EFEKTIFITAS WHATSAPP SEBAGAI MEDIA BELAJARAN DARING PADA PELAJARAN AQIDAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5204Keywords:
Efektifitas, whatsapp, Belajar, DaringAbstract
Abstrak: Belajar daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Whatsapp group dan lainnya. Dan berbeda jauh dengan belajar luring, system belajar luring adalah system pembelajaran yang memerlukan tatapmuka. Whatsapp Group adalah salah satu pilihan model pembelajaran daring yang dipilih dosen pengampu mata pelajaran Aqidah di universitas Muhammadiyah Mataram. Maka penting untuk menelisik bagaimana efektifitas belajar daring melalui Whatsapp. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada jurusan Ilmu Pemerintahan Semester 1 (satu). Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui Whatsapp pada mahasiswa sangat efektif dan sebagai solusi belajar dimasa pandemic Covid-19. Hal ini terlihat dari persentase sample yang diuji sebanyak 45 orang, dengan hasil 42 responden menyatakan sangat efektif dengan perhitungan 42/45 x 100 % = 93,3 % dan 3 orang responden menyatakan kurang efektif dengan perhitungan 3/45 x 100 % = 6,6 %.Â
Online learning is a learning method that uses an interactive model based on the internet and the Learning Management System (LMS). Like using Zoom, Google Meet, Whatsapp groups, and more. And in contrast to offline learning, the offline learning system is a learning system that requires face-to-face. Whatsapp Group is one of the choices of online learning models chosen by lecturers who teach Aqidah subjects at muhammadiyah university Mataram. So it is important to explore how effective online learning is through Whatsapp. Researchers conducted field research with a descriptive qualitative approach in the department of Government Science Semester 1 (one). The results show that online learning through Whatsapp in students is very effective and as a learning solution during the Covid-19 pandemic. This can be seen from the percentage of samples tested as many as 45 people, with the results of 42 respondents declared very effective with the calculation of 42/45 x 100 % = 93.3 % and 3 respondents declared less effective with the calculation of 3/45 x 100 % = 6.6 %.
References
Abdurrahman. (2019). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. JurnalRealita, 4, 700–705.
Aldila, N. (2020, Mei). 25 Juta Orang DiperkirakanKehilanganPekerjaanAkibat Covid-19. https://kabar24.bisnis.com/read/20200519/ 15/1242794/25-juta-orang-diperkirakankehilangan-pekerjaan-akibat-covid-19
Arhando, P. (2019, September 26). Ternyata 60% Orang Indonesia Belum Nikmati Internet. https://lifepal.co.id/media/penggunaaninternet-masih-timpang-di-indonesia-inifaktanya/
Atsani, L. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid19. 1, 44–45.
Mappanyompa, & Ali, M. (2017). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Lingkungan Dan Permainan Untuk Meningkatan Kualitas Baca Tulis Al- Qur’an. 2(2), 54–80.
Efektivitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring – MirzonDaheri, Juliana, Deriwanto, Ahmad DibulAmda DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.445
PANDEMI VIRUS CORONA. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2. 2950
CNN, T. (2019, February 3). Kecepatan Internet Indonesia ke-2 Terbawahdari 45 Negara. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190201152441-185-365734/ ecepataninternet- indonesia-ke-2-terbawah-dari-45negara
CNN, T. (2020, March 14). AniesTutupSekolahDua Pekan dan TundaUjian Nasional di DKI. https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 0200314131859-20-483393/anies-tutupsekolah-dua-pekan-dan-tunda-ujiannasional-di-dki
Daheri, M., &Warsah, I. (2019). Akhlak: RelasiantaraSekolah dan Keluarga. At-Turats : JurnalPemikiran Pendidikan Islam, 13, 3–20.
Damanik, C. (2013, Mei). Jarak IdealismeKurikulum dan Realitas. https://edukasi.kompas.com/read/2013/05/ 06/11252265/jarak.idealisme.kurikulum.dan.realitas?page=all
Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. 2(1), 7.
Dikdas, D. (2020, April 10). KemendikbudHadirkan Program ‘Belajar Dari Rumah’ di TVRI. http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/readnews/kemendikbud-hadirkan-programbelajar-dari-rumah-di-tvri
Harususilo, Y. (2020, March 17). Belajar di Rumah, Cara UnikSekolah: KirimTugasLewat WA Orang Tua, ApaLagi. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/ 17/160835971/belajar-di-rumah-cara-uniksekolah-kirim-tugas-lewat-wa-orangtuaapa-lagi?page=all
Herliandry, L. D., Suban, M. E., &Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 6.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., &Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang TuadalamMendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. JurnalObsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Laoli, N. (2019, March 26). MenkominfoAkui Pembangunan Jaringan Internet di Indonesia Belum Merata. https://regional.kontan.co.id/news/menko minfo-akui-pembangunan-jaringaninternet-di-indonesia-belum-merata
Lestari, S., Sar‟an, &Budiman, fajar. (2020). PengaruhLiterasiAkidahAkhlak Dan TemanSebayaTerhadapAkhlakSiswa. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 5, 107–124.
Nufus, W. (2020, March 14). Anies: PenutupanSekolahadalahKewenangan Daerah, SudahKoordinasikeKemendikbud. https://news.detik.com/berita/d4938973/anies-penutupan- sekolahkewenangan-daerah-sudah-koordinasi-kekemendikbud.