DAMPAK PENERAPAN METODE ASY-SYAFI'I DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5196Keywords:
Metode Asy-Syafi’I, Tahsin, Pembelajaran Qur’an, Belajar MengajiAbstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah: Menganalisis dan mendeskripsikan dampak penerapan metode Asy-Syafi'i dalam pembelajaran Tahsin Al- Quran di Mushallah Ahsanul Qolbu Perumahan Griya Sehati Terongtawah dengan menjadikan peserta didik lebih mandiri, lebih aktif dan tidak membosankan didalam proses pembelajaran, metode yang diberikan didalam buku ini menggunakan pola latihan-latihan kemandirian dan berkesinambungan. Jenis Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) langsung dari lokasi penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, menyajikan data, hingga memverifikasi dan menyimpulkan data. Adapun hasil penelitian ini yakni penerapan metode Asy-Syafi’i yang dilakukan guru dalam pembelajaran al-Qur‟an  sangat  berdampak  baik  terhadap  kemampuan  membaca  al-Qur‟an peserta didik, perencanaan pembelajaran, dan evaluasi  pembelajaran tidak terlepas dari ketentuan baku metode Asy-Syafi’i yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan kemandirian, evaluasi dan penutup.
The purpose of this research is: Analyzing and describing the impact of the application of ash-Shafi'i method in the learning of Tahsin Al-Quran in Mushallah Ahsanul Qolbu Housing Griya Sehati Terongtawah by making students more independent, more active and not boring in the learning process, the methods given in this book use the pattern of self-reliance and continuous exercises. The type of research that the authors conducted is field research directly from the research site using observations, interviews, and documentation which is then analyzed using interactive analysis techniques of Model Miles and Huberman which include data reduction, presenting data, to verifying and concluding data. The results of this study is the application of ash-Shafi'i method conducted by teachers in the learning of the Qur‟an has a good impact on the ability to read the Qur'an‟an learners, learning planning, and evaluation of learning is inseparable from the standard provisions of the method of Ash-Shafi'i namely opening, apersepsi, planting concepts, understanding concepts, exercises / skills independence, evaluation and closing.
References
Alamsyah. (2015). ilmu-ilmu hadits (Ŭlūm al-Hadīś). CV. Anugrah Utama Raharja (AURA).
Bungin, B. (2011). Komunikasi,Ekonomi,Kebijakan Publik,dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada Media Group.
Creswell, J. W. (2010). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Darwin. (2018). Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid dan Tahsin Terhadap hasil belajar Al-quran (Studi Kasus Pada Siswa Madrasah Aliyah Negri 1 Kendari Sulawesi Tenggara). Fikratuna, 9, 82–91.
Ishaq, A. H., & Nawawi, R. (2017). Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah. Qof, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926
Mappanyompa, M. M., & Mustapa Ali, M. A. M. A. (2017). Urgensi Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Va Min Malang 2. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 2(2), 54. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1049
Mubarak, H. (2013). Upaya Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal Studia Insania, 1(1), 39. https://doi.org/10.18592/jsi.v1i1.1078
Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.
Prastowo, A. (2011). No image available for this title Metode Penelitian Kualitatif (M. Sandra (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Purba, A. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai al- Qur ’ an … Mendidik Anak dalam Mencintai al- Qur ’ an …. 08(02), 347–368.
Rahmi, E. (2019). Buku Modul Metodologi Pengajaran Al-Quran Hadis. Deepublish.
Satria, E., Tresnawati, D., & Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1), 74–81. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-1.74
Shihab, Q. (2011). Membumikan Al-Qur’an (2nd ed.). Penerbit Lentera Hati.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode penelitian pendidikan (11th ed.).
Usman, A., & Ansyari, H. (2016). Pelatihan Metode membaca Al- Qur’an Berbasis Qiraah Asy- Syafi’i bagi Mahasiswa FIK UNM. Prosiding Seminar Nasional, 408–412.