STRATEGI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i2.6303Keywords:
Peran orang tua, Pembelajaran dari rumah, Covid - 19Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi orang tua dalam pembelajaran dari rumah masa pandemi Covid-19, di BTN Griya Praja Asri Desa Jatisela. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yaitu orang tuasiswa, kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memerlukan strategi dalam pembelajaran dari rumah masa pandemi Covid-19 di BTN Griya Praja Asri Desa Jatisela. Adapun Strategi yang dapat dilakukan orang tua dalam pembelajaran dari rumah masa pandemi Covid-19 di BTN Griya Praja Asri Desa Jatisela adalah sebagai berikut: menyediakan tempat belajar yang memadai, memperhatikan durasi waktu belajar; memahami gaya belajar anak apakah anak cenderung memiliki gaya belajar visual, audio visual, atau kinestetik; memperhatikan perilaku selaku orang tua, seperti menghindari hal-hal yang dapat merusak mood belajar anak; menyiapkan cemilan buat anak; menjauhkan benda yang menyebabkan anak kurang fokus ; membuat jadwal belajar seperti halnya belajar di sekolah dengan memperhatikan kesiapan dan minat anak; menyisipkan waktu bermain agar anak tidak bosan; menyediakan waktu khusus untuk membaca; menyediakan waktu istirahat anak yang cukup; selalu berkomunikasi dengan anak terkait kesulitan belajar atau hal yang dibutuhkan anak saat belajar; memotivasi anak bahwa pembelajaran dari rumah juga hal yang menyenangkan dan mudah sama halnya seperti belajar di sekolah; bersinergi dengan sekolah terkait pembelajaran yang akan dilakukan; membuat pembelajaran lebih sederhana, menyenangan dan bermanfaat untuk anak.
Abstract:
This study aims to determine the strategy of parents in learning from home during the Covid-19 pandemic, at BTN Griya Praja Asri Jatisela Village. This research is a qualitative research through a descriptive approach with research subjects namely parents, school principals and teachers. Data collection was taken through interviews, observation, documentation. The results showed that parents needed a strategy in learning from home during the Covid-19 pandemic at BTN Griya Praja Asri Jatisela Village. The strategies that parents can do in learning from home during the Covid-19 pandemic at BTN Griya Praja Asri Jatisela Village are as follows: provide an adequate place to study, taking into account the duration of study time; understand the child's learning style whether the child tends to have a visual, audio-visual, or kinesthetic learning style; pay attention to behavior as a parent, such as avoiding things that can damage the child's learning mood; prepare snacks for children; keep objects that cause children to lose focus; make a study schedule as well as studying at school by paying attention to the readiness and interests of children; insert play time so that children do not get bored; provide special time for reading; provide adequate rest time for children; always communicate with children regarding learning difficulties or things that children need while studying; motivate children that learning from home is also fun and easy, just like learning at school; synergize with simpler, fun and useful schools related to the learning to be carried out; make learning for children
References
Abuddin nata, perspektif islam tentang strategi pembelajaran, (jakarta: kencana prenada, 2009), hlm. 206.
Cahana, nana. 2020. Pembelajaran daring dan peran ganda orang tua. Kompasiana. Diakses 6 mei 2021 pukul 14.25 wita
Cahyadi, nurdin. 2020. Pengaruh corona terhadap dunia pendidikan. Disdik .purwakartakab. Go.id. Di akses 22 maret 2021, pukul 11.30 wita
Departemen pendidikan nasional, kamus besar bahasa indonesia pusat bahasa, edisi keempat, (jakarta: gramedia pustaka utama, 2012). Hlm. 1340.
Farouk wawancara tanggal 20 mei 2021
Syukron, wawancara tanggal 23 mei 2021
file:///c:/users/user/appdata/local/temp/104-article%20text-353-1-10-20201223.pdf
http://pusdatin.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/05/panduan pembelajaran-jarak-jauh-belajar dirumah-masa-c-19.pdf
Https://www.kemdikbud.go.id/main/block/2020/04/kemendibud-hadirkanprogramtayangan-belajar-dari-rumah-di-tvri, 22 maret 2021 , pukul 12.45 wita
https://jurnal.uhnp.ac.id/psnuhnp/article/view/118/137
Https://spab.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/07/menyiapkan-pembelajaran-di-masa-pandemi-1.pdf
Https://Guruberbagi.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Metode-Pembelajaran-Mode-Luring-Sistem-
Pertahanan-Tubuh-Dan-Implikasinya-Terhadap-Penyebaran-Covid-19/ (Diakses, 20September 2021)
Iskandar wassid, dadang sunendar, strategi pembelajaran bahasa, (bandung : remaja rosdakarya, 2008),. Hlm. 03
Imron, ali. 2016. Pendidikan kepribadian anak menurut abdullah nashih ulwan. Jurnal edukasi islamika, tahun 2016.
Jurnal kelas v sdn 01 jatisela
Kemendikbud, se mendikbud: pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masadarurat penyebarancovid19,http://www.kemdikbud.go.id/main/block/2020/03/se-mendikbud pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-peneybaran-covid19, diakses 22 maret2021, pukul 12.25 wita
Kepseksdn 1 jatisela wawancara tanggal 23 mei 2021
Khairani, wardina. 2019. Peran orang tua terhadap penggunan media internet dalam perilaku keagamaan anak (studi pada keluarga muslim di kelurahan bandar jaya barat kecamatan terbanggi besar) . Lampung:
Mela arnani, mengenal virus corona, masih keluarga sars dan mers sebabkanpneumonia, https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/23/102537965/mengenal-virus-coronamasih-keluarga-sars-dan-mers-sebabkan-pneumonia?page=all, diakses
maret 2021 pukul 10.30 wita ni'mah. Peranan orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan sholat lima waktu dilingkungan pasar kahayan palangka raya (studi terhadap lima kepala keluarga yang berprofesi sebagaipedagang). Palangkaraya
Valeza, alsi rizka. 2017. Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung. Uin raden intan lampung.
Syaiful bahri djamarah dan aswan zain, strategi belajar mengajar, ( jakarta: rinneka cipta, 2006), hlm. 38.
Saleh ending, wawancara tanggal 10 mei 2021
Salmurniati, guru sdn 1 jatisela wawancara tanggal 23 mei 2021
Suhartati, guru sdn 1 jatisela wawancara tanggal 23 mei 2021
Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagiPendidik/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (Jakarta: Kencana, 2010),131