PELATIHAN PARAFRASE UNTUK PENCEGAHAN PLAGIASI PADA PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA
Abstract
ABSTRAKÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu mahasiswa memanfaatkan Aplikasi Parafrase diperlukan saat menulis artikel ilmiah untuk menghindari plagiarisme. Akibatnya, ini penting untuk semua mahasiswa. Namun, mahasiswa semester tujuh di Universitas Muhammadiyah Buton belum menguasai pendekatan parafrase yang tepat. Bakat ini dapat dikembangkan dengan membaca terus-menerus atau melalui penggunaan aplikasi internet gratis atau komersial. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian melalui penyebaran angket kepada mahasiswa atas kegiatan yang telah diselesaikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung di Universitas Muhammadiyah Buton. Kegiatan ini dilakukan dengan menyediakan alat parafrase untuk membantu mahasiswa dalam mengurangi plagiarisme; Namun demikian, alat-alat tersebut harus dibaca ulang oleh mahasiswa agar makna dari artikel yang dikutip tetap konsisten. Menurut hasil survei yang didistribusikan melalui Google Form, 6,6 persen mahasiswa menunjukkan bahwa mereka tidak dapat menggunakan perangkat lunak parafrase yang diajarkan selama layanan, sementara 93,4 persen menyatakan bahwa mereka dapat menggunakan program parafrase yang diajarkan.
Â
Kata kunci: Aplikasi; Parafrase; Plagiarisme; Karya Tulis Ilmiah.
Â
ABSTRACT
The purpose of this service is to help students take advantage of the necessary Paraphrasing Application when writing scientific articles to avoid plagiarism. Consequently, it is important for all students. However, the seventh semester students at the Muhammadiyah University of Buton have not mastered the right paraphrasing approach. This talent can be developed by constant reading or through the use of free or commercial internet applications. This activity is carried out in three stages, namely planning, implementation, and assessment through distributing questionnaires to students on the activities that have been completed. This community service activity took place at the Muhammadiyah University of Buton. This activity is carried out by providing a paraphrasing tool to assist students in reducing plagiarism; However, these tools must be re-read by students so that the meaning of the quoted articles remains consistent. According to the results of a survey distributed via Google Forms, 6.6 percent of students indicated that they were unable to use the taught paraphrasing software during the service, while 93.4 percent stated that they could use the taught paraphrasing program.
Â
Keywords: Application; Paraphrasing; plagiarism; Scientific papers.
References
Alka, M. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah. In Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Vol. (Issue October, p. 1). researchgate.net. https://www.researchgate.net/publication/320508023
Baiq Rina Amalia Safitri, Pahriah, Husnul Hatimah, Dahlia Rosma Indah, S. (2021). Pelatihan Karya Tulis Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/article/view/2687
Hafidz, M., & Sudarso, H. (2020). Penerapan Academic Voice Dengang Menggunakan Apa (American Psychological Association) Style Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Ma an-Namirah Tanah Merah Bangkalan. Jurnal Abdi Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v3i2.879
Hastari, R. C. (2021). Pelatihan Penelusuran Referensi dan Pencegahan Plagiasi Pada Kegiatan Diklat Dasar Karya Tulis Ilmiah. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18. https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i1.1582
Lubis, M. S., Rahimah, A., & Lubis, I. S. (2019). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. In Berkah Prima (p. 151). osf.io. https://osf.io/23zcw/download
Nashihuddin. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kepustakawanan: Pengantar Dan Praktik. In ResearchGate: Vol. (Issue October, p. 1). https://www.researchgate.net/publication/320508023
Norfai, SKM., M. K. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Tulis Ilmiahâ€, Kenapa Bingung ? In Kesulitan dalam Menulis Karya Tulis Ilmiahâ€, Kenapa Bingung ? books.google.com. https://www.google.co.id/books/edition/Kesulitan_dalam_Menulis_Karya_Tulis_Ilmi/crgmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=rumus+slovin&pg=PA88&printsec=frontcover
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 102. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911
Oktaviyanti, I., Umar, U., Erfan, M., Novitasari, S., & Maulyda, M. A. (2021). Sosialisasi Wawasan Plagiarisme Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa Selama Perkuliahan Online Di Masa Pandemi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 279. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4912
Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 686–692. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268
Suarny, L., & Jumino, J. (2019). Literasi Informasi Mahasiswa Dalam Penulisan Sitiran Karya Tulis Ilmiah: Studi Kasus Unit Pelaksana Kegiatan Research …. In Jurnal Ilmu Perpustakaan. ejournal3.undip.ac.id. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/23178/21203
Tiara, K., Hermawan, B., & Suci, K. (2017). Pemanfaatan Fgr Services Untuk Menanggulangi Pencegahan Plagiarisme Pada Karya Tulis Ilmiah. SENSI Journal, 3(1), 62–79. https://doi.org/10.33050/sensi.v3i1.761
ZR, H., Syafruddin, S., & Muntari, M. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.514