PENINGKATAN SDM PROMOSI DINAS PARIWISATA SAMOSIR MELALUI PELATIHAN WEBSITE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10932Keywords:
Websites, CMS Wordpress, Promotion.Abstract
Abstrak: Pertambahan kunjungan wisatawan pariwisata samosir adalah tolak ukur usaha tim promosi Dinas Pariwisata Samosir yaitu melalui media website visitsamosir. Permasalahan (1) mitra kapasitas website semakin hari semakin besar sehingga tidak lagi dapat menampung data yang nantinya dimasukan kedalam website; dan (2) website visitsamosir.com mengalami serangan malware sehingga ketika pengunjung mengakses website mendapatkan pesan-pesan dari malware. Metode yang dilakukan tim PKM (1) melakukan upgrade server visitsamosir dengan penerapan server yang lebih besar dalam penyimpanan data; (2) pembersihan website dari malware dan redesign ulang tampilan website; dan (3) melakukan pelatihan dalam management dan keamanan website visitsamosir.com. Tujuan PKM adalah peningkatan keterampilan sdm devisi promosi dinas pariwisata samosir dalam memanajemen konten website dengan memperhatikan aspek keamamannya, publikasi website dan publikasi kegiatan di media sosial, media elektronik dan jurnal. Hasil PKM staf SDM Promosi dinas pariwisata dapat mempraktikkan pengelolaan website. Proses transfer knowledge tim pkm dapat berjalan baik, peningkatan keterampilan 90% dan adanya keberlanjutan dari kegiatan PKM dengan diskusi melalui group whatsapp jika terdapat kendala dalam mengelola website dinas Pariwisata.
Abstract: The increase in tourist visits to Samosir tourism is a benchmark for the efforts of the promotion team of the Samosir Tourism Office, namely through the visitsamosir website media. Problems (1) the partner's website capacity is getting bigger day by day so that it can no longer accommodate data that will later be entered into the website; dan (2) the visitsamosir.com website experiences malware attacks so that when visitors access the website they get messages from malware. The method used by the PKM team (1) is to upgrade the visitsamosir server by implementing a larger server in data storage; (2) cleaning the website from malware and redesigning the website appearance; dan (3) conducting training in the management and security of the visitsamosir.com website. The purpose of PKM is to improve the skills of the promotion division of the Samosir tourism department in managing website content by paying attention to security aspects, website publications and publication of activities on social media, electronic media and journals. The results of PKM HR staff Promotion of the tourism office can practice website management. The PKM team's knowledge transfer process can run well, 90 percent skill improvement and the continuity of PKM activities with discussions via WhatsApp groups if there are obstacles in managing the Tourism Office website.
References
Ampornphan, P., & Tongngam, S. (2020). Exploring technology influencers from patent data using association rule mining and social network analysis. Information (Switzerland), 11(6), 1–19. https://doi.org/10.3390/info11060333
Fajrin, H. R., Rachmawati, P., & Lagaendo, A. F. (2021). Strategi Pemasaran Dan Promosi Produk Umkm 3d Ngudi Rejeki Di Era Pandemi Covid-19. 5(5), 2266–2272.
Guntoro, G., Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223–230. https://doi.org/10.30653/002.201942.105
Hariyanto, E., & Wahyuni, S. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Internet Sehat Bagi Anggota Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Mozaik Desa Pematang Serai. Jurnal ABDIMAS BSI, 3(2), 253–259.
Hasugia, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. 3(1), 82–86.
Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117.
Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69
Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(1), 55–60. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018
Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Promosi Pariwisata Halal Melalui E-. 3(2), 63–68.
Oroh, S., Mananeke, L., & Sangkaeng, S. (2015). Pengaruh Citra, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Objek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1089–1100.
Riyanto, A. D. (2015). Pembuatan Website Sebagai Media Promosi Yang Terpercaya. Seminar Nasional Informatika (SamnasIF), 2015(November), 28–35.
Sebayang, S., Nuzuliati, & Wahyuni, S. (2021). Edukasi Kepada Perangkat Desa Tentang Motivasi Kerja Kepemimpinan dan Budaya Organisasi. 1(1), 51–58.
Simanjorang, F., Hakim, L., & Sunarti. (2020). Peran Stakeholder dalam Pembangunan Pariwisata di Pulau Samosir. 14(1), 42–52.
Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. TAM ( Technology Acceptance Model), 9(1), 15–21.
Susyanti, D. W., & Latianingsih, N. (2013). Potensi Desa melalui Pariwisata Pedesaan. Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 33–36.
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Wahyuni, S., Harianto, E., Batubara, S., Pembangunan, U., Budi, P., Sains, F. S., … Budi, P. (2020). Optimalisasi Aplikasi Media Sosial Dalam Mendukung Pendahuluan Desa Petang Serai adalah salah satu Desa yang terdapat di Tanjung Pura . Mayoritas mata pencarian penduduknya adalah bertani , peternak ikan lele , jangkrik . Desa Pematang Serai memiliki Bumd. 3(2), 129–134.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649
Widiastuti, H., Kresnawati, E., & Rahman Utami, E. (2019). Pemetaan Potensi Desa dalam Rangka Mewujudkan Bumdes Di Kecamatan Moyudan. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/bdr.7151
Winarso, D., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Diansyah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kehidupan Berkemajuan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 19–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.29
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).