SUKSES SKRIPSI MELALUI SOSIALISASI PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

Authors

  • Hasni Hasni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ernawati Malik Universitas Muhammadiyah Buton
  • Dwi Agustyawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ahmad Daholu Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rusdin Rusdin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Socialization, Writing Guidelines, Thesis proposal

Abstract

ABSTRAK                                                                                     

Berbagai kekurangan dan motivasi yang terdapat pada mahasiswa cara-cara menulis skripsi dan Kurangnya motivasi untuk menulis dan minimnya pengetahuan aspek-aspek teknik menulis karya ilmiah secara benar menyebabkan para mahasiswa menyelesaikan studi pendidikan tidak tepat waktu. Permasalahan yang di dapat yaitu; mahasiswa belum mengetahui Teknik dan Penyusunan Proposal skripsi. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai pedoman penysunan skripsi khuusnya pedoman yang digunakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton, serta dilengkapi dengan pengetahuan aturan tata tulis penulisan karya ilmiah yang akan dijadikan artikel serta di publikasikan pada jurnal ilmiah baik di Lingkup Internal Universitas Muhammadiyah Buton ataupun diluar Universitas Muhammadiyah Buton. Metode Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab, diskusi dan praktek penyusunan proposal skripsi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini,  yaitu Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Pedoman Penulisan Skripsi sangat bermanfaat untuk penyusunan Skripsi, mahasiswa mengetahui perbedaan antara Skripsi dan artikel ilmiah, mahasiswa mengetahui dan memahami bentuk pelanggaran dalam penyusunan Skripsi atau Artikel Ilmiah yakni plagiarism, dan mahasiswa mengetahui bagaimana cara menghindari plagiarisme.

 

Kata kunci: Sosialisasi; Pedoman Penulisan;  Proposal Skripsi

 

ABSTRACT

Various shortcomings and motivations found in students how to write thesis and lack of motivation to write and lack of knowledge of technical aspects of writing scientific papers correctly cause students to finish their educational studies not on time. The problems that can be obtained are; students do not know the Engineering and Preparation of thesis Proposal. The purpose of this service activity is to increase students' knowledge about the guidelines for writing thesis, especially the guidelines used by the Faculty of Economics, Muhammadiyah University of Buton, and equipped with knowledge of the rules of writing scientific papers that will be used as articles and published in scientific journals both at the Internal Scope of the Muhammadiyah University Buton or outside the Muhammadiyah University of Buton. Methods Service activities are carried out using lecture and question and answer methods, discussions and the practice of preparing thesis proposals. The results of this service activity, namely Students who take part in the Socialization of Thesis Writing Guidelines are very useful for the preparation of Thesis, students know the difference between Thesis and scientific articles, Students know and understand the form of violations in the preparation of Scientific Thesis or Articles, namely plagiarism, and students know how to avoid plagiarism.

 Keywords: Socialization; Writing Guidelines; Thesis proposal

References

Asrori, F. K. (2018). Analisis kendala dan percepatan penyelesaian studi mahasiswa jurusan ansiakunt. Jurnal Pendidikan Dan Sosial, 28(1), 66–85.

Fitriah, L. (2021). Seminar dan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin. Journal Of Community Service, 1(1), 13–20.

Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Lestari, S. M. I. (2022). Sosialisasi Tips dan Trik Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnan Abdi Mandala, 1(1), 30–37.

Pebriana, P. H., & Pahrul, Y. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Journal of Human and Education, 2(1), 9–12.

Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, J., & Irwansyah, R. (2019). IbM-PELATIHAN TEKNIK PENULISAN PARAFRASE UNTUK SKRIPSI MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI PLAGIARISME. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(2), 162. https://doi.org/10.31961/impact.v1i2.645

Syaiful Abid, Nur Nisai Muslihah, H. (2021). Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah pada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa dan Seni di STKIP PGRI Lubuklinggau. LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat Dan Karya Ilmiah Linggau, 1(1), 33–38.

Wiyatmo, Y., Mundilarto, Suharyanto, & Widodo, E. (2010). Efektivitas Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fmipa Uny. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 405–414.

Yuniarti, R., Ari Wijaya, S., Yuniar Bahri, S., & Atha Iqbal, M. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Minat Dalam Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Stia Muhammadiyah Selong. JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v2i1.179

Downloads

Published

2022-07-07

Issue

Section

Articles