PENGENALAN DAN PELATIHAN BERHITUNG DENGAN JARIMATIKA DAN SEMPOA DI SDN 10 AMPENAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.12Keywords:
SempoaAbstract
Pengenalan dan pelatihan berhitung dengan sempoa di SDN 10 Ampenan bertujuan untuk mengembangkan kemapuan berpikir dan ketertarikan siswa dalam matematika. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua minggu, dengan durasi pertemuan selama 60 menit setiap pertemuannya. Siswa yang mengikuti kegiatan adalah siswa yang dianggap mampu mengikuti pelatihan, berasal dari kelas empat, lima dan enam. Materi yang diajarkan terlebih dahulu yaitu tentang jarimatika dan rumus-rumus yang dipergunakan, barulah kemudian diajarkan menggunakan sempoa. Sempoa yang dipakai adalah sempoa dengan lima biji atau manik, satu manik diatas dan empat manik dibawah garis pembatasnya. Respon siswa sangat baik dalam pelaksanaan kegiatan dikarenakan sempoa merupakan hal baru bagi mereka, selain itu dengan diajarkan sempoa siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus dalam mengikuti pelajaran matematika dikelas.References
Anonim, Modul Sempoa Level 1 -5, Brainy Collage , Makassar, 2010.
Cmaindo, Mengapa Belajar Sempoa Banyak Manfaatnya?, CMA Mental Aritmatika, www.cmaindo.com, diakses tanggal 30 Maret 2014.
Deporter, B, and Hernacki, M, Quantum Learning, Kaifa, Bandung, 2010.
IMA, Sejarah Sempoa, IMA global link Jateng & DIY, www.ima-jateng-diy.com. Dikses tanggal 30 Maret 2014.
Soedjadi, R, Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah, Surabaya, 2007
Downloads
Published
2017-12-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).