PELATIHAN KOMPREHENSIF PENULISAN ARTIKEL ILMIAH GUNA MENDUKUNG PENINGKATAN PUBLIKASI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DALAM NEGERI

Authors

  • Dewi Agustin Pratama Sari Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Ika Febrilia Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Sholikhah Sholikhah Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Kresnamurti Rivai Prabumenang Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Ryna Parlyna Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Andi Muhammad Sadat Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Nofriska Krissanya Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta
  • Sofhia Nurul Azizah Sarjana Terapan Pemasaran Digital, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11035

Keywords:

scientific articles, domestic private universities, research gaps, paraphrasing technique, plagiarism.

Abstract

Abstrak: Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan, permasalahan yang menjadi dasar pengabdian diantaranya masih terbatasnya kemampuan mahasiswa tingkar akhir maupun dosen di beberapa Perguruan Tinggi Swasta Dalam Negeri dalam mengidentifikasi research gap, terbatasnya kemampuan penguasaan teknik parafrasa dan pemanfaatan software plagiarisme. Berdasarkan masalah yang ada,maka tujuan pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan komprehensif penulisan artikel ilmiah yang mencakup identifikasi research gap, penguasaan teknik parafrase, serta pemanfaatan software plagiarisme guna mendukung peningkatan publikasi pada Perguruan Tinggi Swasta Dalam Negeri. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan secara daring yang dilakukan bersama dengan YKPN Yogyakarta dan STIAB Jinarakkhita Lampung sebagai mitra. Pada pelatihan ini diikuti oleh 349 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa baik dari UNJ maupun dari perguruan tinggi mitra. Evaluasi kegiatan dilaksanakan dengan menyebarkan form yang berisi berbagai pertanyaan. Dari hasil form yang disebarkan diperoleh informasi bahwa 61,4% peserta yang menyatakan setuju bahwa mereka dapat memahami dengan baik mengenai materi yang disampaikan serta terdapat 66% peserta yang meningkat pemahamannya dan siap praktik.

Abstract: Based on the situation analysis carried out, the problem that became basis of the service include the limited ability of students and lecturers at several Domestic Private Universities in identifying research gaps, paraphrasing techniques and the use of plagiarism software. Based on the problem, the purpose of this community dedication is to provide training in writing scientific articles that include research gaps, paraphrasing techniques, and the use of plagiarism software to support increased publications. This community dedication was carried out in the form of a brave training carried out together with YKPN Yogyakarta and STIAB Jinarakkhita Lampung as partners. This training was attended by 349 participants consisting of lecturers and students. Evaluation of activities by distributing forms containing various questions. From the results of the form distributed, information was obtained that there were 61.4% of participants who agreed that they could understand well the material delivered and there are 66% of participants who increase their understanding and ready to practice.

References

Antoni Arif Priadi. (2014). Penelitian Terapan Bidang Pelayaran dengan Metode Gap Analysis. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Fernando, J. M., Purwanggono, B., & ... (2017). Analisis Kesiapan Sertifikasi ISO 9001: 2015 Pada PT. Wijara Nagatsupazki Dengan Menggunakan Metode Gap Analysis. Industrial Engineering Online Journal.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135.

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Jabu, B., & Korompot, C. A. (2018). Research Gap: Pelatihan bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(5), 346–351.

Jumono, S., Handayani, S., & Mala, C. M. F. (2021). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Jakarta. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat, 130–134.

Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. Jambore Konseling 3, 3(1), 85–92.

Lina, M. F., & Supriyono, L. (2021). Workshop menghindari plagiasi dengan teknik parafrase pada penulisan karya ilmiah mahasiswa tingkat akhir 2021. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.53088/penamas.v1i2.182

Luthan, F. (2011). Organizational Behavior (Internatio). Mc. Graw-Hill/Irwin.

Maxmanroe.com. (2022). Pengertian Parafrase: Mengenal Apa Itu Parafrase dan Tips Menulis Parafrase yang Baik.

Pratama, M. A. (2018). Peran Pustakawan UIN Jakarta terhadap Implementasi Turnitin dalam Mencegah Plagirisme.

Putri, R. K., & Amalia, S. (2018). Berbagi Pengetahuan Dalam Meningkatkan Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 114–125.

Safitri, D. E. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, 8(2), 240–248. https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2154

University, S. (2022). Pengertian Parafrase, Jenis, Ciri-Ciri, dan Langkah Membuat.

Zulkarnain. (2022). Menghindari Perangkap Plagiarisme dalam Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah.

Published

2022-12-09

Issue

Section

Articles