PELATIHAN MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI SEDERHANA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Patrisius Valdoni Sandi Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Viviana Murni Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Gusti Made Bagus Baskara Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Marianus Jefri Moa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Melinda Gondia Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Erdianto Rusdi Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10836

Keywords:

Training, Competency, SMK, Project Management.

Abstract

Abstrak: Industri konstruksi di Indonesia berkembang dengan sangat signifikan seiring dengan meningkatnya kebutuhan pembangunan. Menyikapi hal tersebut, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berperan sangat penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang konstruksi. Sebagai tenaga kerja potensial, siswa SMK bidang konstruksi harus memahami konsep manajemen proyek, sebagai dasar perencanaan dan pengendalian proyek konstruksi. Pengetahuan siswa SMK yang sangat minim terhadap manajemen proyek menjadi dasar dilaksanakannya PKM berbasis pelatihan manajemen proyek konstruksi sederhana untuk meningkatkan pengetahuan terkait manajemen prooyek konstruksi sederhana sebaga persiapan sebelum bekerja sebagai tenaga profesional.Metode yang digunakan adalah uji pra-pelatihan, pelatihan manajemen proyek pada konstruksi sederhana, uji pasca-pelatihan, serta penyebaran kuesioner kualitas sebagai bahan evaluasi. Kegiatan ini melibatkan 20 siswa kelas XII SMK Bina Kusuma Ruteng. Pelaksanaan pelatihan dinyatakan berhasil berdasarkan hasil uji pra-pelatihan, tingkat pengetahuan sebesar 28,00 (sangat kurang) dan pasca-pelatihan meningkat signifikan sebesar 92,00 (sangat baik). Sedangkan berdasarkan hasil uji kuesioner, penilaian kualitas pelaksanaan pelatihan dinyatakan dalam kategori baik sekali (4,495).

Abstract: The construction industry in Indonesia is developing very significantly along with the increasing need for development. In response to this, Vocational High Schools (SMK) play a very important role in efforts to meet the needs of competent human resources in the construction sector. As a potential workforce, vocational students in the field of construction must understand the concept of project management as the basis for planning and controlling construction projects. The very minimal knowledge of SMK students towards project management is the basis for implementing PKM based on simple construction project management training to increase knowledge related to simple construction project management as preparation before working as professionals. The methods used are pre-training tests, project management training on simple construction, post-training tests, as well as the dissemination of quality questionnaires as evaluation materials. This activity involved 20 students of class XII SMK Bina Kusuma Ruteng. The implementation of the training was declared successful based on the results of pre-training tests, the level of knowledge was 28.00(very less) and post-training increased significantly by 92.00 (very good). Meanwhile, based on the results of the questionnaire test, the assessment of the quality of the training implementation was stated in the very good category (4,495).

References

Acikara, T., Kazaz, A., & Ulubeyli, S. (2017). Evaluations of Construction Project Participants’ Attitudes toward Quality Management in Turkey. Procedia Engineering, (196), 203–210. https://doi.org/10.1016/J.PROENG.2017.07.192

Adistana, G. A. Y. P., Wulandari, M., Mahardi, P., Imaduddin, M., Sofianto, M. F., & Refnitasari, L. (2022). Pelatihan Penjadwalan Proyek Konstruksi Dengan Aplikasi Microsoft Project Pada Siswa SMKN 5 Surabaya. Kanigara, 2(1), 1–7.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81-88

Kwofie, T. E., Fugar, F., Adinyira, E., & Ahadzie, D. K. (2014). Identification and Classification of the Unique Features of Mass Housing Projects. Journal of Construction Engineering, (2014), 1-11 https://doi.org/10.1155/2014/927652

Lenggogeni, Saefudin, A., Aristawidya, Z., & Harits Diza, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Estimasi Biaya Proyek Konstruksi Bagi Siswa Smk Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1694–1707.

Nurhayati, F., Suroto, S., Sudarso, S., Muhammad, H. N., Juniarisca, D. L., & Prakoso, B. B. (2021). Penyegaran Guru tentang Asesmen Kompetensi Minimum pada Mata Pelajaran PJOK melalui Pelatihan Berbasis Komunitas Guru. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat (JPOM), 2(2), 57-63 https://doi.org/10.26877/jpom.v2i2.10205

Perwitasari, D., Ayu, H., & Ririh, K. R. (2021). Pelatihan Manajemen Proyek Pada Siswa SMK Untuk Meningkatkan Kompetensi. Janata, 1(1), 7–12.

PMI. (2012). Project management book of knowledge (pmbok guide). Project Management Institute (PMI).

Prasetyono, P. N., Nadiar, F., & Sari, S. F. M. (2022). Pelatihan Penyusunan Jadwal Proyek Konstruksi Menggunakan Software Ms. Project kepada Siswa di SMK Negeri Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 136–142.

Puspitasari, W., & Nilandiny, R. (2016). Membangun Aplikasi Perencanaan Karir Online Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Pada Smk X). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(02), 9-17. https://doi.org/10.25124/jrsi.v3i02.26

Ruslan. (2018). Perspektif Aliran Filsafat Progresivisme Tentang Perkembangan Peserta Didik. JISIP, 2(2), 211-217. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v2i2.372

Yakin, K., Sandi, P. V., & Bustamin, M. O. (2018). Analisa Dampak Optimalisasi Waktu Terhadap Biaya Pekerjaan Struktur Pembangunan Hotel Amaris-Taman Apsari Surabaya. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 1(1), 14-20 https://doi.org/10.25139/jprs.v1i1.805

Yanti, G., & Rahmat, H. (2020). Pelatihan Pembuatan Rencana Anggaran Biaya pada Siswa SMK di Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1), 39–44. https://journal.unilak.ac.id/index.php/Fleksibel,

Yanti, G., Z, Z., & Megasari, S. W. (2019). Pelatihan Penjadwalan dengan Ms Project Bagi Penyedia Jasa Konstruksi di Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol (3), 125-134 https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2824

Zuo, J., Jin, X. H., & Flynn, L. (2012). Social sustainability in construction - An explorative study. International Journal of Construction Management, 12(2), 51-63. https://doi.org/10.1080/15623599.2012.10773190

Published

2022-12-09

Issue

Section

Articles