PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGUS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5203Keywords:
Pendidikankarakter religius, Ekstrakurikuler Adzan, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Abstrak:
Penanaman pendidikan karakter religus yang coba ditanamkan pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pesayangan salah satunya dilakukan melalaui kegiatan ekstrakurikuler Adzan yang diikuti oleh seluruh peserta didik laki-laki mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Kegiatan yang sangat disambut baik oleh orangtua peserta didik ini diharapkan mampu menguatkan karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara terhadap guru, Kepala Madrasah serta orangtua peserta didik dan metode dokumentasi dilakukan guna mengamati hasil pelaksanaan kegiatan ekstrakurikluer adzan tersebut.
The planting of religious character education that is trying to be instilled in students at the Muhammadiyah Pesayangan Ibtidaiyah Madrasah is one of them carried out through extracurricular adhan activities which are followed by all male students starting from grade 1 to grade 6. This activity is very welcomed by the parents of these students. is expected to be able to strengthen the religious character of students. This study used a qualitative research design. The data was collected through the interview method with the teacher, the head of Madrasah and the parents of the students and the documentation method was used to observe the results of the extracurricular activity of the adhan.
References
Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Agus Wibowo. 2012 Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Bagus Mustakim. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan KarakterEmas Indonesia Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru
Depdiknas. 2013. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas
Doni Koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di ZamanGlobal Jakarta : Gramedia
Kementrian Agama RI. 2015. Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI
Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masnur Muslich. 2011 Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Muchlas Samani & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan KarakterAnak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muhammad Jawad Mughaniyah. 2007. Fiqih Lima Madzhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali/Muhammad Jawad Mughniyah. Jakarta : Penerbit Lentera
Siti Asdiqoh. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. INSANIA Vol. 25 No. 1 IAIN Salatiga
Thomas Lickona. 2013. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalamLembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana