PENDAMPINGAN SEKOLAH MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN BERBASIS DATA SEBAGAI LANGKAH AWAL PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH

Authors

  • Gabariela Purnama Ningsi Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Valeria Suryani Kurnila Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • Ricardus Jundu Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11097

Keywords:

Mentoring, School Program Preparation, Data-Based Planning.

Abstract

Abstrak: Pelatihan Perencanaan Berbasis Data merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan pada bulan Februari tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu sekolah menyiapkan perencanaan di sekolah dengan berbasis data. Kegiatan ini melibatkan 3 sekolah penggerak di Kabupaten Manggarai Timur. Pelaksanaan kegiatan ini didasari oleh hasil coaching bersama kepala sekolah dan diskusi bersama Komite pembelajaran yang ada di sekolah-sekolah tersebut. Pelatihan ini dilakukan selama 3 hari secara daring, yang melibatkan Kepala Sekolah dan Operator sekolah. Pelatihan yang dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu sesi mulai dari diri, sesi eksplorasi konsep, sesi elaborasi pemahaman. Sesi demonstrasi kontekstual dan sesi rencana aksi. Proses perencanaan berbasis data pada rapor Pendidikan merupakan hal penting yang diperoleh oleh peserta kegiatan. Pengenalan aplikasi rapor Pendidikan dan cara menganalisis data pada rapor Pendidikan menjadi acuan awal untuk melakukan perencanaan atau penyusunan program sekolah. Hasil evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan berjalan dengan baik, meskipun dilakukan secara daring. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi kepala sekolah untuk melaksanakan fungsi manajemen, terutama dalam proses penyusunan program sekolah. Pemahaman konsep serta rencana aksi sebelum dan sesudah pelatihan perencanaan berbasis data mengalami peningkatan.

Abstract: Data-Based Planning Training is a service activity carried out in February 2022. This activity aims to help schools prepare data-based planning in schools. This activity involved 3 driving schools in East Manggarai Regency. The implementation of this activity is based on the results of coaching with the principal and discussions with the learning committees in these schools. This training was conducted for 3 days online, involving the Principal and School Operators. The training is carried out through several steps, namely sessions starting from self, concept exploration sessions, and understanding elaboration sessions. Contextual demonstration sessions and action plan sessions. The data-based planning process in the Education report card is an important thing that is obtained by the activity participants. The introduction of the Education report card application and how to analyze the data on the Education report card became the initial reference for planning or compiling school programs. The results of the evaluation of this activity indicate that the activity went well, even though it was carried out online. This activity provides benefits for school principals to carry out management functions, especially in the process of preparing school programs. Understanding of concepts and action plans before and after data-based planning training has increased.

References

Biro Perencanaan, K. P. dan K. (2021). Pedoman Perencanaan dan Penganggaran (K. P. dan K. Biro Perencanaan (ed.); 1st ed.). Biro Perencanaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat SMP. (2021). 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter.

GTK, S. (2020). Merdeka Belajar.

Hendriyanto. (2021). Katalisator dan Perencanaan Berbasis Data untuk Peningkatan Mutu Pendidikan.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA ( The Programme For International Student Assesment ): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). 04(1), 30–41.

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Kemendikbud. (2018). Pendidikan di Indonesia: Belajar Dari Hasil PISA 2018 (Issue 021). Jakarta Pusat : puspendik kemdikbud.

Kemendikbud. (2020a). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2020.

Kemendikbud. (2020b). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024 (M. P. dan Kebudayaan (ed.)). Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2021). Perencanaan Berbasis Data; Pemanfaatan Profil Pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan (1st ed., Issue November). Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 107–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.942

Mendikbudristek. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2021. 35.

Mendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022. 3–4.

Muflikha, M., & Haryanto, B. (2019). Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Palapa, 7(2), 309–323. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.376

Mundaryati, S. (2022). Meningkatkan Pola Mengajar Guru Melalui Implementasi Manajemen Perencanaan Berbasis Data (PBD) dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 01(01), 43–55.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar †Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424

Nurlina, L. (2022). Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Untuk Pengawas. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(06), 766–771.

Rihada, A. M., Jagat, R. S. A., & Setiabudi, D. I. (2021). Refleksi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdasarkan Hasil Pisa (Programme For Interational Student Assessment ). 1(2), 1–8.

Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764

Sari, Q. I. P. (2021). Coaching Online Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.595

Sirojuddin, A. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam E-ISSN: On Process, 1(2), 131–139.

Sulistyowati, E. (2020). Rapor Mutu Sekolah Sebagai Media Akurasi Untuk Pembinaan Dan Pemantauan Ketercapaian Pelaksanaan Snp Di Sekolah Binaan. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(3), 362–373. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Tohar, M. (2022). Analisis Peta Mutu Pendidikan SMA Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020. Jurnal Paedagogy, 9(2), 228. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4971

Published

2022-12-09

Issue

Section

Articles