Sekolah Inklusi Terhadap Kepekaan Sosial Anak SD Slerok 2 Kota Tegal.†Journal of Creativity Student 2 (2019).

Yusuf, Muhammad. Model Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2014.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualiatif & Penelitian Gabungan. Cetakan Ke. Jakarta: Prenadamedia, 2019.

Downloads

Published

2020-12-17

Issue

Section

Articles