PENDAMPINGAN PROGRAM SATU GURU TIGA MEDIA SEBAGAI KREATIVITAS DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA BERBASIS TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE)

Authors

  • Fida Rahmantika Hadi PGSD, Universitas PGRI Madiun
  • Liya Atika Anggrasari PGSD, Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti PGSD, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11803

Keywords:

teacher creativity, learning Media, TPACK.

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi pada abad 21 membuat seorang guru harus mengembangkan kompetensi pada aspek teknologi dalam proses pembelajaran. Seorang guru diharapkan tidak hanya memiliki kompetensi pada kemampuan pedagogi dan konten saja tetapi juga mengasah kemampuan pada aspek teknologi. Pengintegrasian materi, pedagogi, dan teknologi sangat dibutuhkan dalam bentuk perangkat pembelajaran berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). Pendampingan dalam program satu guru tiga media ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru sekolah dasar dalam mengembangkan media pembelajaran. Pendampingan ini dilakukan di SDN 03 Taman Kota Madiun dengan jumlah guru sebanyak 9 orang. Metode pelaksanaan dalam pendampingan program ini adalah koordinasi program, pelaksanaan program dan monitoring evaluasi menggunakan lembar penelitian. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan sebesar 50% dalam mengembangkan kreativitas guru SD untuk dapat terampil dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis TPACK.

Abstract: Technological developments in the 21st century require a teacher to develop competence in technological aspects of the learning process. A teacher is expected not only to have competence in pedagogical and content skills but also to hone skills in technological aspects. Integration of material, pedagogy, and technology is urgently needed in the form of TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) based learning tools. Assistance in the one teacher three media program aims to increase the creativity of elementary school teachers in developing learning media. This assistance was carried out at SDN 03 Taman Kota Madiun with a total of 9 teachers. The implementation method in this program assistance is program coordination, program implementation and evaluation monitoring using research sheets. The results obtained indicate that there has been an increase in the ability of 50% in developing the creativity of elementary school teachers to be skilled in making and utilizing TPACK-based learning media.

References

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114

Finger, G., Jamieson-Proctor, R., & Albion, P. (2010). Beyond Pedagogical Content Knowledge: The importance of TPACK for informing preservice teacher education in Australia. IFIP Advances in Information and Communication Technology, 324, 114–125. https://doi.org/10.1007/978-3-642-15378-5_11

Hadi, F. R., & Kurniawati, R. P. (2019). Analisis kemampuan tpack mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 85–94.

Hadi, F. R., & Kurniawati, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Tpack Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sd. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 734. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4320

Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1847–1857. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2665

Hutchison, A., & Reinking, D. (2011). Teachers’ perceptions of integrating information and communication technologies into literacy instruction: A national survey in the United States. Reading Research Quarterly, 46(4), 312–333. https://doi.org/10.1002/RRQ.002

Indriani, F., Hidayah, N., & Hidayah, Y. (2021). Pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogi Tematik Berbasis TPACK Bagi Guru SD Muhammadiyah di Wilayah Sleman Yogyakarta. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 65–72. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i2.979

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan TPACK Guru Di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 277–288.

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (CLT) Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Di Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 314–323.

Lee, C. J., & Kim, C. M. (2017). A technological pedagogical content knowledge based instructional design model: a third version implementation study in a technology integration course. Educational Technology Research and Development, 65(6), 1627–1654. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9544-z

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20(2), 241–263. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4

Rahayu, A. H. (2022). Analisis Tpack Mahasiswa Pgsd Unsap Sumedang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 30–38.

Tanak, A. (2020). Designing tpack-based course for preparing student teachers to teach science with technological pedagogical content knowledge. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(1), 53–59. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.07.012

Usman, H., Anwar, M., Zakiah, L., & Laratmase, A. J. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis TPACK bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Perduli, 2(1), 1–11.

Yigit, M. (2014). A Review of the Literature: How Pre-service Mathematics Teachers Develop Their Technological, Pedagogical, and Content Knowledge. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.18404/ijemst.96390

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47–59.

Zanthy, L. S., Yuliani, A., & Minarti, E. D. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles