Perspektif Dan Dinamika Komunikasi Multikultural Ormas Islam Muhammadiyah Di Universitas Muhammadiyah Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/jail.v7i1.19365Keywords:
perspektif, perspective, dynamic, dinamic, value, Islam, moderat, moderatism, muhammadiyahAbstract
Abstrak: Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tempat penelitian ini di Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT). Tujuan dari artikel jurnal ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis persfektif dan dinamika komunikasi multicultural ormas Islam muhammadiyah dengan nilai-nilai Islam moderat dalam pembelajaran al-Islam di Universitas Muhammadiyah Mataram. Hasil penelitian dalam artikel ini adalah: Dalam persfektip dan dinamika komunikasi multicultural dapat di internalisasikan melalui internalisasi nilai Islam moderat yang dikembangkan berupa toleransi, tajdid, tajrÄ«d, al tawasuth, al muwÄjahah, al tawÄzun, al i'tidÄl, musyÄrakah, harmoni, kebersamaan, kejujuran dan disiplin, al muhÄfadzotu 'ala qodÄ«mi al sholeh wa al akhdzu bi jadÄ«di al ashlah. Implementasi dari pembelajaran al-Islam moderat ini terinspirasi dari pemikiran tokoh Muhammadiyah terutama KH.Ahmad Dahlan tentang Islam Wasatiyah dan nilai-nilai ini ditanamkan kepada mahasiswa melalui pembelajaran AIK di kelas dan seluruh komunitas akademik melalui kegiatan LP3IKAbstract: This research uses a qualitative type with a case study approach. The place of this research is at the Muhammadiyah University of Mataram (UMMAT). The purpose of this journal article is to describe and analyze the perspective and dynamics of multicultural communication of Muhammadiyah Islamic mass organizations with moderate Islamic values in al-Islam learning at Muhammadiyah University of Mataram. The results of the research in this article are: From the perspective and dynamics of multicultural communication, it can be internalized through the internalization of moderate Islamic values which are developed in the form of tolerance, tajdid, tajrÄ«d, al tawasuth, al muwÄjahah, al tawÄzun, al i'tidÄl, musyÄrakah, harmony, togetherness, honesty and discipline, al muhÄfadzotu 'ala qodÄ«mi al sholeh wa al akhdzu bi Jadidi al Ashlah. The implementation of moderate al-Islam learning is inspired by the thoughts of Muhammadiyah figures, especially KH. Ahmad Dahlan, regarding Wasatiyah Islam and these values are instilled in students through AIK learning in class and throughout the academic community through LP3IK activities
References
Abdul Munip. (2016). Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah", dalam Mahmuddin, Dakwah Kontemporer dan Radikalisme Agama di Bulukumba. Al-Ulum, 16(2), 457.
Ahdar Djamaluddin, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Kaaffah Learning Center.
Arifin Anwar. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Graha Ilmu.
Aziz, M. H. (2018). Konglomerasi media antara konvergensi media dan kebebasan berpendapat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(3), 209–226. https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3203
Azra. n.d. (2016). Kontestasi Pemikiran Islam Indonesia Kontemporer. Jurnal Azra Studia Islamika, 23(1).
Azra, A. (2016). Distinguishing Indonesian Islam: Some Lessons to Learn. Islam in Indonesia: Contrasting Images and Interpretations, 63–74.
Azra, A. (2018). Kesalehan dan Politik: Islam Indonesia. Studia Islamika, 25(3), 639–650.
Badruttamam Nurul. (2005). Dakwah Kolaboratif Tarmizi Taher. Grafindo Khazanah Ilmu.
Baidhawy, Z. (2015). The Muhammadiyah’s Promotion of Moderation. American Journal of Islam and Society, 32(3), 69–91.
Brown, G. (2019). Civic Islam: Muhammadiyah, NU and the Organisational Logic of Consensus- making in Indonesia. Asian Studies Review, 43(3), 397–414.
Burhani, A. . (2012). Al-Tawassuá¹ wa-l I‘tidÄl: The NU and Moderatism in Indonesian Islam. Asian Journal of Social Science, 5(6), 564–581.
Burhani, A. . (2018). Pluralism, Liberalism, and Islamism: Religious Outlook of Muhammadiyah. Studia Islamika, 25(3), 433–470.
Creswell, J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar.
Darajat, Z. (2017). Muhammadiyah dan NU: Penjaga Moderatisme Islam di Indonesia. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 79–94.
Davids, N. (2017). Islam, Moderation, Radicalism, and Justly Balanced Communitiesâ€, Journal of Muslim Minority Affairs, Routledge. Journal of Muslim Minority Affairs, Routledge, 37(3), 309–320.
Effendy, B. and Hadi, S. (2007). Agama Dan Radikalisme Di Indonesia. Nuqtah.
Freedman, A. . (2009). Civil society, moderate Islam, and politics in Indonesia and Malaysia. Journal of Civil Society, 5(2), 107–127.
Hamdani, D. . (2014). The Character Education in Islamic Education Viewpoint. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 99–109.
Haris, M. (2015). Islam Moderat Konteks Indonesia Dalam Perspektif Historis. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 7(2), 257–272.
Hasibuan, J. . (1988). Proses Belajar Mengajar: Ketrampilan Dasar Pengajaran Mikro. Remaja Rosdakarya.
Hayadin, H. (2016). Tragedi Kecolongan Rohis Keterlibatan Alumni Rohis SMKN Anggrek Pada Aksi Radikalisme. Al- Qalam, 19(2), 231–240.
Hilmy, M. (2013). Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU. Journal of Indonesian Islam, 7(1), 24–48.
Ibnu ‘Âsyûr, M. at-T. (1984). At-Tahrîr Wa al-Tanwir, ad-Dar Tunisiyyah. Tunis.
Ikhsan, M. . (2019). Al-Quran Dan Deradikalisasi Paham Keagamaan Di Perguruan Tinggi: Pengarusutamaan Islam Wasathiyah. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 2(2), 98–112.
Karman. (2014). Monopoli Kepemilikan Media & Lenyapnya Hak Publik. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 5(1), 69–84.
Khozin, W. (2013). Sikap Keagamaan Dan Potensi Radikalisme Agama Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(3), 415.
Laisa, E. (2014). Islam Dan Radikalisme. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 1(1), 554.
Lalu Muhammad Syamsul Arifin. (2020). Filsafat Positivisme Aguste Comte dan Relevansinya Dengan Ilmu-ilmu Keislaman. Jurnal Interaktif, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 55–72. https://interaktif.ub.ac.id/index.php/interaktif/article/view/238
Latief, H. (2013). Menelaah Gerakan Modernis-Reformis Islam melalui Kota Gede: Pembacaan Seorang Antropolog Jepang. Studia Islamika, 20(2), 377–392.
Muchith, M. . (2016). Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan. ADDIN, 10(1), 163–180.
Munirah, M. (2017). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(2), 209–222.
Nafis, M.M. and Najib, M. . (2017). Pemikiran Sufistik dan Toleransi Beragama KH. Sholeh Bahruddin di Pesantren Ngalah Pasuruan. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 7(2), 330–352.
Najib, A. (2018). Patterns of Islamic Education Moderation in Indonesian History. Didaktika Religia, 6(1), 107–124.
Nawi, N. W. M., Alsagoff, S. A., Osman, M. N., & Abdullah, Z. (2020). New Media Use Among Youth in Malaysia: a Media Dependency Theory Perspective. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(9).
Nu’ad, I. . (2016). Islam Kanan: Gerakan Dan Eksistensinya Di Indonesia. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1), 49–66.
Prof.Dr Hamidi, M. S. (2010). Teori Komunikasi Dan Strategi Dakwah. UMM Press.
Rahmat, M. (2018). Model Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Yang Damai, Moderat, dan Toleran. Nadwa, 12(1), 39–64.
Rasyid Ahmad. (2010). Metode Dakwah. Jurnal El-Hikmah, 1(3).
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 35–37.
Saefudin, A. and Fatihah, A. F. . (2020). Islamic Moderation Through Education Characters of Aswaja An-Nahdliyyah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 160–179.
Santoso, H. A., Rachmawanto, E. H., Nugraha, A., Nugroho, A. A., Setiadi, D. R. I. M., & Basuki, R. S. (2020). Hoax classification and sentiment analysis of Indonesian news using Naive Bayes optimization. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 18(2), 799–806. https://doi.org/10.12928/TELKOMNIKA.V18I2.14744
Siswanto. (2019). The Islamic Moderation Values on the Islamic Education Curriculum in Indonesia: A Content Analysis. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 121–152.
Sri Wahyuningsih. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. UTM Press.
Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Suharto, T. (2015). Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 81–109.
Suharto, T. (2017). Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat dalam Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 155–178.
Sunyoto, A. (2016). Atlas Wali Songo: Buku Pertama yang Mengungkap Wali Songo sebagai Fakta Sejarah. Pustaka Iman.
Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islami. Remaja Rosdakarya.
Ummah, S. (2012). Akar Radikalisme Islam Di Indonesia. Humanika, 12(1).
Widodo, A. (2019). Moderation of Islamic Education as an Effort to Prevent Radicalism (Case Study of FKUB Singkawang City, Kalimantan, Indonesia). Nadwa, FITK UIN Walisongo, 13(2), 271–294.
Yin, R. . (2013). Case Study Research: Design and Methods.
Zarkasyi, H. . (2018). Appraising the Moderation Indonesian Muslims with Special Reference to Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama. ADDIN, 12(1), 1–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.