PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MELALUI PELATIHAN OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11041Keywords:
Learning Tools, Microsoft Word, Mendeley, Search Engine.Abstract
Abstrak: Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam dunia pendidikan dapat didukung dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Semua institusi pendidikan menginginkan pendidik yang mampu memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran, demikian SMPN 7 Purwakarta. Tetapi berdasarkan tinjauan lapangan ditemukan masalah bahwa sebagian guru pada SMPN 7 Purwakarta belum memaksimalkan penggunaan TIK dalam mendukung penyusunan perangkat pembelajaran dan mencari referensi untuk perangkat pembelajaran. Sehingga pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TIK. Metode pelaksanaan yang diterapkan yaitu: pendekatan institusional, metode diskusi, pendekatan partisipatif, serta pelaksanaan workshop dan pelatihan optimalisasi TIK. Hasil evaluasi pelatihan dilakukan dengan Pre-Test tingkat pemahaman guru sebasar 67% dan pada saat Post-Test mendapatkan nilai sebesar 89%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 22% dari pelatihan yang telah dilakukan.
Abstract: Activities carried out in the world of education can be supported by Information and Communication Technology (ICT). All educational institutions want educators who are able to use ICT in the learning process, said SMPN 7 Purwakarta. However, based on a field review, it was found a problem that some teachers at SMPN 7 Purwakarta had not maximized the use of ICT in supporting the preparation of learning tools and looking for references for learning tools. So that this community service aims to provide training and assistance in the preparation of ICT-based learning tools. The implementation methods applied are: institutional approach, discussion method, participatory approach, as well as the implementation of ICT optimization workshops and training. The results of the training evaluation were carried out with the Pre-Test the teacher's understanding level was 67% and at the Post-Test the score was 89%. This shows that there is an increase in knowledge of 22% from the training that has been carried out.
References
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., & Abdurrahman Alzaber. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73.
Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., & Suri, G. P. (2021). Analisa Perancangan Sistem Informasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), 119–124.
Borman, R. I., Yasin, I., Darma, M. A. P., Ahmad, I., Fernando, Y., & Ambarwari, A. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Sistem Informasi Pengolahan Pendapatan Jasa Pada PT. DMS Konsultan Bandar Lampung. Journal of Social Science and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2), 24–31.
Kisworo, J., & Shauki, E. R. (2919). Teori Institusional Dalam Penyusunan Dan Publikasi Laporan Tahunan Sektor Publik (Studi Kasus Pada Kementerian Dan Lembaga Negara Di Indonesia). Indonesian Treasury Review, 4(4), 305–321. https://doi.org/https://doi.org/10.33105/itrev.v4i4.157
Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di MTs Al-Qur’aniyah Ulujami Jakarta Selatan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 344. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5509
Lubis, R. K., Anisa, N., Sinulingga, B., & Simanjorang, R. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Perangkat Lunak Perkantoran Bagi Guru Paud Nur Amanah Desa Pulau Tagor. Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 10–15.
Nuris, D. M. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Guru Akuntansi SMK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 256–260. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1819
Rahmadhon, R., Mukminin, A., & Muazza, M. (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi Pada Masa Pandemi COVID-19 di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 375–388.
Rivalina, R. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121
Wandri, I. N. (2019). Peningkatan Kompotensi Guru Melalui Pelatihan Membuat RPP Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Mengaktifkan MGMP Tingkat SMA/K di Kabupaten Bangli. Journal of Education Action Research, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17276
Wicaksana, E. J., Lukman, A., Siburian, J., Sadikin, A., & Natalia, D. (2022). Pelatihan Microsoft Word untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SMA dalam Mengoptimalkan Penggunaan Toolbar. Jurnal SOLMA, 11(1), 132–139.
Wijayanti, T. F., Nawawi, S., & Auliandari, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Microsoft Word Referencing Tool Pada Guru SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 2018–2021.
Yufita, Y., Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).