PENGENALAN DAN PELATIHAN BERHITUNG DENGAN JARIMATIKA DAN SEMPOA DI SDN 10 AMPENAN

Authors

  • Dewi Pramita Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.12

Keywords:

Sempoa

Abstract

Pengenalan dan pelatihan berhitung dengan sempoa di SDN 10 Ampenan bertujuan untuk mengembangkan kemapuan berpikir dan ketertarikan siswa dalam matematika. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua minggu, dengan durasi pertemuan selama 60 menit setiap pertemuannya. Siswa yang mengikuti kegiatan adalah siswa yang dianggap mampu mengikuti pelatihan, berasal dari kelas empat, lima dan enam. Materi yang diajarkan terlebih dahulu yaitu tentang jarimatika dan rumus-rumus yang dipergunakan, barulah kemudian diajarkan menggunakan sempoa. Sempoa yang dipakai adalah sempoa dengan lima biji atau manik, satu manik diatas dan empat manik dibawah garis pembatasnya. Respon siswa sangat baik dalam pelaksanaan kegiatan dikarenakan sempoa merupakan hal baru bagi mereka, selain itu dengan diajarkan sempoa siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus dalam mengikuti pelajaran matematika dikelas.

References

Anonim, Modul Sempoa Level 1 -5, Brainy Collage , Makassar, 2010.

Cmaindo, Mengapa Belajar Sempoa Banyak Manfaatnya?, CMA Mental Aritmatika, www.cmaindo.com, diakses tanggal 30 Maret 2014.

Deporter, B, and Hernacki, M, Quantum Learning, Kaifa, Bandung, 2010.

IMA, Sejarah Sempoa, IMA global link Jateng & DIY, www.ima-jateng-diy.com. Dikses tanggal 30 Maret 2014.

Soedjadi, R, Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah, Surabaya, 2007

Downloads

Published

2017-12-01

Issue

Section

Articles