IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OLAHRAGA TRADISIONAL KAYU MALELE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DAN KARARAKTER SERTA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Ronny Braythin Rahail FKIP/Penjaskesrek, Universitas Musamus
  • Marni Bawawa FKIP/Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Musamus
  • Hendra Jondry Hiskya FKIP/Penjaskesrek, Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11923

Keywords:

Traditional Game, Malele Wood, Local Culture.

Abstract

Abstrak: Tujuan dilaksanakan pengabdian ini adalah memperkenalkan permainan tradisional kepada peserta didik dan guru kelas agar lebih mengenal jenis-jenis permainan tradisional yang merupakan bentuk pelaksanaan dan implementasi kearifan lokal budaya Papua. Kegiatan ini dibuat dalam bentuk pelatihan kepada peserta didik. Metode yang dilaksanakan dalam pengabdian ini adalah (1) persiapan; (2) pengenalan; (3) Pelatihan; dan (4) Pendampingan. Peserta dalam pengabdian adalah peserta didik SD YPK Kuprik Distrik Semangga Kabupaten Merauke. Evaluasi yang dilakukan berupa pembagian angket bagi peserta untuk mengetahui tingkat pemahaman kepada materi permainan tradisional yang diberikan. Dari hasil evaluasi terdapat peningkatan dari siswa presentase sebesar 53%. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatkan yang baik terhadap pemahaman siswa kepada permainan tradisional kayu malele.

Abstract: The purpose of carrying out this service is to introduce traditional games to students and class teachers so that they are more familiar with the types of traditional games which are a form of implementation and implementation of local wisdom of Papuan culture. This activity is made in the form of training to students. The methods used in this service are (1) preparation; (2) introduction; (3) training; and (4) mentoring. Participants in the service were YPK Kuprik Elementary School students, Semangga District, Merauke Regency. The evaluation was carried out in the form of distributing questionnaires to participants to determine their level of understanding of the traditional game material provided. From the results of the evaluation there was an increase in the percentage of students by 53%. From these results it can be said that there is a good increase in students' understanding of the traditional malele wooden game.

 

Author Biographies

Ronny Braythin Rahail, FKIP/Penjaskesrek, Universitas Musamus

FKIP/Penjaskesrek

Marni Bawawa, FKIP/Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Musamus

FKIP/Pendidikan Bahasa Inggris

Hendra Jondry Hiskya, FKIP/Penjaskesrek, Universitas Musamus

FKIP/Penjaskesrek

References

Anam, S., & dkk. (2017). Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/11911/1392

Anggita, K. M., & dkk. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education, 3(2).

Ardiyanto, A. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. 1(1). Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/903

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Permainan Tradisional Berbasis Neurosains Learning Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Anak Tunalaras. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/580/533

Ekawati, Y. N., Nurwanti, D. I., & Sulistyawati, A. E. (2015). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Tegal Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak-Anak. Jurnal Pendidikan dan Wacana Pendidikan, 9(1). Retrieved from https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/85

Hanief, Y. N., & Sugito. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sportif, 1(1).

Hiskya, H. J., & Emanuel , L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan Tradisional. Musamus Journal Physical Education And Sport, 3(1), 22. doi:https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i01.2178

Novitasari, Amran, M., & Syahrani. (2021). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Panyikkokang II. Journal of Teacher Professional, 3(3).

Nugraha, E., & Suryadi, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa SD Kelas III Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290/1074

Nurdyansyah, & Fahyuni. (2017). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

Perdima, F. E., & Kristiawan, M. (2021). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional Hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1640/pdf

Ramdan, A. Y., & Puji, F. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/276545391.pdf

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 1(1). Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/873/956

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Jurnal Paradigma, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088/8915

Published

2023-02-01

Issue

Section

Articles