PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BERBASIS KOMUNIKATIF INTERAKTIF DALAM BINGKAI PEMBELAJARAN KITAB KUNING
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5201Keywords:
Keterampilan berbicara bahasa Arab, Komunikatif interaktif, Kotab kuning.Abstract
Abstrak: Problematika yang sering ditemukan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa arab adalah problem liguistik yang kendala dalam menemukan ide-ide pokok dalam konteks pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam berbicara untuk menjelaskan untuk atau memberikan argument terkait materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini berakibat pada multi tafsir dan pesan-pesan pembelajaran menjadi sulit untuk dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui problematika dan solusi apa yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian: Problematika dan solusi yang dilakukan dalam peningkatan kemampuan berbicara berbasis komunikatif intraktif dalam bingkai pembelajaran kitab kuning terdiri dari beberapa faktor yaitu: bakat, minat, motivasi dan kemampuan awal siswa yang termasuk pada faktor internal. Sedangkan faktor eksternalnya terdiri dari guru, kurikulum dan milieu.
Problems that are often found by teachers in the process of learning Arabic language is liguistic problems that constraints in finding the main ideas in the context of learning so that students have difficulty in speaking to explain to or give arguments related to the material delivered by the teacher. T his results in multi-interpretation and learning messages becoming difficult for students to understand. This study aims: To find out the problem and what solutions are done in improving the ability of Arabic speaking skills. This study uses a qualitative approach, with the aim of understanding the phenomenon of what the study subjects experienced. Data collection techniques using observation techniques, interviews, documentation. Data analysis using the Miles and Hubberman models: (1) data reduction (2) data presentation and verification. The results of the study: Problems and solutions conducted in improving the ability to speak communicatively intractive in the frame of learning the yellow book consists of several factors, namely: talents, interests, motivations and early abilities of students included in internal factors. While the external factors consist of teachers, curriculum or materials and milieu.
References
Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2019.
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Stategi belajar mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011
Alex sobur, Psikologi umum, Bandung: pustaka setia, 2013
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2013
Azhar Arsyad, Media pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2018
E.G. Cohen, Designing Groupwork: Strategies For the Heterogeneous Classroom. New York: Teachers Cpllege Press. 2016
Hidayat, Musyikilat Taris Ta’lim Al-Arabiyah Fi Indonesia Wa Ilagiha, AlMuwajah Fi Ta’lim Al-Lughoh Al-Arabiyah, Jakarta:2018
Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Matthew B. Milles dan A. Micheal Haberman, Analisis Data Kualitatif terj. Tjeptjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia, 2014.
M. Ainin dkk, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Myskat, 2016.
M. Farid dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Berbahasa. Jakarta: 2017
Mappanyompa, M. M., & Mustapa Ali, M. A. M. A. (2017). Urgensi Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Va Min Malang 2. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 2(2), 54. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1049
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015
Sri Wahyuni, dkk, Bahasa Indonesia 1, Surabaya : Lapis – PGMI , 2018
Taufik Hidayat dkk. Rancangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun dalam Pembelajaran Berbicara. Jakarta: 2019
Teti Nulyati, dkk, Bahasa Indonesia,Jakarta : Universitas Terbuka, 2011
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional
W.M. Rivers, Interaktive Language Teaching. Cambridge, England: Cambridge University Press. 2017
Wina sanjaya, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: kencana
Yudhi Munadhi, Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru), Jakarta: Gaung Persada, 2012.
Zulela, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Bandung : PT RemajaRosdakarya.