Internalisasi Nilai-Nilai Dakwah Multikultural dalam Pembelajaran Al-Islam di Universitas Muhammadiyah Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/jail.v1i2.229Keywords:
Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan, Pendidikan Multikultural Al-Islam, Univeritas Muhammadiyah MataramAbstract
Abstrak: Â Â Â Latar belakang dan perbedaan suku, budaya, ormas, paham keagamaan serta agama yang berbeda berpotensi menimbulkan konflik jika tidak terjadi saling memahami dan menghormati satu dengan yang lainnya apalagi tingkat heterogenitas dan pluralitas budaya yang sangat kompleks di Indonesia. Untuk itu penting sekali internalisasi nilai-nilai Dakwah multikultural dalam pembelajaran Al-Islam sebagai langkah preventif. Fokus penelitian ini adalah untuk membahas Internalisasi Nilai-nilai Dakwah Multikultural dalam Pembelajaran Al-Islam di Universitas Muhammadiyah Mataram. Dengan fokus penelitian mencakup: (1) Nilai-nilai Dakwah multikultural apa saja yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Al-Islam di Universitas Muhammadiyah Mataram (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Dakwah multikultural dalam pembelajaran Al-Islam di Universitas Muhammadiyah Mataram.
Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif atau dengan melakukan pendekatan deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi.Tehnik analisa meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan penelitin, persistent observation (ketekunan Pengamatan) dan triangulasi. Sumber informan peneliti adalah dosen Al-Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, dekan FKIP UMM, ketua lembaga pengkajian dan pengamalan Islam (LP2I) UMM, mahasiswa. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Al-Islam adalah nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah. Nilai ilahiyah ditekankan kepada mahasiswa yang multikultural homogen atau seagama namun berbeda ormas, suku dan budaya adapun nilai insaniyah ditekankan kepada multikultural beda agama. (2) Proses internalisasi nilai-nilai Dakwah multikultural dalam pembelajaran Al-Islam di UMM terwujud dalam bentuk beberapa kegiatan keislaman baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti: pembelajaran Al-Islam di dalam kelas, shalat dzuhur berjamaah di masjid kampus dan dilanjutkan dengan siraman rohani atau kultum, sertifikasi baca Al-Quran, Tausiyah berupa Imtaq setiap sabtu pagi, shalat jumat di masjid. Proses tersebut dilakukan dalam beberapa strategi yaitu melakukan perencanaan progam kegiatan, melakukan kerjasama dengan organisasai kemahasiswaan seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, memberikan teladan kepada mahasiswa, melakukan pendekatan kepada mahasiswa, dan strategi memanfaatkan kebijakan pimpinan. Hasilnya adalah mahasiswa bisa saling bertoleransi dalam perbedaan dan terwujud suasana yang kondusif dan aman.
Â
Â
Abstract : Â Â Background and differences of ethnicity, culture, mass organizations, different religions and religious ideals have potentials to cause conflict if it does not create mutual understanding and respect for each other, especially the level of heterogeneity and cultural plurality that is very conflex in Indonesia. Therefore, it is pretty important to internalize the values of multicultural da'wah in Al-Islam learning as a preventive measure. The focus of this research is to discuss the Internalization of Multicultural Da'wah Values in Al-Islam Learning at Muhammadiyah University of Mataram. With the focus of research include: (1) What multicultural values of da'wah are internalized in Al-Islam learning at Muhammadiyah University of Mataram (2) How is the process of internalizing the values of multicultural da'wah in Al-Islam learning at Muhammadiyah University of Mataram.
The approach used by this research is qualitative approach and the type of research used is descriptive or by analytical descriptive approach, data collection is done by interview technique, observation and documentation. Analysis techniques include data reduction, data display and data verification, checking the validity of the findings carried out by extending the participation of research, persistent observation and triangulation. Sources of research informant is lecturer of Al-Islam Muhammadiyah University of Mataram, Dean of FKIP UMM, Head of Islamic study and practice (LP2I) UMM, students. The results of this study are: (1) the values internalized in Al-Islam learning are Illahiyah values and Insaniyah values. Ilahiyah value is emphasized to students who are multicultural homogeneous or religious but in different mass organizations, tribes and cultures while the value of insaniyah is emphasized to multicultural religions. (2) The process of internalization of multicultural da'wah values in the learning of Al-Islam in UMM is manifested in the form of some Islamic activities both in class and outside the class such as: Al-Islam learning in the classroom, dzuhur praying in the campus Mosque and continued with splash of spiritual or seven minutes speech (kultum), certification of reading Al-Quran, Tausiyah in the form of Imtaq every Saturday morning, prayer Friday at the Mosque. The process is carried out in several strategies, ie planning activities program, collaborating with student organizations such as Muhammadiyah Student Association, providing examples to students, approaching students, and strategies to utilize leadership policies. The result is that students can tolerate each other in a different way and create a conducive and safe environment.Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.