RESEARCH IMPROVEMENT PROGRAM: PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN DOSEN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10952Keywords:
Lecturer, Research methodology, Research training.Abstract
Abstrak: Perguruan Tinggi memiliki peran dalam peningkatan sumber daya manusia serta pengembangan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya melalui kegiatan tri dharma yang terdiri atas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Hal yang sangat disayangkan adalah para dosen di Perguruan Tinggi sering kali kurang memiliki pemahaman terkait metodologi penelitian yang cukup dan pada akhirnya hanya berakhir pada kegiatan pengajaran. Peningkatan pemahaman dosen tentang penelitian dapat dilakukan melalui Kegiatan research improvement program. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 minggu yang dimulai dari 28 Agustus-11 September 2022 kepada 14 orang dosen di STIKes Dirgahayu Samarinda. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 kegiatan besar, yakni penyusunan proposal penelitian dan konsultasi, penyegaran ilmu metodologi penelitian Kesehatan bagi dosen, dan penyegaran penyusunan artikel ilmiah. Evaluasi kognitif dilaksanakan melalui mekanisme pre-post test setelah sesi seminar online pada tanggal 3 dan 10 september 2022. Analisis keberhasilan berdasarkan perhitungan analisis statistik menggunakan SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan mampu memberikan dampak perubahan pengetahuan peserta secara positif (Sig. 0.000 < 0.05), serta adanya korelasi kuat (0.720) antara peningkatan pengetahuan dengan kegiatan pelatihan. Limitasi yang dihadapi adalah karena kegiatan masih dilaksanakan secara online, maka keterbatasan kontak antara fasilitator dengan peserta menjadi penghalang proses interaksi dan diskusi yang seharusnya dapat terjadi.
Abstract: Universities have a role in improving human resources and developing the welfare of the surrounding community through tri dharma activities consisting of education, research, and community engagement. What is very unfortunate is that lecturers at universities often lack an adequate understanding of research methodology and in the end only end up in teaching activities. Increasing lecturers' understanding of research can be done through research improvement program activities. This training activity was carried out for 3 weeks starting from August 28 to September 11, 2022 for 14 lecturers at STIKes Dirgahayu Samarinda. This activity is divided into 3 major activities, namely the preparation of research proposals and consultations, refresher knowledge of Health research methodology for lecturers, and refresher in the preparation of scientific articles. Cognitive evaluation was carried out through a pre-post-test mechanism after the online seminar session on 3 and 10 September 2022. The success analysis was based on statistical analysis calculations using SPSS 21. The results of the analysis showed that the training activities carried out were able to have a positive impact on changing participants' knowledge (Sig. 0.000 <0.05), and there was a strong correlation (0.720) between the increase in participants' knowledge and the training activities. The limitation was that because the activities were still carried out online, the limited contact between the facilitator and the participants became a barrier to the process of interaction and discussion that should happened.
References
Badri, R. E., Susanti, Pranyoto, E., Gunawan, A., & Rumangkit, S. (2022). Research Bootcamp Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4407–4412. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/2989
Budiwan, J., & Suswandari, M. (2021). Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.32585/edumore.v1i1.1797
Dani, A. H., Mulyasana, D., & Hanafiah, N. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Penelitian Dosen di Perguruan Tinggi Kesehatan Cirebon. Nusantara Education Review, 2(3), 229–238. http://ojs.spsuninus.ac.id/index.php/ner/article/view/87
Darmanto, Haryadi, W., Negara, K. M. T., & Sakti, M. A. P. (2022). Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional Bereputasi Bagi Dosen Universitas Samawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 14–19. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml/article/view/920
Devi, D. (2018). Program Peningkatan Kompetensi Dosen Di Universitas Jabal Ghafur. Jurnal Sains Riset Jabal Ghafur, 8(2), 37–39. https://doi.org/10.47647/jsr.v8i2
Firmansyah, A., Arham, A., & Qadri, R. A. (2020). Pelatihan Melalui Web Seminar Terkait Penulisan Artikel Berbasis Bibliographical Research Method Dalam Bidang Akuntansi Untuk Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.564.
Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4244
Murni, M., Effendy, A., Firdaus, F., Nurrahma, N., Faisal, M., & A.G, B. (2021). Pelatihan Strategi Penulisan Proposal Penelitian Untuk Mendapat Hibah Pendanaan Dan Tatacara Mendaftar Sinta Serta Google Scholar Serta Sitasi Menggunakan Mendeley Bagi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.32672/btm.v3i1.2947
Musyaffi, A. M., Zahra, S. F., Yusuf, M., & Rachmadania, R. F. (2021). Research Bootcamp: Peningkatan Kualitas Dasar Riset. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3400–3409. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.4867
Pemerintah Republik Indonesia. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. In Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan TinggI (p. 18). Pemerintah Republik Indonesia. http://diktis.kemenag.go.id/prodi/dokumen/UU-Nomor-12-Tahun-2012-ttg-Pendidikan-Tinggi.pdf
Pemerintah Republik Indonesia. (2014). PP RI No. 14/2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (pp. 1–37). Pemerintah Republik Indonesia.
Pradana, A. A., Chandra, M., Fahmi, I., Casman, Rizzal, A. F., Dewi, N. A., & Nuraini. (2021). Telaah Literatur sebagai Alternatif Tri Dharma Dosen: Bagaimana tahapan penyusunannya? Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 1(1), 6–15. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jikdi
Santi, V. M., Rahayu, W., Hermin, F., Azzahra, S., & Aristawidya, N. S. (2021). Pelatihan Rancangan Percobaan Dalam Meningkatkan Kualitas Riset Civitas Akademika LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta. In LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021) (p. 297). LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/issue/view/1484
Seprini, & Ningrum, I. S. (2014). Strategi Meningkatkan Kompetensi Dosen Universitas Pasir Pengaraian melalui Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(2), 117–138. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/387
Setiawan, I. P., Liong, H., & Sani, A. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Pada Stia Al-Gazali Barru Kabupaten Barru. Jurnal Mirai Management, 6(1), 213–224. file:///C:/Users/cahay/Downloads/716-1775-1-PB.pdf
Simanjuntak, J. M., Sa’ud, U. S., & Komariah, A. (2019). Model Pelatihan Berbasis Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah. Jurnal Jaffray, 17(1), 107–122. https://doi.org/10.25278/jj.v17i1.291
Sopacua, E., Prajoga, & Budiajanto, D. (2004). Evaluasi Hasil Pelatihan Metodelogi Penelitian pada Dosen di 13 Program Studi Poltekkes Surabaya. In Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan. http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/2797
Sukmawati, Y., Fauzi, A. M., & Wijayanto, H. (2021). Strategi Transformasi Sistem Manajemen Riset Perguruan Tinggi Indonesia Menuju World Class University. Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106144
Suspahariati, & Setyobudi, B. (2021). Peran Pelatihan dan Pengembangan dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi. DirÄsÄt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 221–236. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2708
Triyono, E. (2016). Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Sebagai Pengembangan Profesional Dosen Politeknik. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, 412–419. http://proceeding.sentrinov.org/index.php/sentrinov/article/view/130
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).