PENINGKATAN KEMAMPUAN TENTANG MARKETPLACE DALAM MEMASARKAN SERTA PENJULAN KAIN BATIK SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10916Keywords:
Online Marketing, Handmade batik, Training.Abstract
Abstrak: Batik merupakan salah satu karya dari Bangsa Indonesia. Dimana motif dalam batik sendiri beraneka macam, serta untuk memberikan motif pada batik mempunyai dua acara yaitu dengan cara print dan lukis. Seiring berkembangnya macam motif batik maka akan menjadi tantang sendiri kepada para pengerajin kain batik untuk memperkenalkan ciri khas dari motif kain batik yang dibuatnya sehingga akan semakin dikenal oleh masyarakat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para karyawan dalam melakukan pemasaran secara online melalui toko online seperti shopee dan Tokopedia. Oleh karena itu diadakan pelatihan yang melibatkan 5 orang karyawan yang berada di batik tulis pajjher, mereka bekerja dalam bidang pemasaran, Sehingga dari sini tim pengabdi melakukan pelatihan selama tiga hari tentang bagaimana cara memasarkan produk dan melakukan transaksi secara online, setelah itu dilakukan monitoring evaluasi lagi tentang bagaimana pengetahuan karyawan mitra dalam memasaran secara online dan hasilnya dari sebelum pelatihan rata-rata nilai dari pengetahuan pemahaman karyawan sebesar 49,6% dan setelah pelatihan nilai rata-ratanya naik menjadi 92,8%, dengan perubahan nilai rata-rata dari pemahaman karyawan tentang bagaimana proses pemasaran naik secara baik maka pelatihan ini dapat di katakana bisa menaikkan pemahaman karyawan mitra terhadap proses pemasaran secara online. Dengan dibuatkannya toko online seperti shopee dan tokopedia pihak mitra menyatakan sangat terbantu, karena dengan adanya toko online tersebut dapat membantu mereka dalam memasarkannya secara online dan dapat menjangkau pangsa pasar lebih luas.
Abstract: Batik is one of the works of the Indonesian nation. Where the motifs in batik itself are various, and to give motifs to batik, there are two activities, namely by printing and painting. Along with the development of various types of batik motifs, it will be a challenge for batik cloth craftsmen to introduce the characteristics of the batik cloth motifs they make so that they will be increasingly known by the public. The purpose of this service is to improve the ability of employees to do online marketing through online stores such as Shopee and Tokopedia. Therefore, a training was held which involved 5 employees who were in Batik Tulis Pajjher, they worked in the field of marketing, so from here the service team conducted three days of training on how to market products and conduct transactions online, after that evaluation monitoring was carried out again. about how the knowledge of partner employees in online marketing and the results from before training the average value of employee understanding knowledge is 49.6% and after training the average value increases to 92.8%, with a change in the average value of employee understanding about how the marketing process goes well, this training can be said to be able to increase the understanding of partner employees on the online marketing process. With the creation of online stores such as Shopee and Tokopedia, partners stated that it was very helpful, because the existence of these online stores could help them market them online and could reach a wider market share.
References
Erik, E., Suryaratri, R. D., & Deasyanti, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Berbasis Digital pada Pelaku UMKM Pondok Bambu, Duren Sawit Jakarta Timur. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 223–228.
Handayani, S., Hanila, S., & Nengsih, M. K. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Kain Batik Besurek di Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(2).
Ismawati, I., Destryana, R. A., & Wibisono, A. (2022). Pendampingan Usaha Pengolahan Kelor untuk Meningkatkan Keterampilan Pengolahan dan Penambahan Fasilitas Produksi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2505–2512.
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 147–152.
Laksono, F. X. A. T., Astuti, S. D., Widagdo, A., & Iswahyudi, S. (2021). Peningkatan kemampuan digitalisasi promosi dan pemasaran produk kelompok eks-buruh migran di Kabupaten Wonosobo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 13–26.
Nulhaqim, S. A., Wibowo, H., Irfan, M., & Gutama, A. S. (2021). Peningkatan Kapasitas dalam Pemasaran Online Bagi Pelaku Usaha Kecil yang Terdampak Kondisi Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165–176.
Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Universitas Brawijaya Press.
Nurfaizal, Y., & Anwar, T. (2019). Manajemen Usaha dan Pelatihan Digital Marketing UMKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 146–154.
Rahmayanti, S., Misral, M., Sandri, S. H., Ardi, H. A., Bakaruddin, B., Rahayu, N. I., & Algusri, J. (2021). Peningkatan Ketrampilan Dan Manajemen Pemasaran Usaha Rumahan Penghasil Kue Di Kelurahan Sidomulyo. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–20.
Suprihati, S., Tho’in, M., Sumadi, S., & Ningsih, S. (2021). Pendampingan Manajemen Pemasaran Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 214–221.
Suwarni, E., Handayani, M. A., Fernando, Y., Saputra, F. E., Fitri, F., & Candra, A. (2022). Penerapan Sistem Pemasaran berbasis E-Commerce pada Produk Batik Tulis di Desa Balairejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 187–192.
Tirtayasa, S., Nadra, I., & Khair, H. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 244–259.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148.
Wibisono, A. (2019). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Kemampuan Manajemen Serta Inovasi. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 7(01), 43–50.
Yoerani, A., Yana, A. A., Siregar, J., & Syafianto, S. (2021). Pelatihan Desain Produk Dalam Pemasaran Digital Pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikaregeman Selama Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 31–34.
Yudaninggar, K. (2019). Pelatihan digital marketing dalam rangka peningkatan pemasaran Kelompok Batik Sojiwan. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 229–234.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).