DIGITALISASI PEMESANAN AIR MINUM ISI ULANG PADA UD. DEPO BAHAGIA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11020Keywords:
Mobile Application, Order, Depo Water, Refillable.Abstract
Abstrak: Usaha Dagang (UD) Depo Bahagia merupakan salah satu bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Proses bisnis utamanya adalah menjual air minum dalam kemasan dan isi ulang. Proses penjualan dimulai dari proses pemesanan hingga proses pengiriman ke pelanggan. Saat ini proses pemesanan masih dilakukan secara manual yaitu datang secara langsung, melalui Telepon maupun aplikasi pesan singkat Whatsapp (WA), karena prosesnya dilakukan secara manual, maka sering terjadi permasalahan seperti tidak tercatatnya pemesanan sehingga menimbulkan komplain pelanggan. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk melakukan pemesanan secara online untuk memudahkan para pelanggan dan pengelola dalam melakukan pembelian, pemesanan, status pembelian/pemesan produk serta lokasi pembeli. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dimulai dengan memahami proses bisnis mitra, kemudian memahami proses bisnis aplikasi pemesanan produk yang telah dikembangkan oleh tim peneliti kemudian dilakukan sosialisasi bagaimana cara penggunaanya kepada mitra, kemudian dilakukan evaluasi dan penyerahan aplikasi kepada mitra jika kondisinya sudah memungkinkan untuk penggunaan aplikasi secara mandiri. Dari program pengabdian ini mitra mendapatkan penambahan pengetahuan cara menggunakan aplikasi mobile dan membantu kegiatan operasional layanan kepada pelanggan, sehingga proses bisnis usahanya menjadi lebih cepat dan efisien.
Abstract: UD. Depo Bahagia is one of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) located in Mojokerto City, East Java. Its main business process is selling bottled and refillable drinking water. The sales process starts from the ordering process to the delivery process to the customer. Currently the ordering process is still done manually, namely coming in person, via telephone or WhatsApp (WA) Messenger Application, because the process is done manually, so there are often problems such as not recording orders, causing customer complaints. Therefore, need a system to place orders online to make it easier for customers and managers to make purchases, orders, status of product purchases/orders and the location of the buyer. This Community Service activity begins with understanding partner business processes, then understanding the product ordering application business process that has been developed by the research team then socializing how to use it to partners, then evaluating and submitting applications to partners if conditions allow for independent use of the application. From this service program partners gain additional knowledge on how to use mobile applications and assist operational service activities to customers, so that their business processes become faster and more efficient.
References
Aman, A., Anugraha, N., & Akba, S. (2021). Aplikasi Pemesanan Air Minum pada Depot Galon Dinda menggunakan Rest API berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer, 47–55. https://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/view/1601
Angga Darmayasa, I. K., Aryastana, P., & Agung Sagung Dewi Rahadiani, A. (2018). Analisis Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kecamatan Petang. PADURAKSA, 7(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/pd.7.1.816.41-52
Febriyanda, S., Hidayat, T., Susandi, D., Serang, J. R., & Drangong -Serang, C. (2020). Sistem Penjualan Online Air Minum Isi Ulang Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Informasi, 7(1), 57–62.
Irmayani, Hanafi, S., & Taufik, M. (2022). Analisis Penjualan Air Minum Isi Ulang Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Tadayun: Journal of Sharia Economic Law, 3(1), 67–80. http://tadayun.org/index.php/tadayun/article/view/73
Irwandi. (2021). Prospek Usaha Depot Air Minum Di Kelurahan Pasar Taluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Finest : Jurnal Riset Dan Pengembangan Ekonomi Islam, 5(1), 1–22. http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/finest/index
Istyanto, N. P., & Nasrullah, M. (2019). Istyanto,Disruptif Teknologi E-Government terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya di Era Industri 4.0 1 Disruptif Teknologi E-Government terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya di Era Industri 4.0. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.integer.2019.v4i2.687
Kusmayadi, I. (2019). Kelayakan Keuangan Pengembangan Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Di Pulau Lombok. Jurnal Riset Manajemen, 19(2), 109–121. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jrm.v19i2.41
Maulana Ismuputro, R. (2020). Peran Citra Merek, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1116–1123. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1116-1123
Nasrullah, M., Angresti, N. D., Suryawan, S. H., & Mahananto, F. (2021). Requirement Engineering terhadap Virtual Team pada Proyek Software Engineering. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.79
Pattasang, P., & Hadiguna, R. A. (2021). Rancangan Usaha Air Minum Dalam Kemasan Menggunakan Merek Mineral Santry (Di Pondok Pesantren Insan Mandiri Batam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 2(2), 705–712. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.630
Ratnawati, F., Azren, M., Tedyyana, A., Informatika, J. T., Bengkalis, N., Alam, J. B., Alam, S., & Bengkalis, R. (2019). Aplikasi Pembelian Air Minum Isi Ulang Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, 10(1), 88–100. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i1
Sandra, D., Artanto, D., Somantri, M., & Rochim, A. F. (2011). Sistem Pendataan Depot Air Minum Isi Ulang Berbasis Web. Transmisi, 13(4), 121–126. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/transmisi
Suheri, A., Kusmana, C., Yanuar Purwanto, J. M., & Setiawan, Y. (2019). Model Prediksi Kebutuhan Air Bersih Berdasarkan Jumlah Penduduk di Kawasan Perkotaan Sentul City. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 04(03), 207–218. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jsil.4.3.207-218
Sujoko, A., Muwafik Saleh, A., Azzuhri, M., & Yuniar Rakhmawati, F. (2020). Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Q-Zulal Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Innovation and Applied Technology, 6(1), 966–978. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21776/2020.006.01.8
Syukria, F., Rahmayuni, I., & Prayama, D. (2021). Aplikasi Pemesanan Air Galon Online Dengan Fitur Tracking Posisi Pengantar Galon Berbasis Android. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.30630/jitsi.2.1.28
Winarto, S., Syaiful Amal, A., & Salsabillah, V. K. (2021). Analisa Proyeksi Pertumbuhan Penduduk Terhadap Kebutuhan Air Di Tulungagung. Seminar Keinsinyuran, 212–220. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SKPSPPI/article/view/4406
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).