IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OLAHRAGA TRADISIONAL KAYU MALELE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DAN KARARAKTER SERTA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11923Keywords:
Traditional Game, Malele Wood, Local Culture.Abstract
Abstrak: Tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah memperkenalkan permainan tradisional kepada peserta didik dan guru kelas agar lebih mengenal jenis-jenis permainan tradisional yang merupakan bentuk pelaksanaan dan implementasi kearifan lokal budaya Papua. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk pelatihan kepada peserta didik. Metode yang dilaksanakan dalam pengabdian ini adalah (1) persiapan; (2) pengenalan; (3) Pelatihan; dan (4) Pendampingan. Peserta dalam pengabdian adalah peserta didik SD YPK Kuprik Distrik Semangga Kabupaten Merauke. Evaluasi yang dilakukan berupa pembagian angket bagi peserta untuk mengetahui tingkat pemahaman kepada materi permainan tradisional yang diberikan. Dari hasil evaluasi terdapat peningkatan dari siswa presentase sebesar 53%. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatkan yang baik terhadap pemahaman siswa kepada permainan tradisional kayu malele.
Abstract: The purpose of carrying out this service is to introduce traditional games to students and class teachers so that they are more familiar with the types of traditional games which are a form of implementation and implementation of local wisdom of Papuan culture. This activity is made in the form of training to students. The methods used in this service are (1) preparation; (2) introduction; (3) training; and (4) mentoring. Participants in the service were YPK Kuprik Elementary School students, Semangga District, Merauke Regency. The evaluation was carried out in the form of distributing questionnaires to participants to determine their level of understanding of the traditional game material provided. From the results of the evaluation there was an increase in the percentage of students by 53%. From these results it can be said that there is a good increase in students' understanding of the traditional malele wooden game.
Â
References
Anam, S., & dkk. (2017). Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/11911/1392
Anggita, K. M., & dkk. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education, 3(2).
Ardiyanto, A. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. 1(1). Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/903
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosains Learning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/580/533
Ekawati, Y. N., Nurwanti, D. I., & Sulistyawati, A. E. (2015). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Tegal Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak-Anak. Jurnal Pendidikan dan Wacana Pendidikan, 9(1). Retrieved from https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/85
Hanief, Y. N., & Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sportif, 1(1).
Hiskya, H. J., & Emanuel , L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan Tradisional. Musamus Journal Physical Education And Sport, 3(1), 22. doi:https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i01.2178
Novitasari, Amran, M., & Syahrani. (2021). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Panyikkokang II. Journal of Teacher Professional, 3(3).
Nugraha, E., & Suryadi, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa SD Kelas III Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).
Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290/1074
Nurdyansyah, & Fahyuni. (2017). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.
Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1640/pdf
Ramdan, A. Y., & Puji, F. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/276545391.pdf
Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/873/956
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088/8915
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).