WEB BUILDER: SOLUSI ALTERNATIF SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAGI GURU

Authors

  • Nurhafidhah Nurhafidhah Pendidikan Kimia, Universitas Samudra
  • Rahmiati Rahmiati Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Samudra
  • Liza Fitria Teknik Informatika, Universitas Samudra
  • Fiza Rauzika Altasa Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11195

Keywords:

Web builder, teaching materials, learning media, training.

Abstract

Abstrak: Masalah pada pengabdian masayarakat ini merupakan tindak lanjut dari permasalahan yang disepakati bersama dengan mitra, yaitu: (1) Belum ada sosialisasi dan pelatihan pengembangan bahan ajar menggunakan media Web Builder bagi guru Aceh Timur; dan (2) Kurangnya pengetahuan guru di Aceh Timur terhadap penggunaan web Builder untuk pengembangan bahan ajar. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah (1) Melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengembangan bahan ajar menggunakan media web builder bagi guru Aceh Timur; dan (2) Meningkatkan pengetahuan guru di Aceh Timur terhadap penggunaan web Builder untuk pengembangan bahan ajar. Bentuk kegiatan PKM yang dilakukan terdiri dari: sosialisasi dan pelatihan, bimtek, dan pendampingan. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dan daring selama 3 hari. Peserta kegiatan PKM adalah seluruh guru Aceh Timur dan guru anggota JDSI, yaitu 60 orang. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Sosialisasi dan pelatihan pengembangan bahan ajar menggunakan media web builder bagi guru Aceh Timur telah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan tingginya persentase respon peserta terhadap angket tanggapan peserta, yaitu 89%. Selain itu, terjadi peningkatan pengetahuan guru di Aceh Timur tentang penggunaan web Builder dalam pengembangan bahan ajar yaitu dari 73% menjadi 80%. Selain itu, diperoleh informasi tingkat literasi digital peserta sebelum mengikuti kegiatan, yaitu sebesar 66%.

Abstract: The issue of this community service is the follow-up to the problems that have been agreed upon with partners, namely: (1) There was no socialization and training on the development of teaching materials using Web Builder media for East Aceh teachers; and (2) Lack of knowledge of teachers in East Aceh on the use of Web Builder for material development. The purpose of implementing this PKM activity is (1) Conducting socialization activities and training on developing teaching materials using a web builder media for East Aceh teachers; and (2) Increasing the knowledge of teachers in East Aceh on the use of Web Builder for the development of teaching materials. The forms of PKM activities carried out consist of: socialization and training, technical guidance, and mentoring. The activities were carried out face-to-face and online for 3 days. Participants in the PKM activity were all teachers from East Aceh and teachers from JDSI members, namely 60 people. The activity stages consist of preparation, implementation, monitoring and evaluation. Socialization and training on developing teaching materials using a web builder media for East Aceh teachers have been carried out well. This is evidenced by the high percentage of participant responses to the participant's response questionnaire, which is 89%. In addition, there was an increase in teacher knowledge in East Aceh about using Web Builder to develop teaching materials, from 73% to 80%. In addition, information on the digital literacy level of participants before participating in the activity was obtained, which was 66%.

References

Hasan, I. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Google Sites. Jurnal Pengabdian Untuk Mu negeRI, 6(1), 103-109. doi:https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i1.3394

Kemdikbud. (2021, Desember 22). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Diambil kembali dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Kuncoro, K. S., Sukiyanto, Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid - 19. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17-34. doi:https://abdiwiralodra.unwir.ac.id/index.php/abdi/article/view/50/44

Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nurhafidhah, Hasby, Nazar, M., & Alvina, S. (2021). Need Analysis: Development of Web-Based Learning Media on Chemical Bond Concept. JKT: Jurnal Tadris Kimiya, 6(2), 195-201. doi:https://doi.org/10.15575/jtk.v6i2.14712

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rohma, S., Subandowo, M., & Atiqoh, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan. MUADDIB, 12(1), 100-120. doi:http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.4526

Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Problem Based Learning Menggunakan Web Liveworksheet untuk Kelas VII SMP. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi. Diambil kembali dari https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1732

Saputra, M. (2017). Pengembangan bahan ajar web pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu / Mochammad Ronaldy Aji Saputra. Skripsi Mahasiswa UM. Diambil kembali dari http://repository.um.ac.id/id/eprint/54972

Saputra, M. R. (t.thn.). Pengembangan bahan ajar web pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu. Sktipsi Mahasiswa UM. Diambil kembali dari http://repository.um.ac.id/54972/

Subarkah, P., Abdallah, M. M., & Nur Hidayah, S. O. (2021). Pelatihan pengunaan Virtual Meeting untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1214-1223. doi:https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5023

Tsai, C.-W., Lee, L.-Y., Tang, H.-W., Lin, C.-H., & Hsu, L. (2022). Applying web-mediated co-curricular learning and phenomenon-based learning to improve students' programming skills and self-efficacy in qn online programming course. Universal Access in the Information Society, 1-16. Diambil kembali dari https://link.springer.com/article/10.1007/s10209-021-00860-w

Tsai, C.-Y., Shih, W.-L., Hsieh, F.-P., Chen, Y.-A., & Lin, C.-L. (2022). Applying the design-based learning model to foster undergraduates’ web design skills: the role of knowledge integration. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1). Diambil kembali dari https://educationaltechnologyjournal.springeropen.com/articles/10.1186/s41239-021-00308-4

Wijaya, T. W., Purbohadi, D., Aditya, D. S., & Miftah, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Website Terintegrasi Media Sosial sebagai Platform Pembelajaran Bahasa Inggris. J-Abdi: Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 4603-4608. Diambil kembali dari https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3227

Winarsih, E., Wibowo, F. C., & Rustana, C. E. (2022). Desain Bahan Ajar Hukum Newton Berbasis Wix Website Argumentasi Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 10. Diambil kembali dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/24414

Published

2022-12-09

Issue

Section

Articles